Widget HTML #1

Penyebab Kegagalan dalam Menjalankan Usaha Kedai Kopi

usaha warung kopi
Penyebab Kegagalan dalam Menjalankan Usaha Kedai Kopi

Penyebab kegagalan usaha warung kopi

Penyebab Kegagalan Dalam Menjalankan Usaha Kedai Kopi. Dalam Membuka sebuah bisnis dibidang Coffee shop atau kedai kopi memang sangat menarik dan juga dapat sangat menguntungkan bagi mereka yang sudah mulai terjun di bidang bisnis ini.

Dengan meningkatnya jumlah permintaan yang ada akan minuman espresso yang berkualitas tinggi ini dan dalam masa penjualannya yang akan meningkat tinggi di pasaran, dan seharusnya juga jika kedai kopi atau coffee shop ini memiliki lokasi yang sangat baik dan dapat dikelola dengan baik maka akan sukses dan terus berkembang.

Dan ditambah lagi untuk semua masyarakat saat ini semuanya pasti suka minum kopi bukan, Jadi terkadang, kenapa Masih ada saja dari beberapa bisnis kedai kopi atau coffee shop yang masih gagal?

Bisnis kopi bisa saja gagal karena mungkin ada beberapa alasan. Tetapi juga secara umumnya yang dapat kami temukan lagi ada beberapa alasan bukan karena letak atau karena kopi nya yang mereka miliki.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Menjahit

Namun Bahkan kedai kopi tersebut yang memiliki karyawan terlatih pun dengan baik bisa saja mengalami kegagalan. Jadi berikut ini merupakan kesalahan-kesalahan yang harus dihindari pada saat membangun sebuah kedai kopi yang mereka miliki?

Penyebab Kegagalan dalam Menjalankan Usaha Kedai Kopi

Penyebab Kegagalan dalam Menjalankan Usaha Kedai Kopi
Penyebab Kegagalan dalam Menjalankan Usaha Kedai Kopi

Bisnis kopi yang dimiliki dapat gagal karena ada beberapa alasan yakni sebagai berikut:

Kurangnya Penelitian (Riset) yang diperlukan

Tidak hanya untuk mejalankan bisnis kopi saja, untuk bisa memulai bisnis apa pun pastinya memang memerlukan pasar dan juga saat ini banyak sekali pemilik kedai kopi atau coffee shop yang baru mulai usahanya merintis melupakan hal yang amat dasar.

Daya tarik usaha bisnis Coffee shop akan membuat banyak pemilik kedai kopi atau coffee shop ini hanya memikirkan saja bagaimana caranya agar mereka bisa cepat memiliki dan membuka usaha kedai kopi tanpa banyak melakukan beberapa penelitian dan perencanaan tentang bisnis kopi mereka terlebih dahulu.

Meskipun juragan pun sangat suka dengan kopi, tetapi juragan juga harus tahu cara menyeduh nya, dan juragan harus membayangkan dan berencana untuk bisa menjalankan bisnis kedai kopi ini atau coffee shop sendiri.

Dan Ternyata itu semua tidaklah cukup, karena untuk bisa membuka kedai kopi atau Coffee shop akan terasa lebih rumit dari yang akan juragan bayangkan sebelumnya. Saat ini Banyak sekali orang yang sudah memilih untuk terjun ke dalam startup bisnis kopi tanpa memikirkan bagaimana caranya agar bisa mempelajari apa yang akan dibutuhkan untuk dapat membuat bisnis mereka menjadi sukses.

Biasanya ini akan terjadi terhadap orang-orang yang baru saja memulai untuk mengambil alih bisnis kedai kopi yang mereka miliki sudah berjalan dengan baik tanpa harus melakukan beberapa penelitian ataupun riset tentang bagaimana caranya agar dapat menjalankan kedai kopi, supaya sukses dan bagaimana cara menghadapi tantangan dalam membuka bisnis saat ini. Masalah yang sama juga bisa saja terjadi terhadap orang-orang yang baru akan memulai kedai kopi atau coffee shop yang mereka miliki dari nol.

Mereka yang tidak tahu harus memulai bisnis ini dari mana, dan mereka juga yang lebih cenderung berkutat kepada hal yang dapat dengan mudahnya menghabiskan banyak waktu luang dan uang.

Baca juga : Usaha dengan Perputaran Uang Paling Cepat

Untuk bisa Melakukan riset sebelum membuka bisnis Kedai kopi ini sangatlah penting untuk kesuksesan sebuah bisnis, melakukan riset yang seperti apa yang harusnya dilakukan untuk dapat membuka bisnis kedai kopi?

Riset bisa mencakup

  • Membaca buku serta sumber lain tentang bisnis kopi
  • Membaca dan mencari tahu tentang bagaimana membuka sebuah badan usaha yang dapat dengan mudahnya untuk meningkatkan keterampilan yang juragan miliki dalam bidang akuntansi, serta manajemen dan lain-lain
  • Melakukan Riset tentang elemen biaya yang akan dibutuhkan
  • Belajar tentang kopi seperti roasting profiles, origin dan lain-lain

Kesalahan dalam membuat perencanaan

Setiap bisnis kopi yang akan dibangun jelas sekali berbeda dengan minuman kedai kopi yang lainnya, dari mulainya Perencanaan yang tepat dan secara menyeluruh akan dapat dengan mudahnya untuk bisa menghemat waktu, uang dan juga sakit kepala karena gagal nya membangun bisnis ini.

Cobalah juragan luangkan beberapa waktu saja untuk bisa memikirkan serta merencanakan tentang bidang-bidang ini:

  • Luangkan Waktu yang juragan gunakan untuk usaha bisnis kedai kopi
  • Sortir untuk uang pribadi dan uang bisnis
  • Mengembangkan beberapa konsep bisnis kedai kopi yang juragan buat secara menyeluruh.
  • Tulis lah beberapa anggaran rencana juragan (Rencana bisnis kedai kopi)
  • Mengembangkan Anggaran dari kedai kopi juragan.
  • Tetapkan jangka waktu

Kesalahan Untuk Tidak Memanfaatkan Beberapa Kesempatan Untuk Belajar Dan Tumbuh

Adapun Kesalahan umum dari calon pemilik usaha kedai kopi atau coffee shop ini yakni mereka yang selalu menganggap jika memulai bisnis kedai kopi itu sangat mudah. Ini merupakan konsep yang sangat menarik.

Tetapi juga pada kenyataannya konsep yang seharusnya benar yaitu memulai dan mengembangkannya bisnis kedai kopi ini membutuhkan waktu serta investasi yang nyata dalam beberapa penelitian dan perencanaan.

Diri juragan sendiri yang dapat menentukan keberhasilannya. juragan harus bersikap secara proaktif dalam menghadapi beberapa masalah yang akan muncul agar dapat menjadi pembelajaran dan penguasaan bisnis juragan sendiri.

Juragan juga harus terjun dan belajar secara langsung bagaimana caranya jika melakukan promosi, pemasaran, dan hal-hal yang dapat dengan mudahnya untuk bisa meningkatkan penjualan dari bisnis kedai kopi atau coffee shop yang juragan miliki.

Tidak mengetahui konsep Coffee shop yang juragan miliki

Tidak memiliki ide ataupun konsep dari bisnis yang harus ditentukannya sejak awal dalam memulai bisnis kedai kopi atau coffee shop ini memang benar-benar akan bisa membuat juragan seperti terpaut di lautan yang terbuka tanpa adanya seorang kemudi untuk dapat bisa dikemudikan.

Memang ada beberapa banyak hal yang perlu untuk diperhatikan saat memulai bisnis kedai kopi ini. Tetapi jika juragan harus tetap menjalankan bisnis tanpa konsep bisnis, maka juragan akan dapat menghabiskan banyak waktu luang dan uang.

Mengabaikan Arus Kas dan Akuntansi

Memiliki arus kas sangatlah penting untuk bisa memenuhi kewajiban dari bisnis kedai kopi atau coffee shop yang juragan miliki. Dalam Memperkirakan arus kas ini sangatlah penting untuk bisa memulai dari memproyeksikan penjualan dalam bentuk harian juragan sehingga akan dengan mudahnya mempertahankan inventaris juragan untuk bisa mengembangkan laporan untung dan rugi.

Memiliki laporan tentang keuangan yang sejak awal sudah dijalankan maka bisnis ini akan membantu juragan dalam merencanakan beberapa anggaran juragan dengan lebih baik lagi.

Terlalu banyak Hutang / Tagihan

Selain menggunakan tabungan yang juragan miliki sendiri, ataupun mengambil pinjaman dari bank, pinjaman teman dan lain sebagainya merupakan cara yang sudah umum untuk mendapatkan modal usaha bisnis kedai kopi atau coffee shop juragan.

tetapi tahukah juragan jika kenyataannya memiliki hutang dapat menghancurkan bisnis yang baru juragan rilis. Jika Mempunyai banyak hutang untuk membuka modal usaha akan menjadikan masalah yang sulit untuk bisa diatasi.

Akan lebih baik lagi jika juragan terlebih dahulu untuk membuat beberapa anggaran yang lebih akurat, dan memutarkan kembali keuangan seusai dengan yang sudah dianggarkan sebelumnya.

Jika juragan berencana untuk mencoba memulai bisnis kedai kopi atau coffee shop ini, maka saran saya yaitu cobalah untuk memikirkan dan menentukan bagaimana dan di mana saja juragan akan mendapatkan uang yang akan dibutuhkan untuk bisa memulai bisnis kopi.

Salah Memilih dan Menempatkan Orang

Hampir semua pelanggan yang ada akan menuntut layanan yang terbaik, oleh karenanya sangat penting untuk mencari serta memilih orang yang paling tepat untuk bisnis Coffee shop juragan.

Memiliki bisnis kedai kopi menurut saya bisa saja menjadikan bahwa bisnis yang sangat kompetitif ini apalagi jika bisnis itu berada di lokasi yang sangat ramai seperti perkotaan atau dekat dengan daerah-daerah yang banyak turis.

Dengan juragan memiliki seorang barista yang sangat berpengalaman serta hebat juga unggul dalam memberikan suatu pelayanan kepada para konsumen atau pelanggan juragan setiap kalinya maka hal ini tentu saja akan sangat penting bagi kesuksesan bisnis Kedai kopi yang juragan jalankan. Pelanggan yang happy merupakan pelanggan yang nantinya akan menjadi pelanggan tetap juragan.

Memiliki seorang barista yang berpengalaman juga tentunya memiliki kepribadian yang baik merupakan sebuah ide yang baik untuk investasi. Tetapi untuk bisa memperkerjakan seseorang yang jujur, handal serta memiliki kepribadiannya yang sangat baik selalu mengalahkan pengalaman.

Karena kebanyakan dari pelanggan yang kemungkinan lebih suka untuk minum kopi yang biasa saja dibandingkan dengan mendapat perlakuan yang cukup kasar dari seorang barista serta tim juragan.

Manajemen Yang Kurang Baik

Sebuah bisnis apapun yang akan dijalankan nantinya termasuk juga memiliki kedai kopi yang terbilang cukup sukses tentu saja tidak akan muncul dengan mudahnya dan dengan sendirinya begitu saja.

Maka Dibutuhkan sebuah manajemen yang rinci dan baik sejak awal didirikan bisnis tersebut. Memang butuh banyak sekali waktu untuk bisa mengembangkan dan menjalankannya dengan sangat baik.

Baca juga : Tips Menyimpan Bahan Makanan Segar yang Aman dan Tahan Lama selama Social Distancing

Memiliki Management yang buruk akan dengan cepatnya memperburuk bisnis Coffee shop yang sedang juragan jalankan. Memiliki Seorang yang terampil dalam management akan melakukan beberapa hal dasar ini yaitu:

  • Melakukan Inventory management
  • Melakukan pengelolaan karyawan
  • Mengelola pengkajian dan juga yang berhubungan dengan SDM
  • Menjaga dan mengelola hubungan dengan vendor
  • Pelatihan serta
  • Manajemen Anggaran

Untuk Mengawali management bisnis kedai kopi juragan memang sangat dibutuhkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Cara yang lebih baik untuk bisa meningkatkan keterampilan manajemen yang juragan miliki yakni dalam mengelola hal-hal tersebut dengan belajar sebanyak mungkin tentang bagaimana caranya menjalankan bisnis kedai kopi.

Tidak ada bisnis yang memang benar-benar aman dan dapat terhindar dari resiko yang namanya kegagalan, akan tetapi setiap bisnis dapat juragan kurangi dari resiko kegagalannya dengan memperoleh beberapa pengetahuan terlebih dahulu.

juragan juga bisa melakukan beberapa riset di pasaran, berkeliling kota melihat kedai kopi yang lainnya dan terus belajar sebanyak mungkin tentang bagaimana Industri kedai kopi, serta dapat mempertahankan semangat juragan

Cara lain yang juga menurut saya baik yaitu dengan bertanya kepada setiap orang yang memang sudah sukses di bidangnya dalam menjalankan bisnis ini untuk bisa dengan mudahnya membantu juragan lebih banyak bagaimana memahami tentang apa yang akan diperlukan dan dalam menjalankan usaha bisnis Coffee shop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.