Widget HTML #1

Jenis Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Menguntungkan

Usaha Ternak Modal 300 Ribu
Usaha Ternak Modal 300 Ribu

Usaha ternak modal 300 ribu. Usaha apa saja sih yang bisa membuat kita mendapatkan penghasilan lebih hanya dengan modal ratusan ribu saja sudah mendapatkan keuntungan yang menjanjikan? Nah, berikut ini simak ulasannya ya.

Bagi Anda yang ingin merintis sebuah usaha tetapi hanya memiliki modal minim dengan budget yang dimiliki hanya ratusan ribu, maka Anda tidak perlu khawatir lagi karena dengan modal 300 ribu saja Anda sudah bisa membuka usaha sendiri.

Ide usaha ini akan sangat cocok dan mudah untuk di jalankan sendiri tanpa memerlukan karyawan untuk membantu pekerjaan anda. Namun jika usaha ini sukses mungkin Anda bisa merekrut karyawan untuk mulai membantu menjalankan usaha anda.

akan tetapi terkadang jika Anda ingin membuka suatu usaha baru yang akan Anda jalankan terhalang oleh modal dan lahan, tidak perlu bingung berikut ini ada beberapa ulasan dan inspirasi yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi usaha yang akan Anda jalankan. Berikut ulasan nya.

Baca juga: Jenis Bunga Mawar

Jenis Usaha Ternak Modal 300 Ribu

Untuk membuka bisnis di bidang peternakan mungkin terbilang cukup banyak untuk mengeluarkan modal yang cukup tinggi.

Di sisi lain modal untuk kandang, bibit dan juga perawatan nya yang mahal, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir dengan itu karena ada bisnis yang bisa Anda jalankan hanya dengan modal 300 ribu sudah bisa Anda rintis.

Berikut ini ada beberapa bisnis yang bisa Anda jalankan hanya dengan modal ratusan ribu saja:

1. Usaha Ternak Ikan Lele

Usaha Ternak Modal 300 Ribu
Usaha Ternak Ikan Lele

Jenis usaha ternak modal 300 ribu yang bisa Anda jalankan yakni ternak ikan lele. Ide bisnis satu ini bisa Anda jalankan di rumah dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di rumah.

Cukup dengan menggali tanah kemudian Anda bisa melapisi lahan galian tanah tersebut dengan menggunakan terpal saja. Untuk harga per meter terpal berkisar 15.000 ribu.

Namun jika Anda tidak bisa menggali kolam Anda bisa menggunakan bahan terpal saja dan untuk penopang nya agar terpal kokoh Anda bisa menggunakan kayu untuk dijadikan sebagai penadahnya.

Selanjutnya jika Anda sudah menyiapkan lahan nya maka langkah berikutnya yakni membeli bibit ekor ikan lele. Untuk harga bibit ikan lele yang berukuran 15 – 20 cm per ekornya berkisar di harga Rp 1000.

Dan tidak lupa menyiapkan pakan untuk ikan lele, untuk harga per kilo pakan ikan lele beraneka ragam di harga Rp 8000 sampai dengan Rp 15.000. jika Anda membeli per karung pakan ikan lele maka harga yang ditawarkan akan lebih murah.

2. Usaha ternak jangkrik

Usaha Ternak Modal 300 Ribu
Usaha Ternak Jangkrik

Saat ini sudah banyak dari sebagian orang yang mempunyai hobi masing-masing seperti memelihara burung dan ikan.

Salah satu inspirasi usaha yang bisa Anda jalankan yakni budidaya ternak jangkrik. Usaha ini memiliki prospek yang sangat menguntungkan dengan banyaknya permintaan jangkrik ini untuk dijadikan sebagai pakan peliharaan.

Salah satu jenis usaha ternak yang terbilang cukup terjangkau yaitu ternak jangkrik, modal yang disiapkan hanya ratusan ribu saja. Adapun estimasi untuk membuka ternak jangkrik yakni sebagai berikut:

  • Bibit telut jangkrik yang harus Anda siapkan yakni Rp. 20.000 untuk perkilonya.
  • Tempat untuk membesarkan bibit telur jangkrik seharga Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 100.000.
  • Pakan jangkrik yang harus Anda siapkan mudah saja, Anda bisa memanen nya di pekarangan dekat rumah seperti daun pisang yang sudah kering. Sangat ekonomis sekali untuk memberi pakan jangkrik.

3. Usaha Ternak Burung Puyuh

Usaha Ternak Modal 300 Ribu
Usaha Ternak Burung Puyuh

Usaha lain yang akan dibahas berikutnya yakni ternak burung puyuh, banyak yang bisa Anda raih dengan membuka usaha ternak burung puyuh ini.

Telur dan daging burung puyuh yang memiliki citarasa yang enak untuk di konsumsi membuat banyak orang yang mulai mengkonsumsi burung puyuh ini

Banyak kalangan restoran mewah hingga warung-warung makan kecil yang mulai menyajikan berbagai jenis olahan burung puyuh, maka prospek yang dijanjikan jika Anda membuka peluang usaha ini sangat menguntungkan.

Untuk modal yang harus disiapkan membeli bibit burung puyuh ini terbilang cukup terjangkau, Anda bisa membeli bibit burung puyuh ini berkisar Rp 8.000 untuk per ekor.

Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan kandang dengan biaya estimasi berkisar Rp 150 ribu sampai dengan Rp 200 ribu. Pakan untuk burung puyuh terjangkau yakni Rp. 10 ribu perkilonya.

Salah satu usaha ternak burung puyuh ini sangat menjanjikan yang bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dari perkiraan anda. Modal hanya Rp 300 ribu Anda sudah bisa memiliki usaha sendiri.

4.Usaha Ternak Ikan Hias

Usaha Ternak Modal 300 Ribu
Usaha Ternak Ikan Hias

Jenis usaha yang bisa Anda geluti selanjutnya yaitu ternak ikan hias, untuk membuka ternak ikan hias Anda bisa memulainya dari jumlah minim. Untuk harga bibit ikan hias ini bisa Anda dapatkan mulai dari harga Rp. 2 ribu sampai dengan Rp. 20 ribu.

Bisnis ini bisa Anda jalankan dengan modal Rp. 300 ribu, Anda bisa memulai bisnis ini sedikit demi sedikit. Jika Anda sudah menemukan bibit ikan hias dengan harga yang terjangkau maka langkah selanjutnya Anda bisa menyiapkan aquarium.

Untuk harga aquarium yang Anda butuhkan dengan estimasi harga Rp. 200 ribu. Pakan untuk ikan hias bisa Anda beli dari harga Rp. 5 ribu sampai dengan Rp. 10 ribu. 

Baca juga: Alasan Resign Kerja yang Masuk Akal

5.Usaha Ternak Semut Kroto

Usaha Ternak Modal 300 Ribu
Usaha Ternak Semut Kroto

Saat ini mungkin masih jarang sekali ditemukan yang menjual semut kroto. Untuk membuka usaha ternak kroto Anda bisa membuka modal dengan budget Rp. 300 ribu. Jika Anda menjalankan usaha ini maka keuntungan yang akan Anda dapatkan sangat menjanjikan.

Prospek harga jual kroto untuk per kilo nya mencapai Rp 250 ribu, untuk estimasi modak yang dibutuhkan ternak kroto yakni sebagai berikut:

  • Bibit kroto Anda bisa membelinya per toples dihargai Rp 25 ribu sampai dengan Rp 30 ribu.
  • Rak kayu untuk tempat bibi harga dari Rp 100 ribu sampai dengan Rp 200 ribu.
  • Toples sarang kisaran harga Rp 2 ribu sampai Rp 3 ribu.
  • Untuk pakannya yakni berupa jangkrik , ulat, cacing dihargai Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu.

6.Usaha Ternak Kelinci

Saat ini sudah banyak sekali beberapa tempat resto dan warung-warung yang menjajakan makanan olahan dari daging kelinci. Rasanya yang lezat banyak orang yang mulai menyukai olahan daging kelinci.

Usaha ternak kelinci ini bisa Anda jalankan dengan modal Rp. 300 ribu. Dengan modal tersebut Anda bisa membuka usaha jual beli kelinci dengan menjajakan nya ke tempat-tempat yang menyajikan olahan daging kelinci ini.

Jika Anda sudah mulai memiliki modal yang cukup dengan cara jual beli tadi maka Anda bisa mulai membuka usaha ternak kelinci. Untuk harga per pasang kelinci ini di harga Rp. 100 ribu sampai dengan Rp 200. Untuk pakan nya Anda hanya perlu mencari rumput atau sayuran seperti wortel, kangkung dan yang lainnya.

Beberapa jenis usaha diatas tentunya Anda perlu mengetahui beberapa tips untuk bisa memulai dan mengelola jenis usaha apa dan bagaimana cara menjalankannya. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui.

Tips untuk Memulai Usaha Ternak

Sesuai dengan apa yang sedang kita bahas yakni membuka usaha dengan modal Rp 300 ribu ini tentunya Anda perlu beberapa tips agar bisa mengelola modal minim ini tidak mengeluarkan lagi dana dan mengakibatkan pembengkakan. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda simak:

1. Cara Memilih Bibit yang Unggul

Jika Anda ingin sukses dalam menjalankan usaha yang akan Anda geluti, tentunya Anda juga harus jeli dalam memilih beberapa bibit unggul. Pastikan jika Anda sudah benar-benar menemukan penjual yang ramai untuk membeli bibit di tempat yang sudah banyak pelanggan nya.

Karena biasanya toko yang sudah banyak pelanggan nya tidak diragukan lagi itu memiliki kualitas bibit yang bagus. Dari segi bibit yang dijual unggul dan harga yang relatif murah.

2. Cara Pemeliharaan Kebersihan Tempat Ternak

Segala jenis usaha apapun untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda juga harus bekerja lebih ekstra dalam pemeliharaan tempat yang dijadikan sebagai wadah ternak usaha yang Anda jalankan.

Anda harus lebih sering melihat sanitasi untuk kandang ataupun kolam ternak usaha yang sedang Anda rintis selalu bersih. Perlu Anda pastikan jika kondisi tempat nya harus selalu bersih dan oksigen yang di perlukan ternak tersebut memadai.

Baca juga: Usaha Cleaning Service Panggilan

3. Memantau Pakan dan Asupan Vitamin Pada Hewan Ternak

Untuk mempunyai ternak hewan yang sehat dan berkualitas maka Anda juga harus memperhatikan asupan makanan dan vitamin yang dibutuhkan. Anda juga harus memperhatikan pakan secara teratur dan jumlah porsi yang dibutuhkan cukup. Berikan vitamin untuk ternak Anda sesuai dosis nya.

Jika cuaca saat ini memasuki musim kemarau maka Anda harus memperhatikan asupan pakan ternak agar tidak terkontaminasi bahan-bahan berbahaya dan kebersihannya selalu terjaga.

Jika musim kemarau biasanya kualitas pada pakan ternak akan mengalami penurunan kualitas sehingga Anda harus lebih memperhatikan asupan pada pakan ternak.

4. Mengetahui Waktu Memanen yang Tepat

tidak semua usaha yang baru Anda jalankan akan berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Namun Anda juga tentunya harus belajar kepada orang yang sudah berpengalaman dalam menjalankan usaha ternak ini.

Jika Anda gagal dalam menangani kesalahan pada prosedur nya maka akan mengakibatkan kematian dan juga bisa membuat hewan ternak yang Anda jalankan mengalami stres.

Demikian penjelasan bagaimana cara untuk membuka usaha ternak dengan modal Rp. 300 ribu bisa Anda jalankan. Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar jika ingin memiliki sebuah usaha. Tetap semangat dan selalu berusaha.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Recommended By The Author

Ide Bisnis Peluang Usaha Jajanan Sehat Moderen yang Sangat Laris

Proses Detoks Tubuh Secara Alami Saat Puasa Selama 30 Hari

Model Gerobak Jus Buah Minimalis Versi Terbaru

Peluang Usaha Konveksi dan Cara Memulai Usahanya

Peluang Bisnis Ikan Hias, Modal Kecil Omset Besar dan Menguntungkan