Widget HTML #1

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah
Contoh Surat Izin Sakit Sekolah

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah yang Baik dan Sopan. Surat izin sakit sering di gunakan oleh siswa sekolah untuk meberi informasi kepada guru bahwa siswa tidak bisa mengikuti pelajaran karena sakit.

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP di perlukan ketika anak Anda sudah menginjak sekolah dasar pertama yang mungkin alasan sakit tidak masuk sekolah.

Ketika anak Anda mengalami sakit hingga tidak bisa mengikuti pelajaran tentunya sebagai orang tua harus meminta izin sakit ke sekolah untuk memberikan pemberitahuan kepada guru.

Dengan adanya surat izin sakit tentunya guru akan mengetahui sehingga jika ada kegiatan belajar mengajar yang ketinggalan akan di jadwal ulang.

Fungsi surat izin sakit adalah menerangkan jika murid sedang mengalami sakit sehingga tidak bisa ikut pelajaran, bukan karena tidak mengikuti pelajaran karena ingin berlibur semata.

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP yang Baik

Sebenarnya banyak sekali contoh surat izin sakit sekolah SMP yang ada di internet tetapi isinya masih kurang sopan dan terdengar mengada-ada.

Ketika membuat surat izin sakit yang ingin di berikan ke guru sekolah alangkah baiknya jika menggunakan bahasa yang sopan dan santu.

Sehingga guru atau wali kelas dapat memahami isinya dengan jelas dan merasa di hormati oleh orang tua murid.

Format surat yang biasanya di gunakan untuk menulis surat harus ada keterangan nama pengirim, kelas siswa, kondisi penyakit yang di derita siswa, serta jumlah hari yang di butuhkan siswa untuk meminta izin.

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP 1

Bekasi, 27 Juni 2022

Kepada Yth.

Bapak/ Ibu Wali kelas VII 2

SMP 1 Bekasi.

Dengan Hormat,


Saya sebagai orang tua siswa:

Nama : Nurhalimah

Kelas : VII 2

Alamat: Jalan Imam Bonjol no 7 Denpasar

Memohon izin kepada Bapak/Ibu Guru untuk meminta waktu istirahat anak saya karena saat ini sedang sakit demam tinggi.

Atas Surat keterangan dokter yang terlampir, dokter menyarankan anak saya untuk beristirahat di rumah selama 3 hari. Terima kasih atas perhatian Bapak atau Ibu.


Hormat saya,

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP 2

Bekasi, 5 Januari 2022

Kepada Yth.

Bapak/ Ibu Wali kelas VII 2

SMP 1 Bekasi.

Dengan Hormat,

Bersamaan Surat ini saya selaku orang tua murid ingin meminta izin kepada Bapak/Ibu Guru bahwa Nurhalimah kelas VII 2 tidak masuk sekolah karena sakit demam sehingga saran dokter untuk istirahat di rumah.


Hormat saya,

Contoh Sekolah SMA dan SMK

Membuat surat izin sakit sekolah jika belum pernah membuatnya pastinya akan merasa sulit, karena bingung untuk memilih kata-kata yang akan di gunakan.

Surat izin sekolah biasanya di tulis ketika siswa tidak bisa masuk mengikuti pelajaran karena alasan sakit maupun keperluan pribadi.

Cara Menulis Surat Izin Sakit

Surat izin sakit biasanya di buat oleh orangtua murid atau oleh siswa yang bersangkutan, surat izin sakit termasuk kategori surat pribadi yang bersifat resmi.

Sehingga tulisan yang di gunakan untuk menulis surat izin sakit harus rapi dan sopan.

Berikut ini adalah contoh surat izin sakit sekolah yang biasanya di gunakan untuk meminta izin kepada guru. 

Contoh Surat Izin Sakit 1

Jakarta, 19 April 2022

Yth. Bapak/Ibu Guru

Di Sekolah


Dengan hormat,

Dengan ini saya beritahukan bahwa saya yang bernama Muhammad Rafly, kelas XII IPA B, tidak dapat melaksanakan kegiatan belajar seperti biasanya dikarenakan sakit. Mohon Bapak / Ibu guru dapat memaklumi nya.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Muhammad Rafly

Contoh Surat Izin Sakit 2

Jakarta, 19 April 2022

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru

Di tempat


Dengan hormat,

Bersama surat ini saya beritahukan bahwa:

Nama: Muhammad Rafly

Kelas: XII TKJ

Alamat: Jl. Resonan Said No. 33 Jakarta Selatan

Tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran sebagaimana biasanya dikarenakan sedang sakit. Mohon Bapak/Ibu Guru bisa memaklumi nya.

Atas pengertian dan perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,


Muhammad Rafly

Itulah berbapa contoh contoh surat izin sakit sekolah SMA dan SMK yang bisa di jadikan bahan referensi untuk menulis surat izin sakit.

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah Sd

Cara izin sakit ke guru lewat WA sering di lakukan oleh orang tua wali etika anaknya tidak bisa masuk karena sakit.

Sebelum ada WA oreng tua biasanya meminta izin sakit untuk anaknya menggunakan surat sakit dari orang tua yang di titipkan oleh teman sekelasnya untuk di serahkan ke guru wali kelas.

Surat sakit orang tua sering di terima guru wali kelas pada saat anaknya mengalami demam atau sakit lainnya.

Sekarang sudah banyak beredar template surat izin sakit untuk wa yang bisa di gunakan untuk meminta izin kepada guru karena anaknya tidak masuk kelas dikarenakan sakit lewat WA.

Cara Izin Sakit Ke Guru Lewat Wa Yang Sopan

Berikut hal-hal yang perlu di perhatikan ketika ingin membuat surat izin sakit lewat WA yang sopan.

1. Awali dengan Salam

Salam merupakan hal yang wajib ada di awal dan akhir Surat ketika ingin membuat Surat izin sakit sekolah.

2. Ucapkan Maaf

Setelah memberi salam hal yang perlu di lakukan adalah menulis ucapan permintaan maaf, sehingga surat izin akan berkesan sopan dan menunjukakan rasa hormat dan kerendahan diri.

3. Tuliskan Identitas Diri

Di dalam surat menyebutkan identitas merupakan hal yang wajib ada untuk memberikan keterangan dari mana surat izin itu di buat.

Jika surat izin di kirim melalui WA identitas merupakan yang hal yang paling penting, pasalnya nomer WA yang di simpan oleh guru belum tentu ada namanya.

4. Gunakan Bahasa Sopan

Gunakan bahasa yang sopan ketika ingin menulis surat izin sakit sekolah, hal ini untuk menghormati kepada guru kelas nya.

5. Tuliskan Alasan Kepada Tidak Bisa Masuk

Menulis surat izin sakit sekolah harus di beri alasan yang jelas, sehingga guru sekolah bisa memahami keadaan muridnya.

6. Ucapan Terima Kasih

Poin terakhir yang tidak boleh ketinggalan saat menulis surat izin sakit sekolah harus menyertakan ucapan terimakasih.

Cara Izin Sakit Sekolah Lewat Wa

Dalam keadaan tertentu terkadang untuk menulis surat izin sakit dengan menggunakan kertas tidak bisa dilakukan.

Sekarang sudah banyak yang menulis surat izin sakit lewat WA karena keadaan darurat.

Walaupun menulis surat izin sakit menggunakan WA sudah seharusnya dalam penulisannya juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun.

Sekarang sudah banyak sekolah yang gurunya membuat group WA oreng tua murid yang bertujuan bisa saing berkomunikasi antar guru dan orang tua murid.

Cara Izin Sakit Ke Guru Lewat Wa Simpel

Kelebihan izin sakit ke guru menggunakan WA simpel untuk di lakukan dan guru bisa langsung menghubungi wali murid dengan cara panggilan WA atau Video Call lewat WA.

Izin sakit ke guru lewat wa simple untuk di lakukan tanpa harus meninggalkan pekerjaan lainnya karena izin bisa dilakukan dengan menggunakan teks yang di kirim atau melalui panggilan WA.

Contoh Chat Izin Sakit Sekolah

Assalamualaikum

Selamat pagi Bapak/Ibu Guru....

Perkenalkan saya selaku orang tua dari (Nama anak) dari (Kelas). Mohon maaf untuk hari anak saya (Nama anak) dari (Kelas) tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dikarenakan sakit. Untuk itu, kami memohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas agar memberikan izin. Demikian yang dapat saya sampaikan.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Wa'alaikumussalam

Cara Izin Sakit Ke Guru Lewat Wa Bahasa Sunda

Wilujeng enjing Bapak/Ibu guru....

Nepangkeun abdi salaku indung bapa (nami budak) (kelas) Abdi hoyong ngawartosan yén ayeuna anak abdi teu tiasa ilubiung dina kagiatan diajar ngajar dina (poé/tanggal) alatan gering. Pikeun éta, urang nyuhunkeun idin ka wali kelas. Sakitu anu abdi tiasa nyarios.

Hatur nuhun kana perhatosanana.

Cara Izin Sakit Ke Guru Lewat Wa Bahasa Jawa

Sugeng enjing Bapak/Ibu guru....

Nepangaken kula minangka tiyang sepuhipun (asmanipun lare) (Kelas) Kula aturaken matur bilih sakmenika anak kula mboten saged melu kegiatan belajar mengajar wonten (dina/tanggal) amargi lara. Pramila sumangga wali kelas nyuwun idin. Mekaten ingkang saged kula aturaken.

Kawigatosanipun kula matur nuwun.

Cara Izin Sakit Ke Guru Lewat Wa Bahasa Inggris

Berikut contoh surat izin sakit sekolah yang sopan dengan bahasa inggris yang bisa menjadi bahan referensi.

Good morning sir/madam teacher....

Introduce me as the parent of (child's name) (Class) I would like to inform you that currently my child cannot participate in teaching and learning activities on (day/date) due to illness. For that, we ask the homeroom teacher to give permission. That is all that I can say.

For your attention, I thank you.

Cara Izin Ke Guru Lewat Wa Karena Ada Acara Keluarga

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Pagi, Ibu ...

Saya selaku orang tua dari... kelas ... mohon izin bahwa anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar pada hari .... karena harus menghadiri acara keluarga yang tidak dapat ditinggalkan. Untuk itu, saya memohon kepada Ibu ... agar memberikan izin. Demikian yang dapat saya sampaikan.

Atas perhatian Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Itulah beberapa Contoh Surat Izin Sakit Sekolah yang Baik dan Sopan yangsering di gunakan untuk meminta izin ke sekolah.