6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 7 64-Bit

Laptop adalah alat elektronik (perangkat komputer) yang saat ini hampir semua orang menggunakanya (cukup populer). Saat ini laptop tidak hanya untuk bekerja dalam artian bukan orang kantoran saja yang mempunyai laptop tetapi hampir semua kalangan masyarakat mempunyainya. Orang terkadang mempunyai laptop untuk menonton vidio, mendengarkan musik atau untuk menyimpan foto. Cepat tidaknya kinerja laptop itu dipengaruhi oleh spesifikasi laptop itu sendiri.
mastagul.com

Pada kesempatan ini saya (penulis) akan berbagi tips mudah supaya kinerja laptop bisa lebih cepat. Untuk saat ini kebanyakan laptop sudah menggunkan Windows 10, bahkan sudah ada yang menggunakan Windows 11. Tetapi saat ini laptop saya masih menggunakan Windows 7 64-Bit, alesanya supaya masih bisa menginstall Software dan aplikasi lama.

Yang saya rasakan ketika memakai Windows 10 laptop agak terasa lebih berat (lodingnya membutuhkan waktu lebih lama). Masalah Software saya juga kesulitan untuk mengistall aplikasi yang belum tentu suport. Yang menjadi alasan utama suka menggunakan Windows 7, karena sudah familiar dengan menu-menu bawan Windows 7. Ketika saya memakai Windows 7 lodingnya lebih cepat, itu berarti Windows 7 tidak membutuhkan speck laptop tinggi.

Sebenarnya ada banyak cara untuk memperingan kinerja laptop supaya enak untuk digunakan. Sekarang akan saya bagikan tips mudah (gampang) yang biasa saya lakukan. Sebenarnya laptop saya tergolong laptop jadul, specknyapun sedang. Tetapi laptop saya alhamdulillah selalu lancar jika diajak untuk berkerja (menulis blog).

Cara mudah mempercepat kinerja laptop

1. Menginstall Software (aplikasi) Seperlunya

Untuk software jenisnya sangat banyak sesuai dengan kegunaanya. Install atau gunakan software seperlunya saja terkadang ada lebih dari satu tetapi memiliki fungsi yang sama, gunakanlah salah satu jangan gunakan semuanya karena akan mempengaruhi kinerja laptop. Menggunakan software atau aplikasi yang menurut anda bisa digunakan, supaya kinerja RAM tidak terlalu terbebani.

2. Antivirus yang Ringan

Jenis-jenis antivirus sangat banyak kita bisa ambil contoh yang sering kita jumpai di komputer-komputer seperti Smadav, Avast, kaspersky, Norton, Avira, AVG,dan McAfee. Gunakanlah salah satu saja jangan banyak banyak menggunakan antivirus. Sekedar saran gunakanlah yang Pro, karena versi yang Pro akan lebih evektif untuk mendeteksi firus dibandingkan yang versi Free.

Baca Juga : Pengertian Komputer dan Jenis-Jenisnya

3. Gunakan Walpaper Hitam

Ternyata menggunakan beckground yang berlebihan juga berpengaruh terhadap kinerja laptop. Apalagi jika slide foto dikaktifkan terlebih foto yang diaktifkan memiliki kapasitas ukuran yang besar. Itu berpengaruh terhadap laptop membuat lodingnya semakin lemot. Supaya kinerja laptop bisa lebih ringan anda pisa mengaktifkan tampilan ‘satu warna polos’ (solid colors ‘lebih baik gunakan warna hitam’).

4. Melakukan Defragmentation dengan Rutin

Belum banyak yang mengetahui teknik yang satu ini, karena menurut mereka menggunakan teknik ini tidak akan berpengaruh terhadap laptop mereka. Mungkin ada yang bertanya-tanya..! apa sih Defragmentation,,? Defragmentation adalah sebuah proses untuk mengatur (merapikan) file yang berada di Drive C atau Drive D supaya lebih terstruktur dan rapi. Alangkah baiknya melakukan Defrag sminggu sekali atau sebulan sekali itu bisa menyebabkan kinerja laptop lebih cepat.  Caranya dengan klik kanan pada Drive C atau D > kemudian klik pada bagian Properties >  klik Defragmen Now > Terus pilih Defragmen Disk. Tunggu hingga prosesnya berahir, untuk prosesnya sendiri agak lama. Silahkan baca juga : Laptop ASUS untuk Desain Grafis dan Multimedia

5. Lakukan Refresh

Anda pasti sering melihat ketika orang menggunakan komputer mengklik kanan dibagian layar depan dan memilih Refres. Teryata menggunakan cara ini cukup efektif untuk mengatasi laptop yang lemot. Saya sendiri sering menggunakan cara seperti ini ketika laptop yang sedang saya gunakan terdapat loading. Biasanya saya langngsung minimize semua aplikasi yang saya buka, langsug klik kanan pada layar dan pilih Refresh.

6. Bersihkkan Riwayat

Untuk cara yang ini biasa saya lakukan ketika semua cara diatan sudah dilakkukan tetapi kinerja komputer yang sedang kita gunakan kinerjanya masih tetap lemot. Biasanya ketika kita mggunakan seringkali membuka banyak berkas dan aplikasi, terkadang juga menghapusnya. Nah disitulah muncul bekas riwayat atau sampah yang telah kita gunakan. Caranya cukup mudah ketik Ctrl+R pada keyboard >> lalu ketik %temp% >> hapus semua berkas yang ada di Temp. setelah berkas dihapus semua cari Aplikasi Recycle Bin >> klik kanan pada Recycle Bin >> Klik Pada Empty Recycle Bin >> klik OK.

Demikian beberapa tips aman untuk mempercepat kinerja sebual laptop Windows 7 64-Bit. Cara-cara diatas bisa dilakukan untuk sema jenis laptop seperti merek-merek seperti Asus, Acer, Axioo, Toshiba, Apple, Lenovo, Asus, Dell, Hp dll. Silahkan Baca juga : Mengatasi Laptop Panas dengan Mudah dan Cepat. Terimakasih sudah berkunjung keblog mastagul.com semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Penulis by: Mas Tagul

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 7 64-Bit"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel