Contoh Peluang Usaha Kuliner Home Industri Modal Kecil

mastagul.com - Contoh Peluang Usaha Kuliner Home Industri Modal Kecil. Untuk Memulai bisnis usaha kuliner dengan cara menjalankan usaha rumahan ataupun home industri bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mempunyai penghasilan tambahan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Home industri ini biasanya menggunakan beberapa peralatan yang sudah tersedia di rumah anda, oleh sebab itu Anda juga bisa segera mungkin untuk memulai usaha ini.

7 Contoh Peluang Usaha Kuliner Home Industri Modal Kecil

Pilihan ide usaha home industri

Ada begitu banyak pilihan usaha jenis kuliner untuk model home industri, akan tetapi Anda juga bisa mulai dengan cara memproduksi jenis makanan ringan tradisional yang dapat bertahan lama. Ini ada beberapa ide usaha kuliner untuk bisa anda geluti diantaranya yaitu:

Keripik Singkong

Dari kios-kios yang masih kecil sampai kepada pusat perbelanjaan besar, makanan ringan yang satu ini juga bisa dengan mudah Anda temui. Sebab untk membuat keripik singkong merupakan ide usaha kuliner home industri yang mungkin saat ini layak Anda coba. Bahan untuk cara pembuatannya pembuatan keripik singkong ini pun lebih cenderung mudah didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau.
Baca juga
Bisnis Kuliner yang Lagi Trend dan Booming di Tahun Ini
Dengan harga singkong per kilo nya yang tidak lebih dari Rp10.000, Anda juga sudah dapat menghasilkan hingga 30 sampai dengan 40 bungkus keripik singkong yang berukuran sedang. Bumbu dari keripik singkong pun tergolong sangat sederhana. Cukup diolah dengan menggunakan garam dan bawang putih, keripik singkong sudah bisa memiliki rasa yang enak dan juga gurih. Anda juga bisa memulai produksi rumahan bisnis keripik singkong dengan bermodalkan paling sedikit Rp100.000.

Makaroni Pedas

Hampir semua orang Indonesia yang suka dengan makanan yang pedas, maka tidak heran makanan ringan yang satu ini sangat populer. Bahan utama dari makaroni pedas yaitu makaroni mentah yang banyak dijual secara kiloan di pasar dan juga bumbu bubuk pedasnya.

Cara membuatnya pun sangatlah mudah, Anda hanya tinggal menggoreng makaroni lalu kemudia taburkan bumbu pedas secara merata. Setelah muali dingin, makaroni pedas kemudian dibungkus di dalam plastik. Jika ingin membuat dengan level pedas dan berbeda, maka Anda hanya menyesuaikan banyaknya penggunaan bumbu pedas pada setiap makaroni tersebut.

Abon Lele

Kalau Anda lebih sering mendengar kata olahan abon sapi ataupun abon tuna, kini Anda sudah dapat mulai mencoba untuk dapat mengolah lele yang kemudian dijadikan abon. Cara membuat abon lele ini sebenarnya sama dengan caranya membuat olahan abon yang lainnya, Anda hanya perlu membersihkan lele terlebih dahulu kemudian digoreng hingga mengering. Setelah itu tumbuk daging lele hingga menjadi halus. Jangan lupa untuk merendam lele dengan garam, jeruk nipis, serta bumbu pedas sebelum anda mengolahnya untuk membuat daging ikan lele terasa lebih gurih.

Sale Pisang

Sale pisang memang lebih cocok jika diproduksi secara home industri karena proses pembuatannya mudah dan juga memiliki banyak peminat. Ditambah lagi Anda tidak perlu bingung lagi mencari bahan untuk pembuatan sale pisang ini karena sudah bisa menggunakan hampir semua jenis macam pisang. Sale pisang yang cocok menjadi teman untuk minum the atau kopi ini juga bisa bertahan sampai lama jika disimpan dengan cara yang baik.
Baca juga
Peluang Usaha Gorengan dan Cara Memulai Usahanya

Peyek Kacang

Peyek kacang merupakan jajanan khas dari Indonesia. Camilan renyah dengan bertaburan kacang ini seringkali banyak disajikan sebagai pendamping soto, rawon, ataupun nasi pecel. Bahkan bisa disajikan tanpa menu yang lainnya, peyek kacang tetap bisa untuk dinikmati.

Bahan yang digunakan untuk bisa membuat peyek kacang yaitu:
  • santan,
  • kuning telur,
  • tepung beras,
  • daun jeruk dan
  • kacang.

Sementara untuk bumbu rempah seperti:
  • bawang putih,
  • kemiri dan
  • bawang merah 

bahan-bahan diatasa akan memperkaya cita rasa dari peyek kacang. Mudah untuk dibuat peyek kacang merupakan camilan yang bisa Anda buat secara home industri.

Jamur Crispy

Untuk Olahan jamur crispy juga sudah banyak ditemukan dan dibuat oleh setiap home industri. Cita rasa dari jamur crispy yang diolah kering ini lebih mirip seperti kerupuk cocok dan menjadi menu pendamping makanan utama Anda. Bahan yang diperlukan untuk bisa membuatnya pun tidak sulit, yang anda butuhkan hanya:
  • tepung terigu, 
  • tepung tapioka, 
  • tepung beras, 
  • bawang putih, 
  • garam dan kemiri.

Keripik Pisang

Pilihlah pisang yang teksturnya tidak terlalu lembut untuk dijadikan bahan pembuatan keripik pisang. Iris tipis pisang yang sudah dipilih tadi, kemudian rendam dengan menggunakan garam, lalu gorenglah dengan minyak yang panas. Keripik pisang merupakan camilan yang disukai hamper oleh semua masyarakat. Modal untuk pembuatannya pun tergolong sangat murah.
Baca juga
Peluang Usaha Kuliner dan Cara Memulainya

Home Industri Daur Ulang Sampah

Siapa bilang jika sampah tidak bisa menjadi sebuah peluang usaha, Sampah yanga masih bisa diolah kembali menjadi barang yang sekiranya masih mampu untuk dipergunakan lagi. Diawali dengan cara memilah sampah, hal ini juga perlu untuk dilakukan, lebih mempermudah dalam pengolahan ataupun daur ulangnya

Dan Modal utamanya tentu hanya dibekali dengan kreatifitas serta daya imajinasi yang dimiliki setiap masing-masing individu. Dengan berbagai macam jenis sampah, maka anda akan semakin banyak melihat peluang yang ada.

Seperti Vas bunga dari botol bekas maupun bunga dari bahan plastic daur ulang sekiranya akan mampu menarik minat setiap konsumen. Karena untuk bagaimanapun, olahan dalam kerajinan tangan akan bisa memberikan daya tarik tersendiri terhadap masyarakat jika dibandingkan dengan produk pabrik yang sudah sering mereka banyak ketahui.

Bahkan sampai Bohlam lampu bekas kini juga dapat diubah menjadi pot bunga yang bisa mewarnai rumah setiap calon pembeli anda. Bukanlah hal yang sangat mudah memang, akan tetapi kreatifitas akan sangat membantu untuk peluang usaha anda.

Mengolah Kain Perca

Untuk Memulai usaha Home Industri dengan cara mengolah kain perca menjadi sebuah kreatifitas yang bisa dimanfaatkan lagi sepertinya dapat menjadikan bahan pertimbangan anda. Sedangkan berbagai macam kreatifitas yang dapat dilakukan yaitu dengan kain perca sungguh banyak sekali ragamnya.

Contohnya saja dengan cara mengubah kain perca menjadi tas untuk anak-anak, sarung bantal, hingga celemek memasak, sprei, dan juga masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Hal ini juga akan sangat dipengaruhi oleh berbagai macam daya imajinasi anda untuk bisa mengolah kain perca menjadi bahan produk yang memiliki nilai jual yang menguntungkan. Anda juga akan mampu mengolah kain perca dengan harga yang masih dapat bersaing.

Home Industri Makanan Khas

Mambuka usaha Makanan khas nampaknya masih bisa memikat peluang anda dalam memulai bisnis usaha. Dengan cara tempat tinggal anda yang sekiranya dapat diolah melalui daya tarik khas untuk sekitarnya, maka makanan merupkan hal termudah yang pastinya banyak dicari oleh setiap pengunjung sebuah kota-kota tertentu.

Contohnya saja jenis makanan khas yang berama Brem khas ini dari kota Madiun, Pecel khas kota dari Kediri, atau sampai kepada olahan apel khas kota Malang.
Baca juga
Peluang Usaha Souvenir dan Cara Memulai Usahanya

Usaha Home Industri Mudah

Bisnis Flanel

Bros Flanel Bisnis dengan cara memanfaatkan kain perca ini ternyata sangat menjanjikan lho. Anda juga bisa membut apa saja dari usaha bisnis ini.

Bisnis Handmade

Tempat Toko kerajinan tangan selalu saja ramai. Karena banyak yang penasaran dan saya dekati toko tersebut, kemudia yang ada di dekat tempat tinggal saya di daerah dekat rumah. Dan ternyata kerajinan tangannya memang sangatlah unik-unik. Sangat Cocok untuk dijadikan hiasan ataupun kado untuk orang-orang tersayang yang ada didekat anda.

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Contoh Peluang Usaha Kuliner Home Industri Modal Kecil"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel