Widget HTML #1

Tips dan Ide Bisnis Rumahan, Ini Dia 10 Kunci Suksesnya

Ide Bisnis Rumahan
Ide Bisnis Rumahan

Ide bisnis rumahan. Membuka ide-ide bisnis dapat anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, menjadi ibu rumah tangga pun bisa menjalankan berbagai jenis usaha rumahan.

Tak hanya ibu rumah tangga namun semua kalangan bisa berusaha diri untuk mencari kesibukan lainnya dengan cara menghasilkan uang tambahan. Perlu anda ketahui keuntungan yang akan didapatkan bisa lebih besar dengan beberapa usaha pertokoan lainnya.

Bagi anda yang berminat untuk menggeluti jenis usaha ini maka simak beberapa tips kunci di bawah ini:

Pertanyaannya, Mengapa Harus Bisnis Rumahan?

Disamping jika anda memiliki bisnis rumahan banyak keuntungan yang akan didapatkan, di antaranya anda bisa menjalankan bisnis tersebut di rumah, bisa berkumpul dengan keluarga di rumah, bebas leluasa mengerjakan nya dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Mari kita bahas beberapa keuntungan jika membuka usaha rumahan:

Baca juga: Modal Usaha Es Coklat Panjang Umur

1. Bekerja Dengan Bebas Dan Tanpa Tuntutan

Jika anda menjalankan bisnis rumahan maka anda bisa menyalurkan ide-ide dan kreatifitas yang anda miliki tanpa adanya rasa canggung jika dibandingkan anda memiliki karyawan.

Rasa canggung di hadapan karyawan ataupun orang lain akan sulit untuk menyalurkan kan beberapa ide dan kreatifitas yang anda miliki.

2. Usaha Rumahan Bisa Dekat Dengan Keluarga

membuka usaha rumahan tentunya bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluarga, dengan usaha rumahan tanggung jawab anda sebagai ibu rumah tangga bisa diatur sesuai dengan apa yang diharapkan. Bisa dekat dengan keluarga sekaligus bisa menghasilkan uang tambahan.

3. Menghemat Waktu Secara Efisien

Dengan jalannya jam operasional usaha yang anda miliki dirumah tentunya dapat menghemat banyak waktu luang tanpa anda melakukan perjalan bisnis diluar rumah.

Banyaknya keuntungan yang didapat usaha dengan membuka usaha rumahan anda juga bisa dengan cermat membagi waktu antara bisnis dan mengurus keluarga.

4. Modal Yang Dikeluarkan Minim

Keuntungan lain yang di peroleh dari membuka usaha bisnis rumahan yaitu dapat menghemat biaya operasional seperti sewa ruko dan membeli barang-barang properti untuk isian ruko tersebut.

Jika kita melakukan nya di rumah tentu barang yang dipakai hanya pokoknya saja.

Tidak hanya memiliki usaha sendiri di rumah namun anda juga bisa menjadi penjual reseller atau menjadi dropshiper.

Reseller yakni orang yang membeli sebuah produk di toko lain dan kemudian dijual kembali. Sedangkan dropshipper yaitu seseorang yang menjalankan sistem dropship yang menjual suatu produk tertentu tanpa memiliki barang sendiri dan hanya memasarkan barang orang lain dan memiliki izin dari si pemiliknya.

Baca juga: Rincian Modal Usaha Buket Bunga Modal 5 Juta Untung Melimpah

Contoh Ide Bisnis Rumahan

Banyak sekali berbagai jenis usaha yang bisa dijalankan di rumah. Namun jika anda masih bingung untuk menjalankan ide bisnis apa yang cocok maka berikut ini rangkuman jenis-jenis ide usaha yang bisa jalankan diantaranya:

1. Usaha Rumahan Bisnis Online Shop

Saat ini ibu rumah tangga hampir semuanya sudah memiliki handphone, disamping untuk kebutuhan komunikasi dengan keluarga juga untuk kebutuhan komunikasi anak-anak di sekolah.

Namun anda juga harus lebih pintar dalam memanfaatkan gadjet untuk mandapat uang tambahan dengan cara mempromosikan barang dagangan yang anda miliki dengan berjualan online.

Banyak di kalangan anak-anak muda yang giat berjualan secara online disamping karena simple hanya mengandalkan kamera kemudian menposting nya di media sosial gadjet. Anda juga bisa memanfaatkan marketplace dengan cara memasarkan barang jualan.

2. Membuka Usaha Kedai Warung Kopi Di Rumah

Jika anda memiliki lahan kosong di rumah maka manfaatkan lahan tersebut untuk mulai membuka kedai warung kopi di rumah.

Hemat biaya sewa ruko dan toko serta menghemat biaya operasional dekorasi ruko dan lain-lain. Anda hanya perlu menyiapkan meja dan tempat duduk kursi panjang agar bisa menghemat tempat.

Segala sesuatu jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih dan berkembang menjadi usaha yang memiliki omset menjanjikan.

3. Membuka Usaha Camilan Dan Makanan

Untuk menjalankan berbagai jenis usaha anda harus melakukan riset terlebih dahulu, hal ini untuk membuat usaha anda semakin maju. Peluang usaha membuka bisnis dibidang makanan tidak ada matinya.

Hal ini karena kita sebagai manusia membutuhkan pangan setiap harinya. Membuka usaha dengan berjualan makanan dan cemilan merupakan omset yang menjanjikan apalagi sudah banyak Riset membuktikan jika anda membuka usaha dekat dengan sekolah, kampus dan perkantoran maka usaha anda akan laris manis.

4. Usaha Top Up Pulsa Elektrik Dan Paket Internet

Gadjet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan di kehidupan kita sehari-hari, melihat kondisi yang sudah berkesinambungan ini maka peluang yang cocok untuk dijalankan yakni dengan cara membuka usaha dengan berjualan pulsa elektrik.

Dengan modal handphone saja ada sudah bisa untuk memulai usaha rumahan, segera daftarkan diri anda ke agen-agen distributor yang berjualan pulsa dan peket internet untuk mendapatkan harga miring.

5. Membuka Jasa Usaha Laundry

Banyak nya pekerjaan yang menggunung membuat seseorang sulit untuk melakukan tugas tambahan di rumah seperti mencuci dan beres-beres.

Pekerjaan yang membuat seseorang malas dan tidak sempat untuk dilakukan yaitu mencuci pakaian. Hal ini yang dapat anda lakukan dengan cara membuka usaha laundy kiloan. Usaha rumahan ini akan menambah keuntungan secara bertahap.

6. Membuka Usaha Rumahan Konveksi

Jika anda memiliki keahlian khusus seperti menjahit maka manfaatkan keahlian anda dengan cara membuka konveksi jahit rumahan.

Usaha jahit rumahan merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan, setiap individu tentu membutuhkan sandang untuk keseharian nya. Padatnya penduduk tidak menutup kemungkinan secara bertahap mereka akan membeli pakaian baru sebagai pengganti pakaian lama yang sudah tidak layak dipakai lagi.

Hal ini yang akan membuka peluang usaha konveksi jahit rumahan. Seragam sekolah anak-anak pun jika orang tua mereka membelinya pasti ada saja yang terlalu besar, terlalu panjang.

7. Jasa Cuci Kendaraan

Ide usaha rumahan selanjutnya yaitu membuka jasa tempat pencucian kendaraan. Bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan nya yang memakan waktu dari pagi hari hingga malam hari tentu tidak akan sempat untuk mencuci kendaraan nya.

Apalagi pada saat musim penghujan datang pasti banyak yang akan menggunakan jasa cuci ini untuk membuat kendaraan nya bebas berkarat akibat sering terkena air hujan. Maka peluang usaha rumahan yang bisa anda jalankan yaitu membuka jasa cuci kendaraan.

Baca juga: Panduan Lengkap Modal Usaha Jualan Siomay untuk Pemula

8. Usaha Rumahan Rental Playstation

Ide rumahan selanjutnya yaitu membuka usaha rental, banyaknya peminat yang ingin bermain game membuat mereka berlomba-lomba untuk mencari kesenangan nya.

jika para orang tua di rumah sudah membolehkan anak-anaknya untuk bermain di luar rumah setelah mengerjakan PR sekolah, maka anak-anak akan bermain dengan teman-teman nya untuk berkumpul di rental untuk bermain bersama

walau pun ide bisnis ini memerlukan modal yang lumayan untuk membeli kebutuhan rental namun keuntungan yang didapat akan sesuai jika anda menggeluti nya.

9. Usaha Rumahan Jasa Foto / Video / Jasa Tulis

Saat ini sudah banyak industri kreatif yang sudah berkembang pesat. Diantaranya banyak yang membutuhkan berbagai jenis jasa untuk keperluan nya masing-masing.

Salah satu jasa kreatif yang harus anda coba yaitu membuka jasa membuat vidio, foto dan jasa tulis.

Saat ini banyak acara-acara pernikahan ataupun acara ulang tahun yang memakai jasa untuk mengabadikan momen-momen yang perlu di abadikan sekali seumur hidup.

Jasa selanjutnya yaitu jasa tulis, para mahasiswa atau anak-anak sekolah yang memiliki kesibukan tentunya tidak ada waktu untuk menulis pelajaran yang sudah di sediakan oleh dosen dan guru.

Maka dengan adanya peluang ini anda bisa membuka jasa tulis, biasanya untuk 1 lembar kertas bisa di hargai 2rb.

10. Usaha Rumahan Budidaya Ikan Hias

Bisnis rumahan yang bisa anda geluti yaitu budidaya ikan hias. Usaha ini cukup menjanjikan yang mana budidaya ikan hias bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Bibit ikan hias beraneka ragam dari mulai harga 15 rb hingga jutaan bahkan ratusan juta, namun untuk anda yang memiliki modal minim tidak perlu khawatir karena jika anda jeli dalam membeli bibit ikan koi maka keuntungan yang akan anda dapatkan menjadi lebih besar.

Cara Memulai Bisnis Rumahan

Dari beberapa jenis ide usaha rumahan yang sudah kita bahas anda juga harus lebih faham bagaimana cara untuk memulai bisnis rumahan tersebut. Berikut ini ada beberapa cara untuk bisa memulai bisnis rumahan.

1. Tekad Untuk Berbisnis

Segala sesuatu hal yang akan anda jalankan dan anda lakukan jika tidak ada tekad dan niat yang disiapkan sejak awal maka semuanya akan sia-sia. Tekad dan niat menjadi kunci sukses untuk menjalankan usaha agar tercapai.

2. Melakukan Berbagai Riset

Membuka usaha dimana pun dan kapan pun ada baiknya jika anda melakukan riset terlebih dahulu, hal ini untuk mempermudah anda dalam menjalankan usaha kedepan nya.

Lakukan lah riset produk yang akan dijalankan, riset target pasar yang akan anda tuju, bagaimana cara untuk memasarkannya dan melakukan riset berapa anggaran yng anda siapkan.

3. Mempunyai Skli Dan Kretifitas

Untuk manjadi seorang pengusaha yang sukses anda harus memiliki beberapa keahlian dan kreatifitas. Karakter yang harus anda miliki yakni pekerja keras, kreatrif, jeli, dan masih banyak lagi standar untuk menjadi seorang pengusaha.

Harus memiliki mental yang kuat seperti baja, jika bisnis anda sudah berjalan nantinya maka akan ada banyak tantangan yang akan datang untuk menguji kesabaran anda.

4. Tekun Dan Giat Dalam Menjalankannya

Belajar dari orang yang sudah lebih awal menjalankan usaha yang akan anda jalankan. Mereka yang sudah lebih dulu menjalankan usaha nya pasti sudah tau dengan jelas apa saja pengalaman yang sudah didapatkan selama berbisnis.

Dalam menjalankan usaha apapun pasti akan mengalami kerugian pasang surut masalah yang akan bermunculan. Sehingga anda butuh sekali nasehat dan ilmu dari para pengusaha lainnya.

5. Take Action

Berikutnya langkah yang harus anda lakukan yaitu mempraktekkan jenis usaha apa yang akan anda jalankan.

Seiring berjalannya usaha anda maka akan faham apa saja yang harus dilalui, tidak hanya belajar ilmu dan nasihat dari orang lain setidaknya anda juga harus take action.

Selamat mencoba semoga usaha anda dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Tidak Bisa Menambah Paragraf di WhatsApp, Ini Solusinya

Kenali Untung dan Rugi, 6 Jenis Pinjaman Modal Usaha Yang Bisa Digunakan

Manfaat Tanaman Hias yang Jarang Diketahui oleh Orang

Cara Menarik Calon Pelanggan Baru Serta Mempertahankan Pelanggan Lama

Modal Dan Keuntungan Ternak Sapi Sistem Bagi Hasil