Tips Menyimpan Bahan Makanan Segar yang Aman dan Tahan Lama selama Social Distancing

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

mastagul.com | Tips Menyimpan Bahan Makanan Segar yang Aman dan Tahan Lama selama Social Distancing - Untuk mengurangi aktifitas diluar rumah selama masa social distancing diterapkan tenteunya bunda  sudah mempersiapkan stok bahan makanan. Tetapi bunda juga harus jeli dalam memilih bahan makanan kerena Jenis bahan makan ada yang bisa disimpan dalam waktu lama ada juga yang tidak bisa tahan lama.
Tips Menyimpan Bahan Makanan Segar yang Aman dan Tahan Lama selama Social Distancing
Menyimpan Bahan Makanan Segar
Tentunya bunda harus bisa memastikan bahan makanan yang bunda simpan harus tetap segar dan sehat saat mau bunda olah menjadi makanan atau konsumsi.tidak jarang jika salah dalam penyimpananya sering kita dapati bahan makan layu bahkan ada yang busuk.

Tapi bunda tenang saja disini mastagul.com akan membahas bangaimana cara menyimpan bahan makanan supaya tetap tahan lama dan masih segar dan sehat saat akan diolah atau dikonsumsi.

Tips Menyimpan Bahan Makanan Segar

1. Merebus Sebelum di Simpan

Dengan merebus terlebih dahulu sebelum menyimpanya didalam lemari pembeku bertujuan supaya bahan makanan tidak cepat membusuk. Bahan makanan yang di simpan dengan cara ini biasanya seperti kacang-kacangan dan brokoli. Perebusan dianjurkan selama kurang lebih 30 detik. Setelah melakukan perebusan bunda bisa menaruhnya di  dalam freezer.

2. Potong kemudian Simpan

Bunda bisa melakukan pemotongan pada bahan makanan bertujuan supaya kandungan kadar air berkurang. Kadar air yang berlebih di dalam bahan makanan bisa membuat bahan makanan cepat membusuk. Teknik ini bisa bunda terapkan pada wortel.

3. Bungkus Baru di Simpan

Teknik yang satu ini dengan melakukan pembungkusan. Bahan yang digunakan untuk membungkus harus menggunakan bahan yang menyerap air seperti tisu tangan atau kertras lainya. Kemudian lakukan pembungkusan menggunakan plastic yang kedap udara. Tujuanya supaya bahan makanan bisa bertahan lebih lama dalam keadaan segar. Bahan makanan yang cocok disimpan menggunakan dengan teknik dini seperti sayu-sayuran hijau, terutama yang terdapat daun.

4. Buat Menjadi Jus

Cara ini bisa memiliki dua fungsi sekaligus. Degan  menjadikan bahan makanan menjadi jus dan di simpan dalam botol kemudian dimasukan ke pendingin bisa membuat bahan makanan lebih tahan lama. Selain itu si kecil juga mungkin akan lebih suka mengonsumsi bahan makanan yang di buat jus ketimbang yang tiidak di ju buat jus. Bahan makanan yang bisa dibuat jus dalam penyimpanannya seperti sayuran dan buah-buahan.

5. Buat Menjadi Acar

Merubah bahan makanan menjadi acar merupakan pilihan yang tepat, karena dengan dijadikan acar sayuran akan bisa lebih bertahan lama. Bahan makanan yang bisa dijadikan acar seperti mentimun, tomat, atau jamur. Cara membuat acar juga sangat mudah, rendam bahan makanan yang akan dijadikan acar kedalam cairan cuka ditambah minyak sayur secukupnya, bisa juga ditambah bawang putih, bawang merah dan cengkeh sesuaikan dengan selera bunda.

6.  Produk Susu Simpan di bagian dalam Kulkas

Apakah bunda pernah memperhatikan jika suhu di dalam kulkas lebih dingin dibandingkan di area sekitar pintu kulkas. Itu disebabkan karena ketika bunda membuka pintu kulkas area pintu langsung terekspos oleh udara luar. Nah, untuk penyimpanan produk yang berbahan susu alangkah baiknya jika disimpan di area dalam lemari kulkas, jangan di area pintu kulkas.

7. Penyimpanan Telur

Untuk penyimpanan telur bunda bisa gunakan di rak tengah dalam kulkas. Dengan menyimpan yang benar telur bisa bertahan 3-4 minggu sejak telur dimasukkan.




8. Jangan Semua Bahan Makanan Simpan dalam Kulkas

Bunda jangan beranggapan bahwa semua bahan makanan bisa disimpan di dalam kulkas, karena hal itu salah besar. Ternyata ada bahan makanan yang tidak tahan lama alias cepat busuk jika disimpan didalam kulkas seperti bawang putih, bawang merah,  bombai, dan kentang. Bahan-bahan tersebut akan tahan lama jika disimpan diluar lemari pendingi. Namun jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Jangan meletakkan bahan tersebut di tempat lembab. Bahan-bahan tersebut disimpan dalam suhu ruangan supaya kesehgaran bahan tersebut tetap terjaga.

Terimakasih.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Tips Menyimpan Bahan Makanan Segar yang Aman dan Tahan Lama selama Social Distancing"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel