Widget HTML #1

9 Tips dan Cara Memulai Usaha Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Cara Memulai Usaha Bisnis Kuliner Bagi Pemula
Cara Memulai Usaha Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Tips dan cara memulai usaha bisnis kuliner bagi pemula. Sobat pasti sudah paham jika bisnis dibidang kuliner memang sangat banyak peminatnya. Jika sobat perhatikan dari anak kecil, anak muda, hingga orang tua sering kita lihat berada di tempat-tempat kuliner. Itu menandakan jika usaha bisnis dibidang kuliner sangat bagus prospek ke depannya.

Sudah tidak bisa dipungkiri untuk saat ini sangat banyak sekali pebisnis - pebisnis muda bahkan yang masih pemula terjun menggeluti bisnis dibidang kuliner. Dengan munculnya pemain baru biasanya menghadirkan jenis kuliner yang baru juga. Sehingga konsumen dimanjakan dengan beragam pilihan jenis kuliner.

Yang sobat perlu tau, tidak semua pebisnis yang menggeluti usaha dibidang kuliner bisa bertahan lama. Hanya orang yang bermental baja dan mau berkerja keras yang mampu bertahan dan bisa berkembang dan menjadi sukses karena menggeluti usaha dibidang kuliner.

Faktor lain juga harus didukung dengan kreatifitas dan inovasi dalam menjalankan usaha dibidang kuliner. Sobat pasti tau jika masyarakat indonesia suka dengan hal-hal baru, begitu juga dengan kuliner. Jika sobat mampu berinovasi menciptakan kuliner yang baru yang sedang trend maka dipastikan usaha sobat akan ramai pengunjung.

Menurut saya “mas tagul” hal terpenting jika mau sukses menjalankan usaha kuliner terletak pada “rasa”. Buatlah ciri khas rasa yang bisa menunjukan jatidiri usaha atau toko sobat.

Sobat mungkin sependapat dengan saya,,,,!

Jika saya membeli kuliner di suatu toko atau tempat rasanya kurang enak kemungkinan besar saya tidak akan kembali mengunjungi toko atau tempat tersebut. Betul tidak,,,,,,?

Baca juga : Tidak Bisa Menambah Paragraf di WhatsApp, Ini Solusinya

Tips dan cara memulai usaha bisnis kuliner bagi pemula

Bisnis Kuliner Bagi Pemula
Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Bagi sobat yang masih pemula mau memulai usaha bisnis dibidang kuliner mastagul.com akan memberikan tips dan trik yang bisa menjadi motivasi sobat.

1. Target pasar

Target pasar adalah sebuah pedoman untuk menentukan atau merancang strategi pasar. Dalam menentukan target pasar meliputi umur, pendataan, pekerjaan, gaya hidup dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika sobat sudah bisa menentukan target pasar, sobat akan lebih mudah menentukan strategi apa yang akan digunakan ke depannya.

Sebagai contoh:

Jika sobat mau membuka usaha kuliner di sekitar perkampusan, sobat bisa menjual kuliner yang terjangkau oleh kantong mahasiswa, dan untuk tempat sobat harus membuat se nyaman mungkin untuk kalangan mahasiswa seperti tempat nongkrong yang berkonsep cafe.

Dengan pasar yang ter target sobat tidak akan kesulitan untuk menjual produk kuliner yang sobat miliki.

2. Pilih lokasi strategis

Sebelum usaha sobat dimulai untuk menetapkan lokasi adalah hal terpenting. Untuk membuka usaha kuliner sobat bisa memilih lokasi yang ramai, seperti pinggir jalan, dekat kampus, dekat perkantoran, dekat pusat pembelanjaan, dll. Sobat juga bisa bergabung di sentra-sentra pedagang kuliner lainnya seperti food court atau pusat pedagang lainnya yang dekat dengan lokasi sobat tinggal.

3. Selalu berinovasi

Dengan semakin banyaknya pemain baru yang membuka usaha di dunia bisnis kuliner, itu menandakan bahwa persaingan semakin ketat. Hal itu sobat harus bisa menyiasati nya dengan lebih berinovasi. Inovasi meliputi: rasa, tampilan, kreasi, packing, dll.

Dalam berinovasi sobat juga harus sesuai dengan target pasar nya.

Sebagai contoh:

Jika sobat menjual kuliner buat anak sekolah dasar (sd) atau target pasar nya anak sekolah dasar (sd) makan sobat harus membuat kuliner dengan tampilan menarik bagi anak sekolah dasar (sd). Dengan sobat sering berinovasi pada kuliner sobat itu akan membuat konsumen sobat tidak cepat bosan untuk mengonsumsi kuliner yang sobat jual. Selalu manja kan konsumen sobat dengan inovasi-inovasi baru.

Baca juga : Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue Usaha Masa Depan

4. Pilih supplier dengan tepat

Jika sobat tau sebenarnya bahan yang digunakan untuk membuat makanan kuliner sangat berpengaruh pada hasil akhir seperti rasa, tekstur, bentuk, dll. Jadi pemilihan bahan dasar adalah sangatlah penting. Sobat harus bisa memilih supplier bahan dasar yang bisa bertanggung jawab untuk itu. Dengan adanya bantuan supplier yang bagus kualitas bahan dasar sobat akan terjamin. Sobat juga harus berhati-hati dalam memilih supplier, pilihlah supplier yang bisa konsisten dalam menjaga kualitas bahan dasar.

5. Kalkulasi harga bahan

Sebenarnya bahan dasar pembuatan kuliner sangatlah banyak jenisnya. Sobat harus jeli melihat harga pasar, dengan mengetahui harga bahan dasar sobat bisa menghitung untuk mengkalkulasi berapa sobat akan menetapkan harga jualnya. Untung menghitung kalkulasi ini sobat harus melakukannya dengan teliti supaya ke depannya tidak mengalami kerugian.

6. Keahlian dan pengetahuan

Jika sobat mau menekuni bisnis kuliner, setidaknya sobat harus mengetahui atau mempunyai keahlian atau pengetahuan sedikit tentang kuliner. Sehingga sobat bisa mudah untuk memunculkan ide-ide atau gagasan baru serta inovasi baru. Hal itu membuat makanan yang sobat sajikan berbeda dengan yang lainnya. Walaupun sobat menggunakan chef atau juru masak alangkah baiknya sobat mengetahui lebih banyak mengenai bidang yang mau sobat jalankan.

7. Jaga reputasi

Sebuah usaha yang bisa bertahan dalam jangka panjang adalah yang mampu menjaga reputasi di mata konsumen ya. Sedikit saja sobat melakukan kesalahan atau mengecewakan pelanggan akan berakibat fatal pada reputasi bisnis yang sobat jalankan.

Sebagai contoh:

Masalah kebersihan, sobat harus menjaga kebersihan tempat maupun kebersihan produk yang sobat hidangkan. Masalah rasa juga tidak kalah penting yang perlu sobat perhatikan.

8. Manfaatkan internet

Dengan berkembangnya pengguna internet yang semakin meluas dan terus semakin bertambah pada saat sekarang ini merupakan kabar baik buat sobat yang sedang menjalankan bisnis usaha dibidang kuliner. Sobat bisa memanfaatkan internet untuk menarik banyak pengunjung untuk lebih mengenal usaha yang sobat sedang jalankan.

Dengan memanfaatkan media medsos seperti facebook, instagram, tuwitter, dlll soboat bisa mempromosikan usaha yang sedang sobat dengan gratis maupun dengan yang berbayar. Hali ini akan membantu sobat usahanya cepat dikenal oleh masyarakat.

Baca juga : Peluang Usaha Bisnis Makanan Ringan Modal Kecil Paling Laku

9. Sabar di awal usaha

Sebenarnya usaha dibidang kuliner sedikit lebih banyak membutuhkan waktu untuk mengenalkan produk kepada konsumen apalagi, apalagi usaha yang baru saja dirintis. Jadi sobat jangan heran jika awal-awal membuka usaha memiliki pengunjung yang sedikit bahkan bisa tidak kedatangan pengunjung.

Tetapi jika kuliner sobat memiliki citra rasa yang enak maka akan sangat mudah tersiar kabar kepada konsumen lain, bahwa kuliner sobat wajib dicoba dan di kunjungi. Tanpa disadari konsumen itulah yang menjadi media promosi gratisan sobat.

Kesimpulan ya dalam hal kesabaran sangat dibutuhkan jika sobat ingin membuka usaha bisnis dibidang kuliner, apalagi bagi sobat yang baru pemula yang sering buru-buru dalam mengambil keputusan.

Itulah 9 cara dan tips jika sobat yang masih pemula mau membuka bisnis usaha kuliner. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sobat-sobat semuanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.