Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Komplain ke Lazada Barang Belum Sampai

Cara Komplain ke Lazada
Menunggu barang belum sampai ketika membeli produk di Lazada merupakan hal yang sangat membosankan dan bisa menimbulkan kekhawatiran.

Terlebih lagi barang yang di pesan di Lazada merupakan barang yang bernilai tinggi atau barang tersebut akan segera (buru-buru) untuk di gunakan.

Sekarang marketplace bisa di bilang merupakan solusi bagi orang-orang yang membutuhkan barang yang sulit di cari pada toko-toko offline.

Dengan memanfaatkan marketplace seperti Lazada sobat bisa membeli barang yang di inginkan hanya dengan duduk santai di rumah tanpa harus keluar rumah.

Jika yang terjadi barang yang sobat pesan belum sampai bisa melakukan komplain sehingga barang pesanan sobat bisa segera di follow-up oleh pihak Lazada atau toko nya sendiri.

Barang Jualan Online Yang Banyak Dicari dan Ramai Pembeli

Terus bagaimana cara komplain ke Lazada barang belum sampai sehingga sobat bisa mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Untuk melakukan komplain ke Lazada ada beberapa hal yang perlu di lakukan sehingga komplain yang sobat berikan bisa di terima oleh pihak Lazada atau toko-nya sendiri. 

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Komplain

Sebelum sobat melakukan komplain ada beberapa hal yang mungkin bisa sobat lakukan sehingga sobat bisa melakukan komplain sesuai dengan masalah yang sedang terjadi pada barang pesanan sobat.

Beberapa hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan komplain:

1. Hubungi penjual

Cara pertama yang bisa sobat lakukan adalah dengan menghubungi toko yang menjadi tampat sobat membeli barang, dengan cara masuk ke beranda toko yang bersangkutan kemudian pilih pada bagian Chat Now.

Sobat bisa tanyakan apakah barang yang di pesan sudah benar-benar di kirim atau sedang dalam keadaan di kemas.

Jika yang terjadi barang yang sobat pesan belum di kirim, bisa meminta kepada kepada pihak toko untuk segera mungkin mengirimkan barangnya.

Berbeda lagi jika toko yang sobat beli barangnya menjawab bahwa barang yang sobat beli sudah dikirim oleh toko tersebut sobat bisa menggunakan langkah berikutnya.

2. Cek resi pengiriman

Ketika sobat membeli barang di marketplace seperti Lazada, di dalam aplikasi sudah di sediakan fitur yang bisa mengecek resi secara otomatis sehingga pengiriman barang bisa di ketahui sudah sampai mana keberadaannya.

Sobat bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengetahui sampai mana barang yang sobat beli, apakah masih di perjalanan atau hampir sampai.

Status pengiriman biasanya akan selalu di update oleh pihak penyedia jasa, sehingga akan sobat ketahui jika ada pengiriman yang bermasalah.

Jika status pengiriman tidak di update dalam waktu yang lama sobat bisa menggunakan cara berikutnya untuk follow-up.

Tips Jualan Online untuk Pemula yang Terbukti Ampuh

3. Hubungi penyedia jasa kirim 

Ketika sobat melihat bahwa untuk waktu tertentu jasa pengiriman tidak update sehingga barang tidak di ketahui status-nya sampai mana, sobat bisa menghubungi jasa pengiriman untuk bertanya.

Setelah sobat melakukan komplain ke pihak jasa kirim, biasanya pihak penyedia jasa akan mengecek dulu keberadaan paket sobat kemudian baru memberikan jawaban.

Untuk komplain ke pihak jasa pengiriman bisa dilakukan secara online atau sobat bisa langsung datang ke cabang penyedia jasa kirim yang digunakan.

Diharapkan untuk tidak salah mendatangi penyedia jasa kirim, masalahnya jika sobat sampai salah pihaknya tidak akan bisa memberikan jawabannya.

Ketika sobat menggunakan jasa kirim JNE di wajibkan untuk komplain ke JNE cabang terdekat.

4. Bertanya kepada orang rumah

Ketika sobat mendatangi kantor cabang penyedia jasa kirim untuk menanyakan barang yang di kirim, kemudian pihak penyedia jasa memberi tau bahwa barang yang di tanyakan sudah di antar ke tempat tujuan.

Jika hal itu yang terjadi sobat bisa menanyakan kepada orang yang berada di rumah apakah barang yang sobat maksud sudah sampai apa belum? Atau orang rumah yang lupa memberi tau kepada sobat bahwa barangnya ternyata sudah sampai.

Untuk menghindari terjadinya kesalahan yang berkelanjutan sobat harus memperhatikan beberapa poin berikut sebelum melakukan pembelian barang di marketplace

Beberapa poin yang perlu di ingat ketika membeli barang:

  • Pastikan bahwa barang yang sobat beli sudah di kirim oleh pelapak.
  • Yang perlu di garis bawahi bahwa kesalahan dalam proses pengiriman barang merupakan tanggung jawab dari si penjual melainkan dari pihak jasa pengiriman.
  • Tanggung jawab penjual adalah menyediakan barang, mengemas dan mengirimkannya.
  • Pilih toko yang memiliki rating tinggi dan memiliki tanggung jawab yang besar.

Umpan Mancing Ikan Betok Paling Jitu

Itulah beberapa penjelasan cara komplain ke Lazada barang belum sampai, semoga penjelasan di atas bisa membuat sobat mengerti bagaimana melakukan komplain ke Lazada dengan benar dan sopan.

Dengan begitu di harapkan sobat tidak perlu panik lagi ketika terjadi masalah pada proses pengiriman barang.