9 Tips dan Cara Memulai Usaha Bisnis Kuliner Bagi Pemula

mastagul.com

mastagul.com – Sobat pasti sudah paham jika binis dibidang kuliner memang sangat banyak peminatnya. Jika sobat perhatikan dari anak kecil, anak muda, hingga orang tua sering kita lihat berada di tempat-tempat kuliner. Itu menandakan jika usaha bisnis dibidang kuliner  sangat bagus prospek kedepanya.

Sudah tidak bisa dipungkiri untuk saat ini sangat banyak sekali pembisnis-pembisnis muda bahkan yang masih pemula terjun menggeluti bisnis dibidang kuliner. Dengan munculnya pemain baru biasanya menghadirkan jenis kuliner yang baru juga. Sehingga konsumen dimanjakan dengan beragam pilihan jenis kuliner.

Yang sobat perlu tau, tidak semua pembisnis yang menggelulit usaha dibidang kuliner bisa bertahan lama. Hanya orang yang yang bermental baja dan mau berkerja keras yang mampu bertahan dan bisa berkemmbang dan menjadi sukses karena menggeluti usaha dibidang kuliner.

Faktor lain juga harus didukung dengan kreatifitas dan inovasi dalam menjalankan usaha dibidang kuliner. Sobat pasti tau jika masyarakat indonesia suka dengan hal-hal baru, begitu juga dengan kuliner. Jika sobat mampu berinovasi menciptakan kuliner yang baru yang sedang trend maka dipastikan usaha sobat akan ramai pengunjung.

Menurut saya “Mas Tagul” hal terpenting jika mau sukses menjalankan usaha kuliner terletak pada “RASA”. Buatlah ciri khas rasa yang bisa menunjukan jatidiri usaha atau toko sobat.

Sobat mungkin sependapat dengan saya,,,,!

Jika saya membeli kuliner disuatu toko atau tempat rasanya kurang enak kemungkinan besar saya tidak akan kembali mengunjungi toko atau tempat tersebut. Betul tidak,,,,,,?

Bagi sobat yang yang masih pemula mau memulai usaha bisnis dibidang kuliner mastagul.com akan memberikan tips dan trik yang bisa menjadi motivasi sobat.

1. Target Pasar
Target pasar adalah sebuah pedoman untuk menentukan atau merancang setrategi pasar. Dalam menentukan target pasar meliputi umur, pendaatan, pekerjaan, gaya hidup dan masih banyak lagi yang lainya. Jika sobat sudah bisa menentukan target pasar, sobat akan lebih mudah menentukan strategi apa yang akan digunakan kedepannya.
Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Makanan Ringan Modal Kecil Paling Laku 
Sebagai contoh:
Jika sobat mau membuka usaha kuliner disekitar perkampusan, sobat bisa menjual kuliner yang terjangkau oleh kantong mahasiswa, dan untuk tempat sobat harus membuat senyaman mungkin untuk kalangan mahasiswa seperti tempat nongkrong yang berkonsep cafe.

Dengan pasar yang tertarget sobat tikak akan kesulitan untuk menjual produk kuliner yang sobat miliki.

2. Pilih Lokasi Strategis
Sebelum usaha sobat dimulai untuk menetapkan lukasi adalah hal terpenting. Untuk membuka usaha kuliner sobat bisa memilih lokasi yang ramai, seperti pingir jalan, dekat kampus, dekat perkantoran, dekat pusat pembelanjaan, dll. Sobat juga bisa bergabung di sentra-sentra pedagang kuliner lainya seperti food court atau pusat pedagang lainya yang dekat dengan lokasi sobat tinggal.

3. Selalu BerInovasi
Dengan semakin banyaknya pemain baru yang membuka usaha didunia bisnis kuliner, itu menandakan bahwa persaingan semakin ketat. Hal itu sobat harus bisa menyiasatinya dengan lebih berInovasi. Inovasi meliputi: Rasa, Tampilan, Kreasi, Packing, dll.
Dalam berinovasi sobat juga harus sesuai dengan target pasanya.
Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Mainan yang Sangat Menguntungkan
Sebagai contoh:
Jika sobat menjual kuliner buat anak Sekolah Dasar (SD) atau target pasarnya anak Sekolah Dasar (SD) makan sobat harus membuat kuliner dengan tampilan menarik bagi anak Sekolah Dasar (SD). Dengan sobat sering berinovasi pada kuliner sobat itu akan membuat konsumen sobat tidak cepat bosan untuk mengonsumsi kuliner yang sobat jual. Selalu manjakan konsumen sobat dengan inovasi-inovasi baru.

4. Pilih Suplayer dengan Tepat
Jika sobat tau sebenarnya bahan yang digunakan untuk membuat makanan kuliner sangat berpengaruh pada hasil ahir seperti Rasa, tekstur, bentuk, dll. Jadi pemilihan bahan dasar adalah sangatlah penting. Sobat harus bisa memilih suplayer bahan dasar yang bisa bertanggung jawab untuk itu. Dengan adanya bantuan suplayer yang bagus kualitas bahan dasar sobat akan terjamin. Sobat juga harus berhati-hati dalam memilih suplayer, pilihlah suplayer yang bisa kosisten dalam menjaga kualitas bahan dasar.

5. Kalkulasi Harga Bahan
Sebenarnya bahan dasar pembuatan kuliner sangatlah banyak jenisnya. Sobat harus jeli melihat harga pasar, dengan mengetahui harga bahan dasar sobat bisa mengitung untuk mengkalkulasi berapa sobat akan menetapkan harga jualnya. Untung mengitung kalkulasi ini sobat harus melakukanya dengan teliti supanya kedepanya tidak mengalami kerugian.
Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Online Modal Kecil untuk Masa Depan
6. Keahlian dan Pengetahuan
Jika sobat mau menekuni bisnis kuliner, setidaknya sobat harus mengetahui atau mempunyai keahlian atau pengetahuan sedikit tentang kuliner. Sehingga sobat bisa mudah untuk memunculkan ide-ide atau gagasan baru serta inovasi baru. Hal itu membuat makanan yang sobat sajikan berbeda dengan yang lainya. Walaupun sobat menggunakan chef atau juru masak alangkah baiknya sobat mengetahui lebih banyak mengenai bidang yang mau sobat jalankan.

7. Jaga Reputasi 
Sebuah usaha yang bisa bertahan dalam jangka panjang adalah yang mampu menjaga reputasi dimata konsumenya. Sedikit saja sobat melakukan kesalahan atau mengecewakan pelanggan akan berakibat fatal pada reputasi bisnis yang sobat jalankan.

Sebagai contoh:
masalah kebersihan, sobat harus menjaga kebersihan tempat maupun kebersihan prduk yang sobat hidangkan. Masalah rasa juga tidak kalah penting yang perlu sobat perhatikan.

8. Manfaatkan Internet
Dengan berkembanganya pengguna internet yang semakin meluas dan terus semakin bertambah pada saat sekarang ini merupakan kabar baik buat sobat yang sedang menjalankan bisnisusaha dibidang kuliner. Sobat bisa memanfaatkan internet untuk menarik banyak pengunjung untuk lebih mengenal usaha yang sobat sedang jalankan.
Baca Juga : Tips Jitu Menghadapi Ketatnya Persaingan Bisnis Usaha
Dengan memanfaatkan media medsos seperti Facebook, Instagram, Tuwitter, dlll soboat bisa mempromosikan usaha yang sedang sobat dengan gratis maupun dengan yang berbayar. Hali ini akan membantu sobat usahnya cepat dikenal oleh masyarakat.

9. Sabar di Awal Usaha
Sebenarnya usaha dibidang kuliner sedikit lebih banyak membutuhkan waktu untuk mengenalkan produk kepada konsumen apalagi, apalagi usaha yang baru saja dirintis. Jadi sobat jangan heran jika awal-awal membuka usaha memiliki pengunjung yang sedikit bahkan bisa tidak kedatangan pengunjung.

Tetapi jika kuliner sobat memiliki citra rasa yang enak maka akan sangat mudah tersiar kabar kepada konsumen lain, bahwa kuliner sobat wajib dicoba dan di kunjungi. Tanpa disadari konsumen itulah yang menjadi media promosi garatisan sobat.

Kesimpulanya dalam hal kesabaran sangat dibutuhkan jika sobat ingin membuka usaha bisnis dibidang kuliner, apalagi bagi sobat yang baru pemula yang sering buru-buru dalam mengambil keputusan.

Itulah 9 cara dan tips jika sobat yang masih pemula mau membuka bisnis usaha kuliner. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sobat-sobat semuanya.

Terimakasih.
Penulis by : Mas Tagul

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "9 Tips dan Cara Memulai Usaha Bisnis Kuliner Bagi Pemula"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel