Widget HTML #1

Peluang Usaha Warnet dan cara Membuka Usahanya

Usaha Warnet
Usaha Warnet

Cara membuka usaha warnet

Peluang usaha warnet dan cara membuka usahanya. Masihkah membuka usaha warnet cukup potensial untuk saat ini? Mengingat banyak peminat game online dan juga browsing saat ini sudah bergeser dengan menggunakan smartphone. Alangkah baiknya jika membuka usaha dalam bidang ini harus menganalisa terlebih dahulu sebelum memulainya.

Memang sekarang sudah mulai banyak para pecinta game yang memainkan game melalui smartphone. Akan tetapi masih banyak juga yang belum bisa move on dari permainan game yang dimainkan di komputer. Selain menyasar market game online ternyata masih banyak masyarakat yang sering pergi ke warnet untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu yang membutuhkan komputer dan jaringan internet.

Walaupun di rumah mempunyai perangkat komputer, akan tetapi belum tentu mempunyai jaringan internet yang cepat. Jika hanya mengandalkan Wi-Fi dari perangkat smartphone tentunya akan menghabiskan kuota yang besar. Nah, di situlah anda hadir dengan membuka usaha warnet untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebenarnya untuk memulai usaha alangkah baiknya disesuaikan dengan tempat, sebagai contoh jika ingin membuka usaha di pinggir jalan lebih bagus membuka usaha toko bangunan, usaha cetak foto, usaha cuci mobil, usaha toko mainan dan usaha bakso.

Baca jugga: Peluang Usaha Kos Kosan dan Cara Memulai Usahanya

Kelebihan usaha warnet

Meskipun saat ini warnet tidak sepopuler dulu. Tetapi bisnis yang tergolong usaha rumahan ini masih cukup berpotensial. Adapun beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Jaringan internet yang jauh lebih cepat dan juga stabil.
  2. Para gamer online untuk game pc masih suka untuk memilih warnet karena berbagai alasan fasilitas yang lebih baik dari pada pc di rumahnya.
  3. Dapat menikmati koneksi internet dengan lebih murah dan dengan kualitas kecepatan yang bagus.
  4. Cocok untuk membuat tugas dari sekolah, pekerjaan kantor yang lebih membutuhkan jaringan internet yang cepat. Selain itu juga, tugas ataupun pekerjaan pun bisa secara langsung kita print.

Kelemahan bisnis warnet

Selain kelebihannya, usaha warnet juga memiliki beberapa kelemahan yaitu sebagai berikut:

  • Persaingan yang semakin ketat karena masyarakat sudah mulai bisa menikmati internet yang ada di rumah melalui jaringan internet dari beberapa provider telepon seluler.
  • Tidak cocok untuk para pengusaha dengan modal terbatas.

Cara memulai bisnis warnet

Warnet juga merupakan jenis usaha yang hampir mirip dengan jenis usaha yang lainnya yaitu kerajinan tangan, karena mereka sama-sama dapat dijalankan di rumah.

Untuk persiapan awalnya, ada beberapa poin yang sangat penting yang harus dipersiapkan. Berikut ini akan di ulas secara rinci beberapa persiapan nya yaitu:

1. Persiapan strategi promosi

Apapun jenis usahanya, promosi merupakan strategi yang wajib untuk diimplementasikan. Cantumkan beberapa fasilitas dan juga benefit yang akan ditawarkan oleh warnet anda di saat melakukan promosi. Tujuannya yaitu untuk menarik banyak calon pelanggan baru.

2. Persiapan lokasi

Dalam usaha bisnis warnet, mendapatkan lokasi yang strategis terbilang salah satu faktor yang sangat menentukan. Pada umumnya, warnet yang berada di pinggir jalan, ataupun jalan yang sering banyak dilalui.

Karena tempat tersebut akan dapat dengan mudahnya dilihat. Dengan begitu banyak orang akan tertarik untuk mulai mencobanya. Pada umumnya, pelanggan warnet saat ini kebanyakan mereka anak-anak dan juga kalangan remaja.

3. Persiapan target harga

Harga rental untuk satu jam nya saja di warnet saat ini berkisar antara Rp5.000 per jamnya. Atau anda bisa survei harga terlebih dahulu pada kompetitor yang lainnya.

Agar harga yang akan ditawarkan tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah.

Modal bisnis warnet

Tahap selanjutnya yaitu kita mulai masuk kepada rincian modal dan juga pengeluaran di awal.

Adapun rincian modal yang akan dibahas berikut ini yaitu, disesuaikan nya dengan harga dan juga kebutuhan komputer warnet pada saat ini.

Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

  • 10 unit pc komputer: Rp45.000.000 (Rp4.500.000 per komputer)
  • (10 kursi dan meja : Rp9.000.000
  • Meja dan kursi untuk operator warnet : Rp1.000.000
  • (software : Rp600.000
  • Etalase : Rp700.000
  • 1 unit printer : Rp800.000
  • Biaya sewa lokasi usaha (opsional) : Rp8.000.000
  • Karpet dan sekat : Rp2.000.000
  • Telepon dan kabel jaringan internet : Rp800.000

Total : Rp67.900.000

selain itu, persiapkan juga anggaran biaya modal yang bersifat bulanan, seperti:

  • Gaji karyawan (opsional) : Rp1.500.000/bulan
  • Biaya listrik : Rp500.000
  • Koneksi internet : Rp500.000

Total biaya bulanan : Rp2.600.000

khusus untuk biaya modal yang bersifat per bulan nya, maka anda harus mulai mempersiapkannya untuk jangka waktu 3 sampai 4 bulan.

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi jika bisnis warnet yang masih belum mencukupi dalam pengeluaran bulanan nya tersebut.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Warna Primer, Sekunder, Tersier, dan Netral?

Analisa keuntungan usaha warnet

Lalu apa saja dan berapa keuntungan yang bisa didapat?

Cara menghitungnya yakni sangatlah mudah. Jika harga warnet per jam nya saja dipatok dengan harga Rp5.000, maka keuntungan untuk per 10 unit komputer x Rp5.000 = Rp50.000.

Kemudian di kalikan kembali maka hasilnya, Rp50.000 x 14 jam = Rp700.000 per hari. Lalu, dihitung kembali untuk penghasilan per bulan, Rp700.000 x 30 = Rp21.000.000.

Maka, anda akan mendapatkan untung bersih dengan kisaran harga yaitu, Rp21.000.000 – 2.600.000 = Rp 18.400.000 per bulannya.

Perhitungan di atas masih dikatakan bersifat kasar. Tetapi perhitungan tersebut bisa saja dijadikan sebagai gambaran dengan keuntungan bisnis warnet anda. Keuntungan pun dapat berubah-ubah jika harga yang dipatok per jamnya ada yang berbeda tergantung kondisi.

Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian keuntungan. Tujuannya adalah untuk maintenance jika suatu waktu akan terjadi kerusakan ataupun kendala pada unit komputer warnet.

Target pasar usaha warnet

Target pasar untuk bisnis warnet ini sendiri masih cukup luas. Adapun targetnya yang harus anda ketahui adalah sebagai berikut ini:

  1. Mahasiswa
  2. Anak sekolahan
  3. Pecinta game online
  4. Masyarakat umum

Peralatan untuk membuka bisnis warnet

Untuk menjalankan usaha bisnis dibidang warnet, ada cukup banyak yang akan diperlukan. Berikut ini beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk bisa menjalankannya:

  • Pc
  • Monitor
  • Kursi
  • Meja
  • Sekat untuk ruangan
  • Printer
  • Kabel Lan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet
  • Jaringan internet
  • Ac/kipas angin
  • Perkakas untuk komputer

Faktor kenapa masyarakat masih memilih warnet

Warnet masih cukup banyak diminati oleh sebagian masyarakat dari berbagai kalangan. Ada beberapa faktor yang menjadi alasannya yaitu di antaranya seperti:

  • Warnet masih menjadi pilihan masyarakat yang belum memiliki alat komputer untuk bisa mengakses internet, ataupun kebutuhan lainnya.
  • Jaringan internet di warnet umumnya cepat serta stabil.
  • Pc di warnet pada umumnya memiliki spesifikasi yang cukup baik.
  • Harganya yang relatif lebih murah untuk kebutuhan khusus. Kebutuhan yang dimaksud disini seperti men-download file yang berukuran besar. Karena dengan men-download file besar harus menggunakan kuota yang akan memakan biaya yang sangat mahal.

Cara promosi usaha warnet

Mempromosikan warnet bisa saja dilakukan melalui beberapa cara. Berikut ini ada beberapa cara yang sudah umum dilakukan untuk bisa mempromosikan nya.

  1. Mempromosikan keuntungan layanan apa saja yang bisa ditawarkan melalui media sosial.
  2. Menawarkan paket hemat ataupun penawaran promo di waktu tertentu.
  3. Menggunakan aplikasi chatting seperti what sapp untuk mulai mempromosikan warnet.
  4. Membuat logo dan branding yang lebih baik agar menarik minat customer.

Tips sukses usaha warnet

Memiliki pengunjung yang banyak menjadi tolak ukur kesuksesan sebuah warnet. Setiap unit komputer yang sudah diisi penuh setiap harinya, tentu akan mendatangkan banyak keuntungan yang sangat besar.

Disini akan membagikan sedikit tips cara ampuh dan efektif untuk bisa meningkatkan pengunjung warnet:

1. Unit komputer yang mumpuni

Kebutuhan alat komputer untuk browsing atau downloading memang tidak hanya memerlukan speck yang tinggi. Namun, ada hal lainnya jika warnet anda ditargetkan para pencinta game online. Komputer harus dapat menunjang kebutuhan setiap pelanggan.

Sehingga, para pelanggan akan merasa nyaman ketika sedang bermain game online apapun.

2. Tempat yang strategis

Entah memiliki tempat sendiri ataupun anda menyewa nya, tempat yang strategis akan menjadi salah satu aspek yang penting untuk membantu kesuksesan bisnis warnet.

Carilah tempat yang lebih banyak dilalui oleh banyak orang. Seperti misalnya yang berlokasi di dekat pusat perkantoran, pusat pendidikan, dan juga berdekatan dengan pasar dan lain-lain.

3. Menggunakan fasilitas tambahan

Untuk kenyamanan para penggunanya maka gunakan juga beberapa fasilitas tambahan seperti halnya ac, toilet, kipas angin, dan yang lainnya. Fasilitas ini bisa masukkan ke dalam anggaran modal awal, ataupun bisa juga ditambahkan setelah bisnis warnet berjalan.

4. Jam buka

Lebih idealnya, jika warnet buka mulai dari pukul 08.000 pagi hingga pukul 10.00 malam. Semakin panjang waktu anda untuk membukanya, maka semakin besar juga kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

Baca juga: Peluang Usaha Konveksi dan Cara Memulai Usahanya

5. Memilih akses internet yang cepat

Warnet ini biasanya menggunakan jaringan internet yang ada di rumah. Layanan bagi penyedia jaringan internet, pada umumnya memiliki beberapa paket yang berbeda-beda.

Usahakan anda untuk memilih kecepatan jaringan internet yang cepat. Karena kecepatan internet ini akan menjamin tingkat kepuasan konsumen.

5. Usaha tambahan

Untuk menambah penghasilan yang lainnya selain dari warnet, umumnya di setiap warnet ini terdapat warung-warung kecil. Warung tersebut menjual berbagai macam jenis cemilan maupun minuman.

Usaha ini bisa juga bisa dikembangkan pada warnet anda guna menambah penghasilan. Terlebih lagi jika anda menjalankan usaha yang lain seperti gorengan.

Demikianlah beberapa informasi seputar rincian anggaran modal dan menghitung keuntungan usaha warnet. Semoga penjelasan di atas bisa membantu anda untuk merencanakan menjalankan usaha tersebut.

Ternyata selain usaha warnet masih ada bisnis lain yang tentunya memiliki prospek yang sangat bagus yaitu peluang usaha kos kosan dan cara memulai usahanya. Selamat mencoba, semoga sukses!.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Menjalankan Bisnis Properti Sangat Menjanjikan untuk Bisnis Sampingan Mahasiswa

Ide Jualan Depan Rumah Paling Laris

Inilah Beberapa Cara Untuk Menjadi Orang Sukses Tanpa Berpedidikan

Cara Melakukan Renang Gaya Bebas yang Baik dan Benar

Cara Cek Processor 32-bit atau 64-bit di Windows 7 Laptop dan PC