Widget HTML #1

6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 7 64-Bit

mastagul.com - 6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 7 64-Bit. Laptop adalah alat elektronik (perangkat komputer) yang saat ini hampir semua orang menggunakanya (cukup populer). Saat ini laptop tidak hanya untuk bekerja dalam artian bukan orang kantoran saja yang mempunyai laptop tetapi hampir semua kalangan masyarakat mempunyai Laptop.

Banyak orang terkadang mempunyai laptop hanya untuk sekedar menonton vidio, mendengarkan musik atau untuk menyimpan foto. Cepat tidaknya kinerja laptop yang digunakan itu dipengaruhi oleh spesifikasi laptop itu sendiri.

cara mempercepat kinerja laptop yang benar
cara mempercepat kinerja laptop yang benar

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips mudah bagaimana cara mempercepat kinerja laptop yang benar supaya laptop yang kita gunakan tidak lemot saat dipakai. Untuk saat ini banyak laptop yang sudah menggunkan Windows 10, bahkan sudah ada laptop yang menggunakan Windows 11.

Tetapi saat ini laptop yang saya pakai masih menggunakan Windows 7 64-Bit, Alasanya sangat sederhana selain masih bisa menginstall Software dan aplikasi lama, menggunakan laptop yang menggunakan windows lama menurut saya dapat membuat kinerja laptop yang saya gunakan memiliki perorma dan kinerja yang lebih baik. 

Yang saya rasakan ketika laptop yang saya gunakan menggunakan Windows 10, kinerja laptop agak terasa lebih berat saat digunakan (loding laptop membutuhkan waktu lebih lama). Masalah Software, saya juga kesulitan untuk mengistall aplikasi yang belum tentu suport. 

Yang menjadi alasan utama suka menggunakan laptop yang memakai Windows 7, karena sudah familiar dengan menu-menu bawan Windows 7. Ketika saya memakai laptop yang mengunakan Windows 7 kinerja laptop lodingnya jauh lebih cepat, itu berarti Windows 7 tidak membutuhkan laptop yang membutuhkan spek tinggi.

Sebenarnya ada banyak cara untuk memperingan kinerja laptop supaya enak untuk digunakan. Sekarang akan saya bagikan tips mudah (gampang) yang biasa saya lakukan. Sebenarnya laptop yang saya gunakan tergolong laptop jadul, specknyapun sedang. Tetapi kinerja laptop yang saya gunakan alhamdulillah selalu memberikan kinerja yang memuaskan saat diajak untuk berkerja.

Cara mempercepat kinerja laptop yang lemot

1. Menginstall Software (aplikasi) Seperlunya

Untuk software jenisnya sangat banyak sesuai dengan kegunaanya. Install atau gunakan software seperlunya saja terkadang ada lebih dari satu tetapi memiliki fungsi yang sama, gunakanlah salah satu jangan gunakan semuanya karena akan mempengaruhi kinerja laptop. Menggunakan software atau aplikasi yang menurut anda bisa digunakan, supaya kinerja RAM tidak terlalu terbebani.

2. Antivirus yang Ringan

Jenis-jenis antivirus sangat banyak kita bisa ambil contoh yang sering kita jumpai di komputer-komputer seperti Smadav, Avast, kaspersky, Norton, Avira, AVG,dan McAfee. Gunakanlah salah satu saja jangan banyak banyak menggunakan antivirus. Sekedar saran gunakanlah yang Pro, karena versi yang Pro akan lebih evektif untuk mendeteksi firus dibandingkan yang versi Free.

Baca Juga

3. Gunakan Walpaper Hitam

Ternyata menggunakan beckground yang berlebihan juga berpengaruh terhadap kinerja laptop. Apalagi jika slide foto dikaktifkan terlebih foto yang diaktifkan memiliki kapasitas ukuran yang besar. Itu berpengaruh terhadap laptop membuat lodingnya semakin lemot. Supaya kinerja laptop bisa lebih ringan anda pisa mengaktifkan tampilan ‘satu warna polos’ (solid colors ‘lebih baik gunakan warna hitam’).

4. Melakukan Defragmentation dengan Rutin

Belum banyak yang mengetahui teknik yang satu ini, karena menurut mereka menggunakan teknik ini tidak akan berpengaruh terhadap laptop mereka. Mungkin ada yang bertanya-tanya..! apa sih Defragmentation,,? Defragmentation adalah sebuah proses untuk mengatur (merapikan) file yang berada di Drive C atau Drive D supaya lebih terstruktur dan rapi. Alangkah baiknya melakukan Defrag sminggu sekali atau sebulan sekali itu bisa menyebabkan kinerja laptop lebih cepat.  Caranya dengan klik kanan pada Drive C atau D > kemudian klik pada bagian Properties >  klik Defragmen Now > Terus pilih Defragmen Disk. Tunggu hingga prosesnya berahir, untuk prosesnya sendiri agak lama.
Baca juga

5. Lakukan Refresh

Anda pasti sering melihat ketika orang menggunakan komputer mengklik kanan dibagian layar depan dan memilih Refres. Teryata menggunakan cara ini cukup efektif untuk mengatasi laptop yang lemot. Saya sendiri sering menggunakan cara seperti ini ketika laptop yang sedang saya gunakan terdapat loading. Biasanya saya langngsung minimize semua aplikasi yang saya buka, langsug klik kanan pada layar dan pilih Refresh.

6. Bersihkkan Riwayat

Untuk cara yang ini biasa saya lakukan ketika semua cara diatan sudah dilakkukan tetapi kinerja komputer yang sedang kita gunakan kinerjanya masih tetap lemot. Biasanya ketika kita mggunakan seringkali membuka banyak berkas dan aplikasi, terkadang juga menghapusnya. Nah disitulah muncul bekas riwayat atau sampah yang telah kita gunakan. Caranya cukup mudah ketik Ctrl+R pada keyboard >> lalu ketik %temp% >> hapus semua berkas yang ada di Temp. setelah berkas dihapus semua cari Aplikasi Recycle Bin >> klik kanan pada Recycle Bin >> Klik Pada Empty Recycle Bin >> klik OK.

Demikian beberapa tips aman untuk mempercepat kinerja sebual laptop Windows 7 64-Bit. Cara-cara diatas bisa dilakukan untuk sema jenis laptop seperti merek-merek seperti Asus, Acer, Axioo, Toshiba, Apple, Lenovo, Asus, Dell, Hp dll. Silahkan Baca juga : 5 Situs Download Software PC Full Version Terbaik Gratis. Terimakasih sudah berkunjung keblog mastagul.com semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Recommended By The Author

15 Situs Belajar Coding Programmer Online Dari Newbe Hingga Sampai Pro

6 Jenis Software ini Wajib Dikuasai oleh Pekerja Kantoran

Solusi Jitu Wifi tidak bisa Konek ke Laptop terbukti berhasil

Cara membersihkan Laptop yang Benar dan Aman (Lengkap semua bagian)

5 Situs Download Software PC Full Version Terbaik Gratis