Widget HTML #1

Perbedaan Ikan Nila Jantan dan Betina

Perbedaan Ikan Nila Jantan dan Betina
Perbedaan Ikan Nila Jantan dan Betina

Cara membedakan ikan nila jantan betina

Perbedaan ikan nila jantan dan betina merupakan hal penting untuk di ketahui oleh setiap pembudidaya ikan nila. Saat beternak ikan nila, mengetahui perbedaan ikan nila jantan dan betina memiliki banyak manfaat. Saat memilih bibit induk kan ikan nila memerlukan pengetahuan antara ikan nila jantan dan betina.

Dalam budidaya ikan nila biasanya ikan nila jantan dan betina akan di pisah terlebih dahulu. Ikan nila jantan di dalam kolam akan bersifat agresif ketika terdapat ikan nila betina, sehingga pembudidaya harus mengetahui perbedaan ikan nila jantan dan betina supaya ikan nila jantan dan betina bisa di pisah.

Selain itu, ketika pembudidayaan ikan nila ingin memijah tentu harus memilih ikan nila jantan dan betina untuk di campur ke dalam satu kolam. Dalam memilih ikan nila jantan dan betina tentu membutuhkan pengetahuan mana ikan nila jantan dan mana ikan nila betina.

Itulah mengapa penting mengetahui perbedaan ikan nila jantan dan betina. Berikut akan di bahas tentang perbedaan ikan nila jantan dan betina, supaya sobat bisa membedakan ikan nila jantan dan betina sendiri ketika ingin budidaya ikan nila.

Baca juga: Umpan Ikan Betok Babon

Perbedaan ciri-ciri ikan nila dengan ikan budidaya lainnya

Selain mengetahui perbedaan ikan nila jantan dan betina ternyata perbedaan ciri-ciri ikan nila dengan ikan budidaya lainnya juga penting. Selain ikan nila ternyata masih bayak ikan lain mirip dengan ikan nila yang sering di budidaya. Jenis ikan yang sering di budidaya tetapi mirip dengan ikan nila adalah jenis ikan mujair dan ikan gurami.

Supaya tidak keliru dalam budidaya ikan nila sobat juga perlu mengetahui perbedaan ikan nila dengan ikan sejenis lainnya. Terus, apa saja perbedaannya?

  • Pada ekor ikan nila terdapat garis vertikal, sedangkan ekor ikan mujair tidak memiliki garis vertikal.
  • Sirip bagian ujung ikan nila tidak memiliki warna merah, sedangkan sirip bagian ujung ikan mujair memiliki warna merah.
  • Jika di lihat dari mulut, mulut ikan nila berbentuk kecil jika dibandingkan dengan mulut ikan mujair.
  • Badan ikan nila terlihat besar dan sedikit membulat, sedangkan badan ikan mujair terlihat tidak sebesar ikan nila dan tidak terlihat bulat.

Baca juga: Umpan Mancing Ikan Betok Paling Jitu

Perbedaan ikan nila jantan dan betina

Perbedaan Ikan Nila Jantan dan Betina
Perbedaan Ikan Nila Jantan dan Betina

Ketika sobat ingin membudidayakan ikan nila tentu harus mengetahui perbedaan ikan nila jantan dan betina untuk memudahkan dalam memijah. Perbedaan ikan nila jantan dan betina bisa di lihat dari bentuk fisik ikan itu sendiri. Berikut beberapa ciri yang bisa dijadikan acuan dalam membedakan ikan nila jantan dan betina.

1. Bentuk alat kelamin

Jenis kelamin ikan nila jantan bentuknya meruncing, sedangkan jenis kelamin ikan nila betina memiliki bentuk oval. Bagi sobat yang masih pemula untuk melihat perbedaan ikan nila jantan dan betina jika di lihat dari jenis kelamin memang sangat sulit.

Untuk bisa membedakan ikan nila jantan dan betina jika di lihat dari jenis kelaminnya membutuhkan waktu lama untuk bisa memahaminya.

2. Warna tubuh

Ikan nila jantan dan betina dapat dibedakan dari warna tubuh mereka. Ikan nila jantan biasanya memiliki warna tubuh yang lebih cerah dan terang daripada ikan nila betina. Warna tubuh ikan nila jantan yang cerah ini sering digunakan sebagai tanda untuk menarik perhatian pasangan reproduksi.

Baca juga: Perbedaan Ikan Nila Dan Mujair Lengkap Dengan Gambar

 Ikan nila betina, di sisi lain, memiliki warna tubuh yang lebih gelap dan kurang mencolok daripada ikan nila jantan. Namun perbedaan warna tubuh ini tidak selalu jelas dan dapat berbeda-beda sesuai dengan jenis ikan dan kondisi lingkungan.

3. Bentuk perut

Ikan nila jantan dan betina dapat dibedakan dari bentuk perut mereka. Ikan nila betina memiliki perut yang lebih besar dan lebih lonjong dari pada ikan nila jantan ketika siap untuk dikawinkan. Perut ikan nila betina yang membesar ini disebabkan oleh produksi telur yang banyak.

Ikan nila jantan, di sisi lain, memiliki perut yang lebih rata dan tidak sebesar perut ikan nila betina. Namun perbedaan ini tidak selalu jelas dan dapat berbeda-beda sesuai dengan jenis ikan dan kondisi lingkungan.

4. Berat dan panjang tubuh

Ikan nila jantan biasanya lebih besar dan berat daripada ikan nila betina. Ikan nila jantan juga memiliki panjang tubuh yang lebih panjang daripada ikan nila betina. Jika perbedaan ikan nila jangan dan betina di bedakan dari beratnya tentu ikan nila betina lebih berat jika di bandingkan dengan ikan nila jantan.

Baca juga: Mancing Ikan Di Sungai Arus Deras

5. Warna dagu dan hidung

Perbedaan ikan nila jantan dan betina jika di bedakan berdasarkan warna dagu dan hidung ikan. Ikan nila jantan biasanya memiliki warna dagu merah ke hitaman, sedangkan ikan nila betina memiliki dagu berwarna keputih-putihan. Sedangkan bagian hidung ikan nila jantan berwarna biru muda, sedangkan hidung ikan nila betina berwarna terang.

Itulah ciri-ciri yang menjadi perbedaan ikan nila jantan dan betina. Dengan mengetahui ciri-ciri perbedaan ikan nila jantan dan betina diharapkan sobat sudah bisa untuk membedakan ikan nila jantan dan betina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Umpan Mancing Ikan Tawes Paling Jitu

Cara Buat Kue Brownies Panggang Simple

Jenis Investasi Online yang Terpercaya dan Aman Bagi Pemula

Bebas Riba dan Pasti Halal, 5 Jenis Investasi Syariah Bagi Seorang Pemula Dan Keuntungannya

Cara Mancing Ikan Betok untuk Pemula dan Profesional