Kenali Untung dan Rugi, 6 Jenis Pinjaman Modal Usaha Yang Bisa Digunakan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

mastagul.com - Kenali  Untung dan Rugi, 6 Jenis Pinjaman Modal Usaha Yang Bisa Digunakan. Demi untuk bisa mendapat sebuah  penghasilan tambahan untuk pemasukan anda, untuk sekarang ini banyak orang yang berusaha mencoba membuka usaha atau bisnis. akan tetapi, sekarang seringkali banyak sebagian orang mulai bingung untuk bisa mendapatkan  pinjaman sebagai modal usaha.

Pinjaman  Modal Usaha

Ternyata, mulai ada beberapa lembaga jasa keuangan mulai menyediakan pinjaman untuk modal usaha anda nantinya. Semua yang menjalankan lembaga keuangan untuk saat sydah memiliki sistem yang berbeda-beda dalam memberikan pinjaman modal.

Tentunya, setiap jenis pinjaman yang akan disuguhkan memiliki keuntungan dan risiko tersendiri.

Sebelum anda memutuskan untuk mencoba jenis pinjaman modal usaha apa yang akan digunakan, lebih baiknya  perhitungkan seberapa sanggupnya kemampuan yang anda milik, termasuk bagaimana caranya mengembalikkan pinjaman tersebut.
5 Hal Yang Harus Dihindari Jika Ingin Sukses Mengatur Keuangan di Usia 20-an
Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini yang merupakan jenis pinjaman modal usaha yang dapat anda gunakan.

Jenis-jenis Pinjaman Modal Usaha

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit usaha rakyat atau sering kita singkat dengan KUR merupakan salah satu program yang didirikan oleh pemerintah untuk bisa menstimulasi cara berkembangnya pelaku usaha dibidang mikro, kecil, dan juga menengah (UMKM).

Anda juga bisa mendapatkan beberapa pinjaman modal usaha dari berbagai bank yang ada di indnesia, saeperti Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI dan lain-lain.  Akan tetapi, anda harus tahu jika ingin mengajukan beberaa peminjam tentunya harus memenuhi sejumlah syarat yang sudah ditentukan.

Seperti Di antaranya yakni memiliki usaha yang tengahdijalankan akan tetapi anda belum bisa mengaksesnya secara perbankan.

Mulai per tanggal 1 Januari 2020, suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) yakni sebesar 6% per tahunnya. Sementara itu, limit kredit usaha rakyat (KUR) Mikro yang sebelumnya sebesar Rp25 juta, saat ini akan dinaikkan menjadi sebesar Rp50 juta per nasabah.

Kredit usaha rakyat (KUR) sudah bisa diajukan oleh pelaku usaha dari berbagai bidang, di antaranya yakni kuliner, pertania,  periklanan, dan lain-lain. Sedangkan tenor batas waktu pinjaman yang ditentukan bisa sampai 2-5 tahun, semua itu tergantung pada jenis kredit KUR yang akan anda ambil.

2. Koperasi

Jika anda tidak ingin terjerat masalah dengan utang dan memilki bunga besar di bank, saat ini ana sudah bisa untuk memanfaatkan koperasi.
Pelajari 7 Penyebab Penting Mengapa Bisnis Online Anda Sering Kali Gagal
Unruk saat ini Koperasi sudah dapat meminjamkan sejumlah uang untuk dijadikan  modal usaha kepada para anggota koperasi. Seandainya Jika anda terdaftar menjadi anggota koperasi simpan pinjam, maka anda dapat dengan mudahnya untuk mendapatkan pinjaman dana untuk modal usaha dengan bunga yang cukup ringan.

3. Peer to Peer Lending

Cara lain yang selanjutnya untuk bisa mendapatkan dana pinjaman untuk modal usaha yakni dengan  mengajukan pinjaman ke dalam situs peer to peer lending atau P2P. Konsep perusahaan peer to peer ini atau P2P yaitu derngan cara mempertemukan peminjam dan juga pemberi pinjaman atau investor. Yang Nantinya, seorang peminjam uang tersebut akan mendapat keuntungan dari hasil bunga pinjamannya.

Pada Umumnya, plafon maksimal calon peminjam modal usaha saat ini sudah mencapai Rp200 juta.  Akan tetapi, anda harus  perlu hati-hati dalam memilih sebuah perusahaan peer to eer atau P2P sebagai tempat untuk meminjam modal usaha.

Langkah awal yaitu anda harus memastikan bahwa perusahaan peer to peer atau  P2P tersebut sudah terdaftar dan sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

4. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Dengan melakukan Pinjaman jenis ini juga menjadi salah satu yang sering digunakan banyak pelaku usaha. Jika anda ingin menggunakan kredit tannpa angunan atau  KTA, seorang calon peminjam tidak perlu dibebankan jaminan aset, seperti rumah bangunan dan lain-lain.

Selain itu juga,  bunga yang akan ditawarkannya pun cukup rendah, yaitu kurang dari satu persen. Pada Umumnya, calon peminjam akan diberikan kesempatan untuk bisa meminjam dana maksimal sebesar Rp300 juta. Dengan Besarnya plafon yang tentunya akan diberikan tergantung pada kemampuan si calon peminjam dan juga  syarat yang ditetapkan oleh bank-bank tertentu.

Jangka waktu si calon pinjaman sendiri berkisar mulai dari 60 bulan hingga sampai 5 tahun.

5. Kredit Multiguna

Produk bank kredit multiguna merupakan salah satu pinjaman dari beberapa jenis bank yang ada. Calon Peminjam dana sudah bisa mengajukan beberapa pinjaman yang disertai dengan jaminan tertentu. Jaminan yang akan diberikan kepada bank akan menentukan seberapa besarnya sebuah dana tunai yang bisa dipinjamkan.
Persiapan Penting yang harus di Perhatikan dalam Membangun atau Memulai Bisnis Online
Bank tersebut bisa memberikan pinjaman hingga berkisar Rp5 miliar dengan jumlah jangka waktu yang dierikan lebih dari 10 tahun. Akan tetapi kekurangan pinjaman dalam jenis ini yakni suku  bunga yang ditawarkan cukup tinggi dikarenakan  menyesuaikan kondisi pasar.

Jika peluang kondisi pasar cukup baik, suku bunga bisa saja di bawah 10%. tetapi, jika kondisi pasar kurang begitu baik, suku bunga bisa naik mencapai hingga 15%.

6. Modal Ventura

Suatu modal yang diberikan si pemberi pinjaman disebut dengan modal ventura, yaitu perusahaan ventura, kepada peminjam dana dengan pra perjanjian kerja sama  jangka waktu tertentu. Hubungan si pemberi pinjaman dengan calon peminjam dana sama seperti pemegang saham. Modal ventura disebut juga sebagai investasi dengan risiko tinggi bagi  si pemberi pinjaman.

Akan tetapi , sistem investasi ini juga tentunnya dapat memberikan bagi  peluang keuntungan yang tinggi juga.

Itulah dari enam jenis pinjaman dana  modal usaha yang bisa anda gunakan untuk memulai atau mengembangkan bisnis usaha yang akan anda kembnagkan.

Akhir Kata

Bagi anda yang masih berkerja menjadi karyawan pabrik atau perkantoran. Anda bisa mencoba bisnis yang satu ini, untuk lebih jelasnya bisa cek disini.

Terimakasih.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Kenali Untung dan Rugi, 6 Jenis Pinjaman Modal Usaha Yang Bisa Digunakan"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel