Bisnis Usaha Sampingan Karyawan Pabrik dan Kantoran yang Wajib di Coba

mastagul.com - Bagi sobat yang saat ini masih menjalani pekerjaan sebagai karyawan pabrik namun memiliki keinginan untu mendapatkan penghasilan tambahan, tidak ada salahnya jika sobat mencoba usaha sampingan tapi tanpa harus mengganggu pekerjaan utama sobat.

Itung-itung sebagai tambahan uang jajan hehehe,,,

Sebenarnya tidak hanya sebagai uang jajan saja, jika sobat tekun dan rajin menjalankan usaha sampingan bisa juga untung menambah penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus merogoh uang gajih bulanan.

mastagul.com
Ilustrasi - Menjadi karyawan bukan berarti tidak bisa berbisnis (pixabay)
Masalah yang muncul biasanya sobat akan kebingungan memilih jenis bisnis apa yang bisa sobat jalankan sedangkan sobat waktunya sebagian besar untuk bekerja di pabrik atau kantor.

Disini Mas Tagul memberikan beberapa gambaran bisnis atau usaha yang bisa sobat jalankan wlaupun sobat sedang menjadi karyawan di sebuah pabrik atau kantor.

Beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan oleh karyawan pabrik atau kantor:

1. Kredit Barang Untuk Rekan Karyawan
Biasanya perusahaan akan membayarkan gaji karyawan per satu bulan. Ini bisa menjadi kesempatan buat sobat untuk untuk menawarkan barang dengan sistem bayar gajian atau beberapa kali bayar.

Karena biasanya seorang karyawan pabrik akan menyukai pembelian barang yang sistemnya abil barang dulu baru setelah gajian baru dibayar.


Sobat bisa menawarkan aneka barang yang menjadi kebutuhan rumah tangga seperti peralatan dapur, peralatan elektronik, ponsel, pakian, dll.

Untuk menjalankan usaha ini sebenarnya sangat membutuhkan modal yang agak sedikit banyak, untuk menyiasati pada tahap-tahap awal sobat bisa menawarkan barang yang memiliki harga murah terlebih dahulu. Baru setelah bisnis sobat sudah berjalan sobat bisa menawarkan barang yang lebih mahal.

Yang perlu sobat ketahui walaupun menggunakan modal yang besar untuk keuntunganya menggunakan sistem kredit juga lumayan besar.

2. Bisnis Paket Lebaran
Bisnis peket lebaran banyak sekali jenisnya, tetapi yang sering dijumpai ada yang menjual barang-barang menjelang hari raya lebaran, ada yang bentuk kue lebaran, baju lebaran, oleh-oleh buat orang yang pulang kekamung.

Ada juga yang sistemnya menabung, yang nantinya akan diambil menjelang lebaran. Tetapi pengambilanya bukan berbentuk uang melainka barang, seperti handphone, sembako, alat-alat rumah tangga, hingga barang elektronik. Untuk sistem ini keuntunganya biasanya penyedia layanan akan menerapkan biaya adminitrasi untuk setiap orang yang ikut menabung.


3. Ternak Hewan Peliharaan
Jika sobat seorang pecinta hewan peliharaan maka bisnis ini sangat cocok untuk sobat jalankan disela-sela kerjaan menjadi karyawan.

Sebagai contoh jika sobat pecinta burung pekicau, sobat bisa menyalurkan hobo sobat sebagai ladang bisnis dengan menernak burung sepaerti burung Lovebird, kenari, Murai batu. Jenis burung-burung tersebut sangat mudah untuk dikembangbiyakan.

Tentunya jika diawali dengan hobi tidak akan merasa menjadi beban malahan akan merasa senang karena hobi sobat bisa terealisasikan.

4. Bisnis Catering Untuk Rekan Karyawan
Biasanya dalam sehari kerja seorang karyawan akan mendapatkan istirahat untuk makan, entah itu siang sore ataupun malem. Jika diperusahaan sobat sudah menyediakan menu manak bisnis tidak cocok untuk sobat jalani, tetapi jika di perusahaan sobat tidak menyediaan menu makan bisnis ini bisa sobat coba.

Biasanya dalam perusahaan memiliki lebih dari 5 karyawan terkadang bisa sampai puluhan bahkan sampai ratusan.


Sobat bisa bayangkan jika perusahaan sobat memiliki 100 karyawan, sobat bisa menawarkan menu catering sobat ke rekan karyawan. Angga saja dari 100 karyawan yang memesan catering sobat 25%nya, berarti sudah 25 bungkus catering yang laku.

Untuk memenuhi pesana 25 bungkus tentunya sobat mempunyai pekerja untuk membantu menyiapkan menu masakan.

5. Menjual Pulsa dan Paket Data
Bisnis yang satu ini tidak memelukan modal yang sangat besar, sobat cukup menggunakan ponsel pribadi untuk bertransaksi, dan mencari distributot pulsa yang terpercaya.

Untuk menjalankan bisnis ini sobat tidak perlu ragu jika nanti tidak ada yang membeli, karena pulsa atau paket data untuk saat ini sudah menjadi kebutuhan pokop pada setiap orang. Dengan berkembangnya jaman sekarang sudah semakin marak orang yang berselancar ke dunia maya. Untuk mencari informasi ada saat ini cukup membuka internet sobat sudah bisa mandapatkan informasi tersebut.

Terlebih lagi sekarang hampir semua orang menggunakan medsos untuk sekedar sering tau mencari hiburan, semua itu membutuhkan paket data untuk bisa mengaksesnya.

6. Bisnis Online
Bisnis online untuk saat ini sudah semakain menjamur. Walaupun yang terjun ke bisnis online setiap hari semakin banyak bisa dipastikan kebutuhan untuk berbelanja online setiap hari juga semaik bertambah. Jadi binis ini masih sangat besar prospek kedepanya.


Untuk bisnis online sendiri sebenarnya  sangat mudah untuk dilakukan walaupun sobat menjadi seorang karyawan pabrik. Selain mudah dilakukan bisnis online ada juga yang tidak membutuhkan modal besar bahkan ada yang tanpa modal.

Beberapa ilihan bisnis online yang bisa sobat jalankan seperti berjualan di toko marketplace (tokopedia, lazada, bukalapak, shopee, dll), menjadi youteber, menjadi blogger, menjadi penulis, freelance, dll.

Itulah beberapa bisnis yang bisa dijalankan ketika sobat masih menjadi seorang karyawan pabrik atau kantor. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi sobat ketika sobat bingung menentukan jenis bisnis.

Terimakasih

Penulis by : Mas Tagul


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel