Widget HTML #1

Peluang Usaha Kos Kosan dan Cara Memulai Usahanya

Peluang Usaha Kos Kosan
Peluang Usaha Kos-Kosan

Usaha Kos-Kosan

Peluang usaha kos-kosan dan cara memulai usahanya. Di saat sekarang ini untuk menjadi seorang pengusaha kini memang sedang gencar diminati oleh banyak kalangan.

Salah satunya adalah usaha dalam bidang properti yaitu mendirikan kos-kosan. Terlebih lagi bagi anda yang memiliki lahan dekat dengan kawasan pabrik, menjalankan bisnis ini sangat menguntungkan.

Kebutuhan yang kian semakin meningkat ditambah lagi dengan peluang yang sangat terbuka lebar membuat semua orang kini berbondong-bondong ingin menjadi pengusaha kos-kosan.

Memiliki tempat tinggal yang dekat dengan kawasan pabrik yang padat penduduk ternyata memiliki banyak keuntungan diantaranya bisa memulai usaha frozen food, usaha berbagai jenis makanan, usaha cetak foto, usaha pakaian, hingga usaha pecel lele dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Warna Primer, Sekunder, Tersier, dan Netral?

Bisnis plan usaha kos kosan

Jika saat ini anda memiliki modal yang lumayan cukup banyak tapi berkeinginan mendapatkan keuntungan datang dengan sendirinya, maka mungkin membuka usaha kos-kosan menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan.

Berikut ini bisnis plan kos-kosan yang perlu anda perhatikan yaitu:

  • Mempersiapkan dana atau modal.
  • Tentukan lokasi yang lebih strategis. Jika lokasi tempat anda sudah strategis, maka anda bisa mulai untuk membangun kos-kosan di sana. Dan jika tidak, anda bisa melakukan survei terlebih dahulu.
  • Pikirkan bentuk kos-kosan atau desain yang nantinya akan anda bangun.
  • Menentukan target pasar yang potensial.
  • Menentukan biaya sewa per hari ataupun per bulannya. Sebelum anda menentukan biaya sewa, akan ada baiknya anda melakukan survei lebih dulu harga sewa pada kompetitor anda. Jika memungkinkan anda sudah bisa mematok dengan harga sewa lebih rendah. Tetapi jika tidak, samakan saja harganya dengan yang lain.
  • Menganalisa keuntungan yang nantinya akan anda dapatkan. Jangan sampai anda salah dalam memperhitungkan, dan mengalami banyak kerugian.
  • Terakhir, menentukan strategi pemasaran yang akan anda gunakan.

Buatlah bisnis plan dengan se rinci mungkin dan terkonsep dengan baik, sehingga nantinya anda memiliki acuan dalam membuat bisnis anda semakin berkembang lagi.

Kelebihan dan kekurangan bisnis kos-kosan

Setiap ingin memulai usaha, maka kenali juga beberapa kelebihan serta kekurangannya dari bisnis anda sendiri.

Berikut ini beberapa kelebihan dari bisnis kos-kosan adalah:

  • Permintaan terhadap hunian masih sangat tinggi, apalagi di beberapa lokasi seperti dekat dengan kampus, sekolah, maupun tempat wisata, kawasan dan mash banyak lagi yang lainnya.
  • Keuntungan yang bisa datang tanpa anda melakukan pekerjaan setiap hari.
  • Dibandingkan dengan rumah-rumah kontrakan, rumah kos memiliki capital rate yang lebih besar.

Sedangkan beberapa kekurangan dari bisnis kos-kosan adalah sebagai berikut ini:

  • Manajemen pelayanannya yang harus prima untuk dapat melayani kebutuhan para penyewa. Jika pemilik tinggal berjauhan dengan kos, sebaiknya ada orang yang secara khusus untuk bisa tinggal di sana guna melayani para penyewa.
  • Menghadapi para penyewa yang mungkin telat membayar biaya sewa akan membuat anggaran keuangan anda menjadi terganggu.
  • Jika lokasi kos-kosan anda sudah tidak strategis lagi seperti kampus tutup, sekolah tutup atau mall juga tutup, maka kos anda juga akan mengalami banyak kerugian dan tidak akan laku lagi.
  • Membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk balik modal.

Kendala dan solusi usaha kos-kosan

Membuka bisnis kos-kosan memang merupakan bisnis usaha yang dapat memberikan anda keuntungan dengan sangat mudah.

Akan tetapi, ada beberapa analisis kendala yang harus anda perhatikan pada saat memulai bisnis ini.

1. Mengenai lingkungan kos-kosan

Para penyewa akan memperhatikan lingkungan sekitar seperti apa yang akan ia tinggali di dekat kos nya itu.

Para penyewa akan lebih suka lagi apabila lingkungan sekitarnya nyaman dan aman, strategis, serta akses ke penjual kebutuhan sehari-hari mudah untuk dihampiri, dan lain sebagainya.

Anda juga dapat meminimalisir atas hal-hal kejadian yang tidak diinginkan ini dengan cara menganalisis serta mensurvei secara langsung sebelum nantinya anda membangun hunian.

Baca juga: Peluang Usaha Konveksi dan Cara Memulai Usahanya

2. Penyewa kos yang telat bayar uang sewa

Anda juga harus membuat beberapa peraturan yang tegas untuk masalah yang ini. Karena hal ini akan sangat berpengaruh kepada kelangsungan keuangan bisnis anda.

3. Kebersihan kos sering terabaikan

Oleh karena nya, untu memastikan jika di dalam kos terdapat pegawai anda atau anda sendiri untuk selalu siap sedia membantu para penyewa apabila mereka memiliki kesulitan dan selalu menjaga kebersihan hunian kos.

Cara mengelola keuangan bisnis kos kosan

Cara mengelola keuangan kos-kosan berawal dari bagaimana menentukan harga sewa kos. Maka untuk menentukan juga periode tanggal pembayaran tagihan kos. Yang biasanya ada dua sistem pembayaran kos yakni:

Jika dihitung secara keseluruhannya saja

Seperti misalnya saja setiap bulan satu kamarnya harus membayar uang sewa kos sebesar rp. 500.000,- itu sudah termasuk biaya yang lain-lainnya.

Pembayaran sewa ditambah lagi dengan penggunaan barang-barang elektronik serta listrik yang dihitung secara terpisah

Seperti, biaya sewa pokok setiap bulannya adalah sebesar rp. 350.000,- , dan apabila membawa laptop ditambah lagi dengan rp. 20.000, biaya setrika rp. 15.000, biaya rice cooker rp 30.000, serta biaya listrik 30.000, dan juga biaya pdam rp.20.000 .

Dan jika anda memakai sistem sewa kos yang kedua, maka anda harus benar-benar menghitung secara detail di dalam pencatatan pembayaran anda, karena tidak setiap bulan para penyewa memakai peralatan elektronik tersebut.

Buatlah rekening secara terpisah dengan membuat rekening pribadi, agar anda lebih mudah lagi dalam mengatur keuangan.

Membuat pembukuan yang lebih terperinci, agar lebih tahu alur uang sewa masuk dan keluar.

Jangan lupa untuk menyiapkan anggaran untuk biaya renovasi, jika saja sewaktu-waktu ada beberapa bagian kos yang diperlukan untuk direnovasi.

Modal bisnis kos kosan

Untuk menentukan modal yang akan dipakai tidak lepas dari harga tanah ataupun hunian yang cepat sekali untuk naik.

Akan tetapi, anda perlu untuk meneliti dalam hal ini.

Contoh dalam perhitungannya yaitu:

Misalnya saja saat ini anda akan membangun kamar kos dengan ukuran sekitar 3×4 meter, maka luasnya yaitu 12m persegi. 

Jika harga tanah per meter nya berkisar 1 juta rupiah, maka satu kamar kos dengan harga tanahnya 12 juta rupiah. Akan tetapi, anda jangan mengukur pas dengan kamarnya saja, namun tambahi lahan untuk parkir kendaraan maupun teras seperti 4x5 per meter maka hasilnya biaya tanah yaitu 20 juta rupiah.

Dan biaya pembangunan jika dihitung per meter nya dengan harga 2 juta rupiah, maka luas tanah bangunan di x harga = 12 m2 x 2 = 24 juta rupiah.

Biaya lain-lainnya yakni meliputi biaya izin, biaya parkir, biaya taman, serta perlengkapan perabot yang diperkirakan rp 5 juta.

Maka untuk anggaran pembangunan atau modal yang akan diperlukan kira-kira sekitar rp. 49 juta rupiah untuk satu kamar nya.

Analisa keuntungan usaha kos-kosan

Berikut ini adalah analisa keuntungan bisnis kos-kosan:

Jika kita menggunakan biaya modal yang seperti di atas, misalnya berkisar 49 juta rupiah per tiap kamar.

Setiap kamar akan diberikan harga sewa pokok 10% per tahun berarti untuk harga sewa per tahun mendapatkan rp. 4.900.000,- .

Dan jika setiap tahun, harga sewa akan naik rp.500.000. Maka, dalam kurun waktu 10 tahun, keuntungan yang akan diperoleh adalah rp.25 juta yang didapatkan dari kenaikan harga per tahunnya.

Namun apabila untuk harga sewa pokok yang diambil dari 10% modal ditambah lagi dengan biaya pelayanan atau administrasi, katakanlah jika kita ingin mengambil keuntungan sebesar rp.1.100.000 per kamar, maka untuk biaya kamar menjadi rp 6 juta.

Dengan demikian keuntungan yang akan di peroleh dari membuka usaha kos kosan ini dalam 10 tahun nya, yakni :

keuntungan kos + keuntungan kenaikan tanah per tahun = 11.000.000 + 25.000.000 = rp. 36.000.000 per kamar.

Target pasar bisnis kos-kosan

Untuk target pasar usaha ini sangatlah luas, jadi anda tidak perlu untuk khawatir. Berikut ini target pasar dari bisnis kos-kosan:

  1. Mahasiswa
  2. Pelajar
  3. Pegawai atau karyawan
  4. Wisatawan

Cara mengelola sdm kos kosan

Berikut ini cara untuk mengelola sdm dalam bisnis kos-kosan:

  • Memilih rekan yang dapat anda percayai
  • Bekali dengan kemampuan untuk mengurus finansial dan mengatur cash flow
  • Menjalin hubungan baik dengan semua karyawan
  • Memberikan keterampilan pelayanan rumah seperti kebersihan, kerapian, kedisiplinan dan lain sebagainya.
  • Memberikan reward atas kerja kerasnya

Strategi meningkatkan profit usaha kos kosan

Pelayanan yang semakin prima akan menjadikan kosa-kosan semakin diminati oleh calon konsumen. Anda bisa saja melakukan hal-hal sebagai berikut ini untuk bisa meningkatkan profit dalam usaha anda:

  • Anda bisa menambahkan beberapa jasa layanan, seperti layanan laundry, layanan katering, maupun jasa yang lainnya yang akan dibutuhkan oleh penyewa anda, sehingga mereka tidak akan lagi jauh-jauh untuk keluar mendapatkan jasa tersebut. 
  • Selain itu, anda juga bisa untuk menambahkan jasa soal keamanan seperti menambahkan beberapa petugas keamanan di kos-kosan anda.

Baca juga: Peluang Usaha Es Krim dan Analisa Keuntungannya

Strategi marketing bisnis kos-kosan

Hal yang paling penting di dalam membangun sebuah bisnis kos adalah cara mempromosikan nya. Beberapa hal ini dapat saja anda lakukan:

  • Membagikan selebaran brosur di area kampus
  • Manfaatkan sosial media internet
  • Menggunakan jasa endorse di akun instagram kampus atau daerah misalnya info ub, mhssby, dan lain sebagainya
  • Melakukan promosi dari anak kos yang ada dengan cara memberikan komisi apabila bisa membawa penyewa kos yang lain.
  • Memasang banner atau petunjuk arah menuju kos anda.

Itulah tadi beberapa dari informasi tentang bisnis usaha kos-kosan yang sangat menjanjikan, semoga bermanfaat. Selain menjalankan bisnis kos-kosan anda juga bisnis lain yang prospeknya sangat bagus yaitu peluang usaha konveksi dan cara memulai usahanya. Semoga sukses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Jenis Tanaman yang Cocok untuk Hiasan Teras Rumah

Peluang Usaha Bidang Jasa yang Sangat Menghasilkan

Brownies Tape Singkong Mewah dan Empuk, Cocok jadi Ide Jualan Menguntungkan

Tanda Peradangan Otak Yang Sering Kali Terabaikan

Mengatasi Luka Lambung Dengan Bahan Alami