Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung Versi KBBI, Kamus, Wikipedia dan Para Ahli

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

mastagul.com | Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung Versi KBBI, Kamus, Wikipedia dan Para Ahli - Dengan datangnya Bulan Suci Ramadhan pastinya tidak asing lagi dengan tradisi mudik atau pulang kampung, yang sudah dijalankan turun- temurun. Namun berbeda dengan di tahun 2020. Dengan adanya paraturan pemerintah yang tidak memperbolehkan warga yang berada diluar kota untuk tidak melakukan tradisi mudik atau pulang kampung untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan di tahun 2020 ini. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penyebaran wabah covid-19 yang sedang terjadi di Negara kita. Akan tetapi hal itu menyababakan pro dan kontra terkait dengan pengertian mudik dan pulang kampung. Terkait dengan pengertian mudik dan pulang kampung menurut KBBI, Kamus Wikipedia dan para ahli mempunyai arti yang berbeda.

Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung

Dari kebanyakan orang  masih belum paham mengartikan kata mudik dan pulang kampung secara spesifik. Mereka hanya tau ini adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke kekampung atau tempat lainya yang mereka inginkan. Tujuanya juga berbeda-beda, ada yang ingin berkunjung ketempat keluarga, memanjakan diri bersama keluarga ketempat rekreasi, dan lain sebagainya.

Jadi bagaimana menurut sobat? Sobat mau mudik atau pulang kampung utuk mengisi libur panjang kali ini?

Jika sobat belum memahami arti dari mudik atau pulang kampung, sobat biasa simak penjelasan dari beberapa sumber yang akan memberikan ulasan definisi perbedaan dari keduanya.

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Jika sobat belum tau  KBBI adalah singkatan dari “Kamus Besar Bahasa Indonesia”. Menurut KBBI kata “Mudik” mempunyai arti “Berlayar”,”pergi”. Pengertian dari kata “Berlayar”, ”Pergi” adalah kata kerja  sebuah percakapan yang merujuk pulang ke kampung halaman.

KBBI mencontohkan:
Mudik : seseorang bias dikatakan “mudik” apabila melakukan perjalanan menuju ke kampung halaman seminggu sebelum  hari Raya tiba.
Pulang Kampung: Sedangkan untuk “pulang kampung” , orang tersebut bisa dikatakan pulang kampung apabila dia pulang menuju kampung halaman karena sudah tidak lagi bekerja di kota.

2. Menurut Kamus Wikipedia
Menurut kamus Wikipedia kata “Mudik” memiliki arti yang  simple yaitu seorang perantauan, kegiatan tahunan pekerja migran yang kembali menuju kampung halaman masing-masing. Sedangkan untuk kata “Pulang Kampung” Kamus Wikipedia mengartikanya dengan pekerja migran yang melakukan kegiatan kembali ke desa atau kampung halamanya.

Jika sobat lihat sekilas dari pnjelasan di atas hampir terlihat sama. Bias kita lihat contonya untuk membedakan dari kedua rti kata diatas.

Wikipedia mencontohkanya :
Mudik : menurut Wikipedia seseorang bisa dikatakan “mudik” apabila melakukan perjalanan menuju kampung halaman yang dilakukan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.
Pulang Kampung :  menurut Wikipedia Pulang Kampung adalah melakukan perjalanan menuju kampung halaman.

Secara spesifik perbedaan Mudik dan Pulang Kampung menurut kamus Wikipedia  adalah waktu pelaksanaanya saja.

3. Presiden RI
Tenyata Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo juga pernah berkomentar tentang arti Mudik dan Pulang kampung. Pada waktu itu  Dalam acara televise yang dibawakan oleh Najwa Sihab di Mata Najwa. Dalam komentarnya itu Bapak joko Widodo mengatakan mudik dilakukan mendekati Hari Raya sedangkan pulang kampung dilakaukan jauh-jauh hari sebelum menjelang Hari Raya

Bapak Joko Widodo juka Sempat mengatakan ‘Kalau bukan mudik, namanya pulang kampung’. Mengenai pekerjaan, Jika sudah tidak ada pekerjaan, banyak orang yang kembali atau pulang ke kampung halaman karena anak, istri, dan keluarganya ada di kampung , imbunya.

4. Peneliti Komunikasi
Seorang tokoh penting seperti Prof. Effendi Gazali, MPS ID. Ph.D juga mengemukakan pendapatnya terkait mudik dan pulang kampun. Effendi sependapat dengan penjelasan KBBI, yang telah dimutakhirkan pada tahun 2019 di bulan oktober disitu dicebutkan tentang bedanya mudik dan pulangkampung.

5. Peneliti Program Vokasi Humas Universitas Indonesia
Dr.Devie Rahmawati juga mengemukakan pendapat tentang mudik dan pulang kampung. Siapakah Dr.Devie Rahmawati?. Beliau adalah seorang Peneliti Program Vokasi Humas di Universitas Indonesia. Menurut Dr.Devie Rahmawati mudik adalah tradisi para migran atau perantau yang akan kembali atau pulang ke kampung halaman masing-masing yang dilakukan setahun sekali. Biasanya mudik dilakukan seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Sedangkan pulang kampung bisa dilakukan berkali-kali dalam setahun.

6. Ahli Bahasa Universitas Indonesia
Prof. Dr Rahayu Surtiati Hidayat bisa disebut sebagai guru besar Linguistik di Unifersitas Indonesia di bidang Fakultas Ilmu Budaya. Prof. Dr Rahayu Surtiati Hidayat juga sependapat dengan Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo tentang menanggapi istilah yang berbeda arti. Dalam paparannya mengenai arti mudik dan pulang kampung merupakan dua kata yang memiliki arti yang berbeda.

Dalam KBBI perna kita lihat tulisan v cak. Arti dari tulisan cak tersebut adalah percakapan. Prof. Dr Rahayu Surtiati mengatakan Terkadang para pembaca masih kurang cermat. Pada dasanya mudik dan pulang kampung mempunyai arti yang berbeda, akan tetapi sering kali digunakan dalam bahasa percakapan.

7. Kepala Pusat Data dan Informasi  (BNPB)
Berbeda dengan Agus Wibowo seorang Kepala Pusat Data dan Informasi, beliau pernah berkomentar tentang  kegiatan mudik dan pulang kampung. Belau mengatakan Mudik adalah kegiatan yang dilakukan oleh migran pulang menuku kampung halaman untuk sementara waktu, jika waktunya sudah selesai maka akan kembali ke kota atau daerah domisili mereka masing-masing. Sedangkan pulang kampung diartikan kegiatan menuju kampung halaman atau desa tanpa harus kembali kekota. Bisa dibilang akan menetap di kampung halaman.

Itulah beberapa informasi yang bisa dibuat acuan untuk mebedakan antara kata “Mudik” dan “ Pulang Kampung”. Meskipun masih banyak yang pro dan kontra dari berbagai kalangan bukanlah suatu masalah. Yang terpenting untuk saat ini kita mengikuti peraturan yang dibuat oleh pemerinta untuk tidak Mudik, Pulang Kampung  atau melakukan perjalanan yang menjadi larangan pemerinta hingga pandemi Covid 19 penyebaranya bisa diatasi dengan baik.



Bisa saja mudik dan pulang kampung tetap dilakaukan, akan tetapi harus mengikuti peraturan yang sudah ada. Semoga permasalahan yang ditimbulkan oleh covid 19 ini bisa berakhir secepatnya, sehingga perbedaan pendapat mengenai mudik dan pulang kampung tidak ada lagi. Tetap dirumah saja.

Terimakasih.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung Versi KBBI, Kamus, Wikipedia dan Para Ahli"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel