Widget HTML #1

5Tanaman Hias Gantung untuk Rumah Mungil dan Cara Meletakkannya

Tanaman Hias Gantung
Tanaman Hias Gantung

Tanaman hias gantung

Tanaman hias gantung untuk rumah mungil dan cara meletakkannya. Jika kamu saat ini tinggal di rumah yang berukuran kecil atau mungil, yang biasanya memiliki keterbatasan lahan untuk halaman rumah. Bahkan untuk sekarang ini sudah tidak jarang halaman belakang sudah sapat digunakan sebagai ruangan tambahan untuk dapur, ruang kerja, ruang makan, bahkan hingga kamar.

akibatnya cita-cita atau keinginan kamu untuk membuat lahan luas terbuka hijau yang besar kini hanya ada dalam angan-angan saja. Maka sebagai gantinya, kamu hanya bisa menggunakan tanaman gantung untuk mempercantik teras depan rumah dan juga halaman rumah anda.

Memiliki tanaman hias gantung untuk saat ini memang tak kalah cantik. Mastagul akan membeberkan beberapa pilihan tanaman yang dapat memperindah hunian rumah kamu. Berikut diantara nya.

Baca juga: Tanaman Hias yang Dapat Ditanam dalam Pot

Tanaman hias gantung untuk rumah mungil

1. Tanaman gantung bunga petunia

Tanaman petunia ini berasal dari negara amerika selatan, tanaman ini sangat membutuhkan paparan sinar matahari agar tumbuh bunganya selalu rimbun dan banyak. Warna bunganya pun akan sangat memanjakan mata yakni diantara nya memiliki warna, merah, orange, bahkan ada juga warna ungu.

Tanaman gantung petunia ini termasuk tanaman yang mudah cara perawatan nya, selama petunia selalu mendapatkan banyak sinar matahari dan juga tanahnya yang cukup lembap, petunia akan tumbuh lebih subur.

2. Tanaman gantung bunga begonia

Jenis tanaman yang selanjutnya ini sebenarnya akan lebih subur lagi jika berada di tempat area yang lebih sejuk, pasalnya tanaman begonia memang berasal dari negara yang subtropis. Akan tetapi, jika asalkan tidak langsung terkena paparan sinar matahari yang lebih panas, begonia akan lebih tumbuh dengan subur dan akan terus berbunga.

Kamu harus siram atau semprotkan air dingin pada tanaman begonia ini setiap pagi dan sore untuk memastikan akan membuatnya tetap sejuk.

3. Tanaman gantung bunga little diamond

Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan nama english nya ivy atau sam juga dengan hedera helix. Jenis tanaman ini memang tidak memiliki bunga akan tetapi daunnya saja sudah sangat indah. Pada pinggiran daunnya yang berwarna putih dan pada bagian tengahnya berwarna hijau muda. Tanaman ini juga sangat membutuhkan paparan sinar matahari.

Tidak akan ada salahnya jika kamu membiarkan tanaman ini terpapar oleh panasnya sinar matahari yang agak terik. Jika tanpa adanya panas matahari, maka warna dari daunnya akan berubah menjadi hijau tua dan tanpa ada garis putih pada pinggirnya.

4. Tanaman gantung bunga aster

Tanaman daisy atau bisa disebut juga dengan nama aster ini bisa juga digunakan sebagai tanaman hias gantung. Dan lebih enaknya lagi, bunganya pun sangat beragam warnanya dan bunganya akan tahan lama mekarnya.

Bunga aster ini juga membutuhkan udara yang agak sejuk, sehingga kamu harus secara rutin untuk memeriksa keadaan dan kondisi tanahnya, kamu juga harus memastikan tanaman ini tidak mengalami kekeringan dan cukup lembap.

5. Tanaman gantung bunga geranium

Jenis tanaman ini memiliki aroma bunga geranium atau disebut dengan tapak dara memang kurang enak tapi bunganya terlihat sangat cantik, beragam warnanya, dan geranium ini sangat rutin untuk berbunga.

Tanaman geranium juga mudah jika kamu silangkan untuk menghasilkan warna yang baru serta akan cenderung menarik perhatian bagi kupu-kupu yang ingin hinggap. Selama kamu rutin untuk menyiram nya, tanaman geranium ini akan tumbuh dengan subur.

Memiliki tanaman gantung menjadi solusi bagi kamu yang tinggal di apartemen yang tetap ingin memelihara tanaman hias untuk hunian apartemen kamu. Simak juga bagaimana caranya mempunyai jendela rumah agar terlihat segar dengan adanya tanaman gantung di bawah ini.

Baca juga: Tanaman Hias Gantung yang Memiliki Manfaat Buat Kesehatan

Cara meletakkan tanaman hias gantung

Tanaman Hias Gantung
Tanaman Hias Gantung

Akibat keterbatasan pada lahan, terkadang kamu harus merelakan sebagian halaman rumah untuk dijadikan ruangan atau juga garasi.

Akibatnya keinginan kamu untuk memiliki taman yang mungil yang hijau harus tersingkirkan untuk sementara waktu. Cara memindahkan tanaman di dalam pot kemudian diletakkan di dalam ruangan rumah jelas memang tidak mungkin karena ruangan akan menjadi lebih sempit.

Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak jadi untuk bisa memiliki hunian taman super mungil di rumah. Pada area jendela tentunya kamu bisa menjadikan salah satu sasaran kamu untuk membuat taman kecil dan mungil serta akan dipandang lebih indah dari luar rumah.

Dan hasilnya, jendela pun akan menjadi lebih cantik dan juga indah dilihat, dan tanaman ini akan tetap subur karena lebih mendapatkan paparan sinar matahari.

1. Gantungkan saja

Kamu bisa memakai alas bangku yang mungkin sudah tidak terpakai lagi atau bisa juga bidang kayu lain dan tali bisa menjadi sarana untuk media gantung.

Cara yang pertama kamu bisa dengan mudahnya menggunakan tali yang sudah disematkan pada bagian alas kayu. Agar nantinya bebannya tidak terlalu berat, kemudian pilihlah tanaman dalam pot yang berukuran kecil, seperti tanaman lidah buaya mini, kaktus mini, serta tanaman mungil yang lainnya.

Sebagai pot nya, kamu bisa menggunakan gelas atau bisa juga menggunakan mug yang sudah tidak lagi dipakai dan beri lubang pada bagian bawahnya.

2. Gunakan gantungan baju

Memakai gantungan baju merupakan solusi yang sangat instan untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mencari yang memiliki ukuran dan desain yang sudah sangat sesuai.

Janganlah kamu menyia-nyiakan teralis yang ada di jendela rumah. Jendela yang memiliki teralis memang terkesan menampilkan kesan yang kaku, akan tetapi jika teralis nya kamu tambahkan gantungan, seperti gantungan untuk pakaian baju tampilan nya pun akan terlihat sangat unik dan akan menjadi lebih berguna. Kemudian bisa juga menggunakan media tangkai untuk menggantungkan tanaman yang menjadi favorit kamu.

3. Hias kusen

Kamu bisa menambahkan papan sebagai tatakan pada bagian kusen yang ada di dalam untuk meletakkan tanaman.

Dan cara lainnya yang dapat digunakan yaitu dengan menempatkan tanaman dalam pot lalu kemudian letakkan pada setiap kusen yang ada di rumah kamu terutama bagian depan yang terlihat. Jika kusen nya hanya berada di bagian bawah saja , bisa kamu tambahkan tatakan dari bahan kayu yang mempunyai warna sama dengan kusen yang lainnya dan gantungkan pada jendela rumah kamu.

Jika kamu memiliki tanaman dalam pot yang berukuran lebih besar kamu bisa tempatkan pada bagian kusen paling bawah, untuk sementara kusen atas dapat digunakan untuk menempatkan tanaman yang pot nya berukuran lebih kecil.

Baca juga: Manfaat Tanaman Hias yang Jarang Diketahui

4. Tempel

Sekilas mungkin jika dilihat akan tampak menempel, tetapi sebenarnya menggunakan alas yang transparan yang bisa kamu dapatkan di toko furnitur. Cara teknik ini akan mengurangi halangan ke luar jendela rumah.

Jika kamu mau yang lebih unik lagi, kamu bisa tempelkan tanaman pada bagian jendela. Caranya cukup mudah kamu bisa menggunakan alas bening yang terbuat dari bahan akrilik lalu kemudian tempelkan dengan lem perekat pada jendela.

Sebaiknya kamu juga harus memastikan perekat nya sangatlah lengket sehingga tidak akan menjatuhkan tanaman hias anda. Kamu bisa memilih tanaman yang sekiranya mempunyai beban yang tidak terlalu berat.

5. Nuansa putih dan hijau

Warna putih memang mencerminkan higienitas, dan sementara hijau diasosiasikan dengan warna alami.

Saat ini warna putih memang tengah banyak digandrungi untuk berbagai jenis model furnitur, termasuk juga kusen jendela. Maka kamu tentu wajib untuk membuat dekorasi jendela dengan tema hijau dan juga putih.

Kemudian pilih pot ataupun vas yang berwarna putih, soft green, atau bisa perpaduan menggunakan keduanya, kemudian kamu bisa meletakkan pada bagian kusen jendela.

Berbagai jenis tanaman gantung atas aka sangat cocok jika diletakkan di dalam ruangan rumah, dan sebagai solusi minimnya ruangan yang terbuka untuk hunian rumah kamu yang minimalis atau apartemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Author recommendation

Ide Jualan Depan Rumah Paling Laris

Peluang Usaha Kuliner dan Cara Memulainya

Tips Keren Dengan Modal Gaji Kecil Bisa Menjadi Kaya

Tips Menyimpan Bahan Makanan Segar yang Aman

Cara Meluruskan Rambut Panjang Tanpa Bahan Kimia