Widget HTML #1

Jenis Usaha Rumahan yang Tahan Segala Kondisi Untung Melimpah

Jenis Usaha Rumahan Tahan Segala Kondisi
Jenis Usaha Rumahan Tahan Segala Kondisi

Jenis usaha rumahan tahan segala kondisi untung pelimpah. Sebagian dari masyarakat ternyata berminat ingin membuka usaha di rumah walaupun sudah berstatus sebagai pegawai kantoran atau yang lainnya.

Usaha di rumah bisa saja untuk dijalankan oleh pasangan ataupun kerabat. Maka, tidak jarang banyak yang mulai mencari tahu tentang bisnis yang bisa potensi usaha untuk rumahan yang sangat menjanjikan itu. Selain menjanjikan keuntungan yang didapat, ternyata usaha rumahan juga memiliki sejumlah kelebihan lain.

Baca juga: Usaha Kecil yang Menjanjikan Ketika Hidup di Kampung Halaman

Kelebihan Usaha Rumahan

Jika dilihat sekilas jenis usaha rumahan memang tidak sementereng usaha besar yang mungkin berlokasi di kantor yang lebih mewah. Namun siapa sangka jika usaha jenis ini mampu untuk menopang ekonomi rakyat serta bisa meningkatkan daya beli masyarakat.

Walaupun tidak semewah usaha yang besar, ada beberapa kelebihan dari usaha rumahan ini. Pertama, usaha rumahan yang memiliki fleksibilitas waktu yang lebih tinggi. Waktu dari rata-rata yang dihabiskan untuk perjalanan ke kantor yaitu 2 jam. Jika membuka usaha rumahan, tentu saja waktu perjalanan ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif lainnya. Jam kerja pun akan lebih fleksibel walaupun tetap harus membuat jadwal yang sangat rapi.

Dan yang Kedua, usaha rumahan yang menjanjikan ini memberikan banyak waktu untuk dihabiskan bersama dengan keluarga. Misalnya saja seperti, seorang ibu yang tadinya hanya bekerja akhirnya beralih membuka usaha rumahan. Waktu di pagi harinya yang biasanya dihabiskan di jalan, maka sekarang bisa dimanfaatkan untuk quality time bersama dengan anak sebelum mereka berangkat ke sekolah.

Dan Ketiga, usaha rumahan meminimalisir untuk biaya transport dan juga makan siang di luar yang biasanya timbul pada seorang pegawai. Biaya ini tentu saja bisa dialihkan untuk dapat menambah modal usaha ataupun sebagai dana untuk membeli bahan baku. Penghematan untuk biaya ini juga sangat mempengaruhi cash flow orang yang mungkin saja sudah memutuskan untuk membuka usaha rumahan.

Tantangan Usaha Rumahan

Berbagai jenis Usaha rumahan yang menjanjikan tidak bisa dilepaskan dari yang namanya tantangan. Pertama adalah jumlah keuntungan yang relatif sangat kecil. Hal ini bisa terjadi jika saja lokasi rumah tempat untuk usaha kurang strategis ataupun usaha dibuka dalam skala mikro.

Selain itu juga, untuk membuka usaha di rumah ini terkadang menuntut pelakunya untuk bisa multitasking. Padahal multitasking itupun tidak selalu berujung pada hasil yang maksimal. Akan selalu ada saja yang dikorbankan, walaupun bertujuan dari awalnya membuka usaha di rumah adalah lebih banyak untuk quality time bersama dengan keluarga.

Itulah mengapa pentingnya untuk bisa mengatur jadwal walaupun usaha yang dijalankan hanya di rumah. Atur jam untuk bisa memasak, membereskan rumah dan juga bermain bersama anak dan tentu saja mengurus usaha nya. Tidak jarang ada saja perselisihan atau miskomunikasi terjadi pada usaha yang sedang dijalankan dari rumah.

Kendala yang sering dihadapi oleh seseorang yang melakukan usaha di rumah yaitu anak yang seringkali dikesampingkan. Walaupun ada waktu untuk bisa mengurus anak, namun untuk kegiatan operasional usaha ini seringkali menyita banyak waktu. Inilah mengapa multitasking itu belum tentu lebih efektif karena akan ada salah satu hal.

Agar tantangan yang ada ini dapat dihadapi dengan baik, maka penting untuk memiliki salah satu atau dua orang yang dapat membantu dalam menjalankan usaha di rumah. Potensi akan usaha rumahan yang lebih menjanjikan ini tidak mungkin terwujud jika semuanya bisa ditangani oleh satu orang saja. Delegasi menjadi hal penting untuk bisa dijalankan.

Setelah mengetahui kelebihan dan juga tantangannya, ada beberapa pilihan yang potensi usaha untuk rumahan yang menjanjikan dan mudah dijalankan. Selain itu jenis usaha yang dibahas kali ini yaitu jenis usaha yang tahan akan segala kondisi.

Jenis Usaha Rumahan yang Tahan Segala Kondisi

1. Laundry dan Setrika Kiloan

Jenis Usaha yang satu ini juga tidak pernah ada mati. Walaupun sudah banyak menjamur, namun potensi ekonomi dari jenis usaha ini terus ada. Jika di perumahan banyak orang kantoran ataupun dekat dengan kos-kosan, maka usaha ini juga termasuk yang menjanjikan. Alasannya karena orang yang rata-rata tidak punya waktu untuk mencuci ataupun menyetrika bajunya. 

2. Usaha Jualan Pulsa Elektrik/Paket Internet

Walaupun usaha ini sudah banyak dijalankan banyak orang, tapi tetap saja peluang usaha ini selalu saja ada. Biasanya orang lebih cenderung mencari yang terdekat untuk bisa membeli sesuatu. Maka tidak ada salahnya jika menjual pulsa elektrik ataupun paket internet ini untuk dapat melayani tetangga yang dekat.

Baca juga: Modal Usaha Membuka Toko Alat Tulis untuk Pemula

3. Membuka Usaha PPOB

Menjadi agen PPOB atau layanan untuk pembayaran online adalah jenis usaha rumahan yang mudah untuk dijalankan dan tahan dari segala kondisi. Seorang agen PPOB bisa membantu sebagian masyarakat sekitar yang ingin membayar listrik, air, TV dan sebagainya.

4. Jualan Air Isi Ulang beserta Gas LPG 

Walaupun investasi untuk jenis usaha ini tidak bisa dibilang kecil, tapi prospek usaha ini cukup cemerlang. Air isi ulang dan juga gas LPG merupakan salah satu kebutuhan pokok yang pastinya banyak dicari orang. Maka, jangan pernah ragu untuk bisa menjalankan usaha ini. Air isi ulang dan juga gas LPG bisa dipasarkan kepada warung-warung yang ada di sekitar perumahan.

5. Warung Kopi Rumahan

Jika saja kebetulan memiliki lokasi rumah strategis serta lingkungan perumahan yang mendukung, membuka warung kopi cukup menjanjikan. Warung kopi ini bisa jadi tempat orang-orang membeli sarapan ataupun nongkrong di malam hari. Jangan mematok harga yang amat mahal serta sediakan tempat yang lebih nyaman untuk orang bersantai di sore hari.

6. Jasa Penulisan

Jenis Usaha ini juga termasuk usaha kekinian yang dapat dijalankan ibu rumah tangga muda ataupun yang memang berbakat di bidang penulisan. Usaha ini tidak memerlukan tempat kerja yang secara khusus, jadi akan sangat cocok jika dijalankan di rumah. Saat ini banyak sekali beberapa situs jasa untuk kepenulisan yang mencari freelancer.

7. Agen Susu dan Keperluan Bayi

Biasanya agen susu murah yang bertempat di ruko, ternyata usaha ini bisa saja dijalankan dari rumah. Di awal jangan dulu kulakan dalam jumlah yang banyak agar modal yang akan dikeluarkan tidak terlalu besar. Seiring dengan perkembangannya yang baru untuk jumlah barang bisa saja ditambah. Tetangga akan sangat terbantu dengan adanya tempat untuk membeli susu dan keperluan bayi yang terbilang lebih murah.

8. Usaha Cuci Motor

Tempat pencucian motor yang ada di dalam perumahan bisa menjadi solusi baik bagi orang yang tak ingin jauh-jauh jika ingin mencari tempat pencucian motor. Dan Biasanya, ketika musim hujan turun jenis usaha ini bisa kebanjiran orderan. Pertimbangkan untuk mencari tempat yang lebih luas lagi di dalam perumahan jika usaha ini mulai besar dan ramai.

9. Catering Rumahan

Usaha makanan ini termasuk tahan untuk segala kondisi. Untuk skala di rumahan, usaha katering tetap memerlukan adanya seorang asisten minimal dua orang untuk bisa membantu produksi. Disarankan untuk tidak mengambil orderan terlalu banyak agar kualitas produk harus tetap terjaga. Tapi jika usaha mulai berkembang, karyawan perlu ditambah supaya dapat dengan mudah menangani order-order yang lebih besar.

Baca juga: Perhitungan Modal Usaha Martabak Kekinian dan Tips Suksesnya

10. Warung Sembako

Keberadaan untuk toko sembako di perumahan sudah lazim banyak ditemui. Walaupun setiap persaingan ketat, namun peluang usaha inipun terbilang masih cukup bagus. Utamakan jaga kebersihan serta kerapian toko, serta berikan harga yang lebih murah. Agar harga jual bisa lebih murah maka disarankan untuk kulakan di pusat-pusat grosir besar ataupun tangan pertama.

Potensi usaha rumahan yang sangat menjanjikan seperti yang sudah dijelaskan di atas kebanyakan dari rata-rata tidak memerlukan modal yang besar. Untuk promosi maka maksimalkan media sosial dan juga promosi konvensional seperti halnya brosur, banner, serta dari mulut ke mulut. Untuk jenis Usaha rumahan ini identik dengan pelayanannya yang dikenal ramah. Maka usahakan untuk ramah dan akrab kepada setiap pelanggan agar usaha bisa lebih langgeng. Untuk mendapat info terbaru didunia usaha kunjungi https://www.mastagul.com/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Ide usaha jualan depan rumah

Cara Menata Warung Sembako

Tertarik untuk Membuka Usaha Kue Basah? Begini Cara Memulainya

Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue Usaha Masa Depan

Tips Sukses Pada Usia Muda 20-an