Widget HTML #1

Perhitungan Modal Usaha Pecel Lele dan Cara Memulainya

Modal Usaha Pecel Lele
Modal Usaha Pecel Lele

Perhitungan Modal Usaha Pecel Lele

Usaha pecel lele di Indonesia tidak akan pernah sepi pembeli karena banyak peminatnya. Makanan pecel lele banyak di sukai masyarakat Indonesia.

Ketika tidak sempat memasak, pecel lele merupakan solusinya. Hal ini menjadikan usaha pecel lele sangat berpotensi untuk di jadikan peluang bisnis.

Saat ini peluang usaha makanan merupakan usaha yang menjanjikan. Hal ini karena makanan merupakan kebutuhan wajib. Oleh sebab itu memulai usaha pecel lele bisa dijadikan pilihan ketika juragan ingin memulai usaha kuliner.

Pertanyaannya, Berapa modal buka usaha pecel lele? Berapa omset pecel lele? Bagaimana cara memulai usaha pecel lele? Apakah usaha pecel lele menguntungkan?

Baca juga: Cara Membuka Usaha Pecel Lele Supaya Laris Manis

Modal usaha pecel lele

Modal usaha pecel lele antara pedagang satu dengan lainnya tentu berbeda-beda. Walaupun menjalankan usaha yang sama, yaitu usaha pecel lele tetapi kebutuhan modal usahanya berbeda-beda.

Modal usaha pecel lele umumya membutuhkan modal sebagai berikut.

  • Etalase dan gerobak = Rp2.500.000
  • Kompor dan gas = Rp200.000
  • Peralatan masak = Rp1.500.000
  • Peralatan makan = Rp300.000
  • Meja, kursi dan tenda = Rp2.500.000

Jika di total modal usaha pecel lele sebesar Rp7.000.000. perhitungan modal ini belum termasuk modal operasional harian usaha pecel lele.

Berikut rincian modal operasional harian usaha pecel lele yang umum di gunakan:

  • Bahan-bahan pecel lele selama 1 bulan = Rp12.000.000
  • Gas dalam 1 bulan = Rp500.000
  • Air dan listrik = Rp600.000
  • Sewa tempat = Rp800.000

Modal operasional usaha pecel lele dalam satu bulan membutuhkan modal Rp13.900.000.

Sehingga modal usaha pecel lele pertama buka membutuhkan modal Rp7.000.000 + Rp13.900.000 yaitu sebesar Rp20.900.000.

Omset pecel lele

Omset pecel lele merupakan keuntungan yang dihasilkan dari penjualan dalam sehari. Jika dalam sehari usaha pecel lele ramai pembeli tentunya omset yang di dapatkan akan semakin besar. Dalam usaha pecel lele biasanya omset akan di akumulasi kan dalam sebulan. Berikut perhitungan akumulasi omset dalam sebulan.

Estimasi pendapatan dalam sebulan ketika pecel lele dalam sehari terjual sebanyak 50 porsi.

  1. Harga pecel lele 1 porsi Rp.20.000 x 40 porsi = Rp800.000
  2. Harga es teh 1 gelas Rp5.000 X 20 gelas = Rp100.000
  3. Harga es jeruk 1 gelas Rp8.000 X 20 gelas = Rp160.000
  4. Penjualan tahu, Tempe, jeroan goreng = Rp200.000

Maka omset pecel lele dalam sehari sebesar Rp1.260.000 dan dalam sebulan omset pecel lele sebesar Rp37.800.000

Baca juga: Model Gerobak Pecel Lele Terbaik

Keuntungan usaha pecel lele

Ketika sudah di ketahui omset pecel lele sekarang bisa kita hitung keuntungan usaha pecel lele dalam sebulan. Untuk menghitung keuntungan usaha pecel lele tentu didasari dari hasil penjualan di kurangi dengan modal usaha.

Untuk menghitung keuntungan usaha pecel lele kita rumuskan sebagai berikut:

Pendapatan bulanan – modal usaha pecel lele

= Rp37.800.000 – Rp20.900.000

= Rp16.900.000

Sehingga keuntungan usaha pecel lele dalam sebulan sebesar 16 juta. Dengan besarnya keuntungan usaha pecel lele tentu siapa saja akan tertarik untuk menjalankan bisnis ini.

Tips memulai usaha pecel lele

Modal Usaha Pecel Lele
Modal Usaha Pecel Lele

Setelah melihat perhitungan keuntungan usaha pecel lele di atas tentunya sangat menggiurkan. Selain keuntungan besar tentu modalnya juga besar. Ketika juragan belum memiliki modal usaha pecel lele cukup, bisa mempelajari tips memulai usaha pecel lele terlebih dahulu.

1. Pilih lokasi strategis

Bisa juragan perhatikan, kebanyakan penjual pecel lele memilih lokasi jualan di pinggir jalan ramai yang banyak di lintasi orang lewat. Sehingga usaha pecel lele selalu ramai pengunjung meski berjualan di pinggir jalan.

Sehingga, memilih lokasi strategis merupakan faktor pendukung kesuksesan usaha pecel lele. Lokasi pinggir jalan yang strategis mudah di temukan oleh pelanggan.

Usaha pecel lele selain di jalankan pedagang kaki lima, ternyata ada juga usaha pecel lele yang di jalankan dengan cara membuka toko. Biasanya lokasi toko yang berdekatan dengan kawasan pendidikan atau perkantoran menjadi pilihan untuk membuka usaha pecel lele.

2. Tentukan waktu jualan yang tepat

Tips memulai usaha pecel lele tentu harus memperhatikan waktu berjualan yang tepat. Biasanya warung makan pecel lele akan mulai buka kisaran sore hari hingga malam hari. Waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk berjualan pecel lele.

Alasan kenapa waktu sore hari merupakan waktu yang tepat untuk jualan pecel lele karena pada waktu sore hari banyak orang yang susah selesai beraktivitas. Sebenarnya jualan pecel lele bisa di buka di pagi hari, asalkan lokasi jualan pecel lele juragan merupakan lokasi yang strategis.

3. Pilih menu yang tepat

Ketika ingin menjalankan usaha pecel lele juragan sudah harus siap untuk bersaing dengan pedagang pecel lele lainnya. Karena sekarang pedagang pecel lele sudah semakin banyak. Hampir di persimpangan jalan di kota besar yang dekat dengan kawasan ramai sudah ada pedagang pecel lele.

Untuk menghadapi ketatnya persaingan usaha pecel lele juragan bisa membuat menu pecel lele dengan inovasi baru. Walaupun usaha pecel lele juragan bisa menjual berbagai menu lain seperti ayam goreng atau bebek goreng. Bahkan pedagang pecel lele ada juga yang menyediakan soto ayam.

Ketika memiliki menu yang bervariasi tentunya pengunjung tidak mudah bosan untuk berkunjung kembali ke usaha pecel lele milik juragan. Mulailah memikirkan menu apa yang kiranya cocok untuk di jualan ketika ingin menjalankan usaha pecel lele.

Baca juga: Peluang Bisnis Usaha Ayam Geprek Lengkap Dengan Strategi dan Analisa Usaha

4. Perhatikan kualitas

Dalam menjalankan usaha pecel lele memperhatikan kualitas merupakan tips menjalankan usaha yang seharusnya menjadi prioritas utama. Point prioritas yang perlu di perhatikan saat menjalankan usaha pecel lele adalah rasa dan harga.

Untuk mendapatkan kualitas rasa pecel lele yang enak tentu harus menggunakan bahan berkualitas. Juragan harus mencari bahan pecel lele yang memiliki kualitas bagus. Ketika kualitas rasa pecel lele enak di mata pembeli tentu akan memberikan nila tambah kepada bisnis juragan.

Ketika rasa pecel lele di sukai oleh pelanggan, tentunya pelanggan tidak akan kecewa jika harga pecel lele di bandrol tinggi. Biasanya pelanggan akan memperhatikan rasa terlebih dahulu ketimbang harganya, harga tinggi tapi rasanya enak tidak akan menjadi masalah.

Bisa menjual pecel lele dengan harga tinggi tentu akan memberikan keuntungan banyak.

5. Kebersihan tempat usaha

Warung pecel lele dari dulu sudah terkenal dengan pedagang kaki lima, sehingga kebersihan tempat biasanya yang menjadi keluhan kebanyakan pembeli. Ketika juragan ingin menjalankan usaha kuliner, hal pertama perlu di perhatikan adalah masalah kebersihan.

Kebersihan dalam dunia usaha kuliner berlaku untuk bidang kuliner apapun, selain usaha pecel lele ketika bersangkutan dengan kuliner kebersihan harus di jaga. Ketika pembeli melihat empat usaha pecel lele bersih tentu akan lebih nyaman untuk berbelanja.

Itulah tips memulai usaha pecel lele dan perhitungan modal usaha pecel lele Supaya bisa memiliki omset besar dan untung banyak. Semoga dengan penjelasan usaha pecel lele di atas bisa menambah semangat bagai juragan yang sedang atau ingin menjalankan usaha pecel lele.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Peluang Bisnis Mie Ayam dan Tips Cara Membuka Usaha Mie Ayam

Desain Gerobak Mie Ayam Terbaik dan Modern untuk Bisnis Juragan

10 Kelemahan Usaha Mie Ayam dan Solusi Mengatasinya

8 Produk Online yang Paling Laku dan laris Banyak Peminatnya

Strategi Promosi Pemasaran yang Terbukti Ampuh untuk Mendongkrak Omset