Membedakan Lebih Baik Sekolah Umum Atau Homeschooling

mastagul.com | Membedakan Lebih Baik Sekolah Umum Atau Homeschooling - Belakangan ini banyak anak yang mulai memilih untuk homeschooling dari pada solah secara formal. Kebanyakan dari mereka semua yang melakukan homeschooling biasanya sudah tidak bisa merasakan kenyamanan dengan suasana yang ada disekolah pada umumnya.

Homeschooling
Homeschooling
Pada dasarnya, segala sesuatu yang ada didunia ini selalu saja ada kekurangan dan juga kelebihannya termasuk dalam sistem pendidikan juga. Mungkin lebih tepatnya adalah mana yang lebih sesuai dengan kondisi dsn kebutuhan dari pada anak itu sendiri.

Agar bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan tentang mana yang yang lebih baik, melakukan sekolah umum atau homeschooling terlebih sebaiknya para orang tua perlu memahami keduanya.

Berikut penjelasan tentang perbedaan sekolah umum dan homescooling.


1. Kelas Belajar

Sistem pembelajaran disekolah umum atau homescooling yang sangat efektif untuk meningkatkan akademis pada anak, kelas sekolah umum dusah ditentukan dan juga berada didalam satu lokasi tertentu. Sedangkan sebaliknya kelas dengan meggunakan metode homeschooling bisa dilakukan dimana saja.

Biasanya seklah umum akan berisikan puluhan anak yang kisaran antara 25-30 orang. Sedangkan ada sistem homeschooling kelas akan berisi beberapa anak saja bisa juga hanya memiliki sati anak. Jumlah yang ikut pada sekolah homeschooling tergantung dari berapa jumlah anak dalam keluarga tersebut yang mengikutinya. Lokasi kelasnya pun berasa di rumah.

2. Jadwal Pembelajaran

Sudah bukan rahasia umum lagi jika sekolah umum maupun sekolah diluar negri pastinya akan mempunyai jadwal yang tetap. Anak akan berangkat sekolah pagi dan akan pulang pada siang bari bahkan ada juga yang pulang pada osre hari, jadwal pelajarannya pun sudah disusun dengan jelas dan setiap siswa harus mematuhinya. Jika seorang siswa berhalangan untuk hadir maka siswa tersebut harus memiliki ijin yang jelas kepada gurunya.

Sedangkan sistem pada homeschooling seorang anak bisa melakukan jadwal untuk mengatur nya sendiri. Tentunya setelah ada kesepakatannya dengan guru yang akan memberikan pelajaran saat dirumah. Anak tersebut bisa membuat pelajaran sesuai dengan jadawl yang dibutuhkannnya tidak hanya dilakukan di siang hari atau  sore hari jadwal homeschooling bisa dilakukan sesuai keinginan anak itu sendiri.

3. Aktifitas Yang Dilakukan

Disekoalh yang umum segala sesuatu yang bisa dilakukan secara akademik tentu bisa dilakukan di kelas tertentu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jika seorang siswa memiliki jadwal les tambahandan ekstrakulikuler yang akan dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah ada dan dilakukan dilingkungan sekolah. Seorang anak tidak akan bisa beralasan apapun jika memang diharuskan mempunyai kegiatan jadwal yang wajib dilakukan disekolah. Dalam kondisi seperti apapun  anak harus wajib datang mengikuti kegiatan yang sudah ditetapkan.

Sebaliknya berbeda dengan homeschooling, semua aktifitas dapat dilakukan dirumah dan memiliki jadwal yang fleksibel. Para orang tua bisa membuat jadwal sendiri untuk anaknya yang bisa disesuaikan dengan kondisi dan sikon yang ada. jadwal yang ada pada homeschooling ataupun sekolah umum yang lebih bagus untuk anak kembali pada kondisi yang bisa dilakukan.

4. Mata Pelajaran

Pelajaran yang diberikan mata pelajaran sekolah umum sudah ditentukan dengan jelas dan plajarannya pun sudah pasti. Setiap para siswa wajib mengikuti mata pelajaran yang sudah di tentukan seuai dengan kelasnya masing-masng. Tidak ada yang akan bsa mengubah susunan mata pelajaran yang ada dengan alasan apapun. Jumlah mata pelajaran  setiap harinya pun sudah di tentukan bisa mencapai 4 samapi 5 mata pelajaran setiap harinya.

Mata pelajaran denga sistem homeschooling tidak baku juga tidak harus menggunakan jadwal yang tetap. Apa-apa saja yang akan dan ingin dipelajari hari utupun bisa diatur oleh anak itu sendiri atau bisa juga di atur oleh orang tuanya. Jumlah mata pelajarannya pun re;atif sedikit hanya 1 atau 2 mata pelajaran saja yang diberikan setiap harinya. Tapi mata pelajaran yang diberikan disekolah umum dengan homeschgooling sama saja.

5. Kurikulum Yang Diajarkan

Kurikulim yang berlaku di sekolah umum ataupun sekolah formal sudah ditetapkan dan juga diataur oleh pemerintah. Kurikulum tersebut sudah sangat berlaku diseluruh indonesia, kurikulum yang berlaku pendidikan formal yang ada disekolah terdapat  3 jenis  yaitu kurikulum nasional, internasional, dan juga kurikulum nasional plus.

Sedangkan kurikulum yang diberikan bagi sekolah homeschooling tidak dapa dibuat dan tidak ditetapkan oleh pemerintah. Kurikulum yang dilakukan secara homeschooling dibuat oleh orang tua itu sendiri.

Jadi manakah yang lebih baik sekolah umum atau homeschooling. Disarankan untuk menyusun kurikulum yang ada di homeschooling sesuai dengan kemampuan anak-anak.

Terimakasih.

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Membedakan Lebih Baik Sekolah Umum Atau Homeschooling"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel