Cara membersihkan Laptop yang Benar dan Aman (Lengkap semua bagian)

Kenapa laptop harus dibersihkan,,?
Menurut saya semua hal yang bersangkutan dengan elektronik akan riskan sekali jika kondisinya kotor, atau berdebu. Untuk laptop biasanya terdapat kotoran seperti debu yang bisa mengurangi rasa nyaman saat dipakai. Jika laptop kita bersih kita akan mau berlama-lama untuk bermain laptop.

Sebenarnya untuk membersihkan laptop itu tidak terlalu rumit, bisa dilakukan oleh siapa saja. Untuk alat yang digunakan juga tidak terlalu banyak, yang dibutuhkan hanya dua alat saja.
  1. Kain microfiber (kain yang tidak memiliki serat)
  2. Cairan pembersih (bisa minyak kayuputih, atau cairan pembersih laptop laiya)
mastagul.com

Walaupun hal membersihkan laptop itu bisa dilakukan oleh semua orang, namun caranya harus benar. Untuk membersihkan laptop membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Jika tejadi kesalahan sedikit saja mungkin akibatnya bisa fatal bagi laptop kesayangan anda. Perhatikan cara menyemprotkan cairan kelaptop jangan sampai mengenai komponen yang penting. Saya sarankan berhati-hatilah dalam mebersihkan laptop, jangan sampai hal sepele bisa manjadikan kerusakan pada laptop kesayangan anda.

Nah, bagi anda yang ingin membersihkan laptop disini saya akan memberikan tips aman membersihkan laptop. Hal yang sederhana tapi memiliki manfaat yang besar.

Point Penting sebelum Membersihkan Laptop
  • Jika anda ingin membersihkan laptop usahakan laptop sudah tidak terhubung dengan arus listrik, Shut Down terlebih dahulu sebelum dibersihksn. Cabut terlebih dahulu perangkat yang terhubung dengan laptop seperti : usb, charger, dll.
  • Gunakan penghisap debu atau pendorong debu supaya debu-debu yang menempel di sela-sela keyboard bisa bersih.
  • Pembersihan laptop lakukan secara teratur dan rutin, supaya laptop enak pada waktu digunakan.

1. Bersihkan Layar Laptop

Ketika kita membuka dan menyalakan laptop yang pertama kali dilihat adalah layar dan keyboadnya. Jika layar laptop yang akan digunakan kotor, itu menyebabkan tidak nyaman. Sebenarnya layar laptop adalah tempat yang sering kotor itu disebabkan karena layar merupakan tempat hinggapnya para debu. Apalagi laptop yang sekarang sudah didukung dengan layar sentuh, maka laptop jenis ini layarnya harus sering sering dibersikan.

Cara-cara membersihkan bagian layar laptop.
  • Untuk membersihkan laptop gunakanlah kain microfiber, jika tidak punya kain microfiber bisa gunakan kain yang lembut supaya tidak merusak layar laptop.
  • Untuk mengelap layar laptop gunakan gerakan yang searah, supaya hasilnya lebih maksimal.
  • Membersihkan layar laptop harus hati-hati supaya layar laptop tidak tergores.

2. Bersihkan Keyboard Laptop
Keyboard merupakan benda yang paling sering bersentuhan dengan tangan. Dibagian sela-sela keyboard biasanya sering terdapat benda benda kecil dan biasanya bisa mengganjal keyboard. Karena seringnya keyboard bersentuhan dengan tangan hal itu menyebabkan keyboard memiliki banyak kuman. Alangkah baiknya jika anda rutin

membersihkan keyboard beberapa hari sekali.
Ada beberapa hal yang bisa membuat keyboard menjadi kotor, tetapi yang pling umum adalah kotoran yang berjatuhan ketika sedang makan sambil main laptop, terkadang ketika smabil makan gorengan juga, minyaknya akan menempel ke keyboard. Baca juga : Mengatasi Laptop Panas dengan Mudah dan Cepat

Langhkah-langhkah untuk membersihkanya

  • Gunakanlah Vacum untuk menyedot kotoran yang berada disela-sela keyboard laptop
  • Jika diatas keyboard ada noda yang menempel, gunakan kain microfiber untuk mengelapnya, kain jangan dibasahi (takutnya airnya menetes ke keyboard)
  • Lakukanlah pepbersihan secara rutin

3. Bersihkan Mouse

Memang laptop walaupun tanpa mouse masih bisa digunakan, tentu kalian pasti tau jawabanya kan,,, walaupun tanpa mouse laptop bisa tetap digunakan, tetapi tidak jarang masih banyak yang menngunakan mouse. Saya sendiri masih tetap menggunakan laptop, karena sudah biasa kali ya,,,?

Emang mouse perlu dibersihkan,,?

Mouse juga perlu dibersihkan, terkadang mouse juga bisa terganjal oleh kotoran sehingga tidak bisa buat klik. Sama halnya dengan keyboard, mouse juga menjadi barang yang sering dipegang. Jadi tidak heran jika mous sering kotor.

Cara membersihkan mouse

  • Pembersihanya sama seperti pada pint 1,2,dan 3
  • Jika ada doda yang lenggket gunakan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih

4. Tips Tambahan
Jangan lupa bersihkan port-port pembuangan udara pada laptop karena saya yakin jarang sekali orang yang peduli terhadap port lubang udara. Anda bisa gunakan vacum unruk meyedot debu yang menempel pada port pembuangan udara. Jika port udarah sudah bersih udara yang akan masuk juga banyak. silahkan baca juga : 6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 7 64-Bit

Terimakasih semoga artikel bisa membantu buat Anda, jika artikel ini menurut anda bermanfaat silahkan bagikan (share)

Penulis by: Mas Tagul

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara membersihkan Laptop yang Benar dan Aman (Lengkap semua bagian)"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel