6 Jenis Software ini Wajib Dikuasai oleh Pekerja Kantoran

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

mastagul.com | 6 Jenis Software ini Wajib Dikuasai oleh Pekerja Kantoran - Bagi seorang pekerja kantoran menguasai berbagai software itu menjadi hal yang sangat penting. Dengan menguasai perangkat lunak ini diharapkan tugas para karyawan bisa dikerjakan dengan lebih cepat tanpa harus mengurangi kualitas dari hasil pekerjaanya.



Sebenarnya sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sobat sudah dikenalkan dengann sebagian besar software yang di pergunakan oleh pekerja kantoran.  Seperti mengerjakan tugas-tugas pada saat kuliah atau mengerjakan laporan organisasi sobat pasti pernah memakai software ini. Akan tetapi masih terkendala dalam skill yang masih belum mahir untuk memakai software ini dengan optimal.

Berikut adalah beberapa software yang wajib dikuasai saat sobat berkerja di perkantoran:


1. Microsoft Office

Microsoft Office
Untuk menjadi pekerja kantoran sobat minimal harus menguasai atau setidaknya memahami Microcoft Word. Dengan menggunakan Microcoft Word sobat bisa mengetik sebuah dokumen dengan menggunakan berbagai fungsi fitur yang disediakan seperti memilih Font, menyesuaikan paragraph sesuai keinginan, dan lain sebagainya. Yang tidak kalah penting selain Microcoft Word yaitu Microcoft Exel. Masih satu keluarga dengan Microcoft Word, akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda. Untuk berjaga-jaga alangkah baiknya jika sobat juga mempelajari  Microcoft Exel juga untuk antisipasi ketika di suruh mengolah data numerik. Dalam fungsinya Microcoft Exel membantu sobat dalam mengolah suatu perhitungan dan pembuatan sebuah table.

Selain Microcoft Word dan Microcoft Exel ada lagi dari keluarga Microcoft, yaitu Microcoft Power Point. Microsoft Power Point  bisa membantu sobat untuk mempesentasikan sebuah ide kepada atasan atau klien. Dengan menyampaian yang menarik dan jelas presentasi sobat akan lebih dihargai olh atasan .

2. PDF Reader

PDF Reader
Jika sobat masuk di dunia kerja mau tidak mau, cepat atau lambat sobat akan dihadapkan dengan berkas atau dokumen yang menggunakan bentuk Portable Document Format.  Dengan kata lain sobat harus belajar meng-install, meng-unduh dan yang tidak kalah penting sobat harus mempelajari bagaimana cara menggunakan software PDF Reader. Sobat juga perlu mengetahuai bagaimana cara Convert file ke bentuk PDF atau sebaliknya.

Pada zaman sekarang seorang pekerja kantor minimal bisa merubah dokumen dalam bentuk format PDF. Karena dengan menggunakan format PDF, file bisa bagikan kesemuanya orang lain dan bisa di akses oleh komputer dengan sistem apapun bisa membukanya, bahkan smartphone juga mampu m bacanya tanpa ada kerusakan.

3. Adobe Photoshop

dobe Photoshop
Dalam bekerja di sebuah kantor tidak hanya mengerjakan bentuk data seperti menulis atau menghitung. Ada kalanya sobat harus berurusan dengan desain gambar atau yang lainnya. Terkadang dalam pekerjaan di sebuah kantor seorang atasan menyuruh kita untuk sekedar meng'edite gambar untuk urusan publikasi atau semacam acara kantor lainnya. Walaupun atasan tidak pernah menyuruh pekerjaan yang berhubungan dengan meng'edite gambar, ternyata sobat sebenarnya juga membutuhkan skill ini untuk pekerjaan sobat seperti membuat presentasi atau curriculum vitae.

4. Penyimpanan Cloud Perangkat Lunak

Cloud Perangkat Lunak
Pekerjaan yang banyak tentunya memerlukan sebuah alat penyimpanan yang memadai. Tidak mungkin jika semua pekerjaan disimpan dalam komputer sendiri terkecuali sobat membeli Hard disk tambahan.

Dengan menggunakan penyimpanan cloud sobat akan lebih banyak menyimpan dokumen yang benar-benar penting. Supaya data yang di simpan dalam sistem cloud tetap aman sobat harus mengetahui bagaimana cara menyimpan dokumen di could dengan benar. Pilah antara dokumen yang harus di simpan di Hard disk internal dengan yang di simpan sistem cloud.

5. Aplikasi Mengobrol

Aplikasi Mengobrol
Untuk saat ini sudah hampir semua perangkat smartphone di dalamnya terinstal WhatsApp dan telegram. Dengan menggunakan WhatsApp dan telegram sobat bisa membuat grup sesama rekan kerja, atau atasan. Dalam grup sobat bersama rekan bisa saling mengobrol, tukar info adalah pekerjaan, bahkan izin untuk tidak masuk kerja

Akan tetapi ada juga perusahaan yang menggunakan  cara berbeda, mereka menjalin hubungan antar tim di perusahaan menggunakan aplikasi seperti skype, Google Talk, dan Hangouts. Alangkah baiknya jika sobat menuduh aplikasi diatas untuk memulai mengobrol bersama teman kerja.

6. Perangkat Lunak Manajemen Email

email
Email merupakan alat surat menyurat  elektronik yang umum digunakan dalam suatu perusahaan. Dari mengirim surat undangan rapat, dokumen, atau file-file penting lainnya. Jadi sudah bisa dipastikan jika setiap harinya akan mendapatkan banyak email masuk. Terlebih lagi jika memiliki lebih dari 1akun email pasti akan kerepotan.

Untuk mengoprasikan email ini membutuhkan Internet. Dengan terhubung dengan Internet perangkat lunak ini bisa berfungsi untuk membaca, membuka dan mengirim file.

Dengan memiliki kemampuan untuk mengoprasikan perangkat lunak diatas, sobat harusnya memiliki kepercayaan diri. Jika sobat diharuskan pindah kerja, sobat bisa gunakan keahlian sobat untuk mendapat nilai lebih ini.

Terimakasih.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "6 Jenis Software ini Wajib Dikuasai oleh Pekerja Kantoran"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel