Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Cara Membuat Hand Sanitizer Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Cara Membuat Hand Sanitizer
Beberapa Cara Membuat Hand Sanitizer Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Beberapa Cara Membuat Hand Sanitizer Menggunakan Bahan-Bahan Alami. Akhir-akhir ini hand sanitizer merupakan produk pembersih yang sedang banyak dicari. Sejak kemunculan virus korona keberadaan Hand Sanitizer ibarat ditelan bumi. Untuk mendapatkan Hand Sanitizer sangat susah walaupun menemukan itu juga harganya di bandrol bisa 3 kali lipat dari harga normal sebelumnya.

Sebenarnya semua tau jika mencuci tangan menggunakan pembersih sabun adalah cara terbaik untuk menghindari dari virus, kuman dan sebangsanya, akan tetapi masyarakat lebih percaya menggunakan hand sanitizer lebih efektif untuk digunakan. Banyak yang berpendapat mencuci tangan menggunakan hand sanitizer dapat terhindar dari virus corona.

Sebenarnya tutorial membuat hand sanitizer dari bahan-bahan alami sudah banyak berbagai sumber yang mengulas nya. Sobat bisa menemukannya di YouTube, website-website kesehatan atau di media-media yang mendukung pencegahan penyebaran virus covid 19.

Baca juga : Peluang Bisnis Usaha Ayam Geprek Lengkap Dengan Strategi dan Analisa Usaha

Dengan selalu menjaga kebersihan kita bisa meminimalisir penularan virus covid 19 dan selalu berada di zona aman dari tempat yang terinfeksi covid 19. Berikut adalah cara praktis dalam membuat hand sanitizer dengan menggunakan bahan-bahan alami, tanpa harus repot-repot membeli karena barangnya sekarang susah sekali untuk ditemukan.

Cara Membuat Hand Sanitizer Menggunakan Bahan-Bahan Alami

1. Membuat hand sanitizer dari bahan minyak atsirih

cara Membuat hand sanitizer
Membuat hand sanitizer dari bahan minyak atsirih

Minyak Atsirih dari jaman dulu memang sudah terkenal bahan yang bisa digunakan untuk mengusir berbagai macam-macam penyakit. Berbagai peneliti menyebutkan Minyak Atsirih mempunyai sifat antibakteri, anti mikroba dan anti jamur. Untuk penggunaannya bisa mencampurkan ya dengan bahan lain seperti lidah buaya yang sudah disaring, alk0h0l dan cuka putih.

Untuk pembuatannya gunakan takaran 120 mililiter cuka putih, 12 tetes minyak atsirih, 120 mililiter lidah buaya yang sudah disaring, 1 sendok makan isoprofil alk0h0l dan c0ll0ida. Setelah bahan semua siap kemudian campur semua bahannya sampai benar-benar merata, lalu masukan ke dalam botol spray. Hand sanitizer dengan bahan alami siap untuk digunakan.

2. Membuat hand sanitizer dari bahan lidah buaya

Cara Membuat Hand Sanitizer
Membuat hand sanitizer dari bahan lidah buaya

Semua pasti tau jika lidah buaya memiliki kasiat yang banyak sekali, untuk menyuburkan dan meyehatkan rambut. Tanaman ini dagingnya juga bisa untuk dikonsumsi. Tidak heran jika tanaman ini dijuluki sebagai tanaman ajaib, kenapa tidak ternyata tanaman lidah buaya bisa juga dijadikan jel hand sanitizer.

Karena tanaman ini mempunyai kandungan yang bisa membuat kulit tetap sehat dan lembut, jadi cocok untuk dijadikan hand sanitizer. Untuk membuat hand sanitizer dari lidah buaya bisa memadukan ya dengan bahan-bahan lain seperti daun kemangi dan daun jeruk yang memiliki fungsi untuk membuat aroma nya tetap wangi.

Untuk pembuatannya sangatlah mudah, kupas terlebih dahulu lidah buaya lalu blender bersamaan dengan daun kemangi. Setelah halus saring kemudian campurkan dengan serbuk daun jeruk dan tambahkan air secukupnya. Tuangkan ke dalam botol seprai. Hand sanitizer dari lidah buaya siap digunakan.

3. Membuat hand sanitizer dari bahan cuka putih

Cara Membuat Hand Sanitizer
Membuat hand sanitizer dari bahan cuka putih

Biasanya Cuka Putih hanya sebagai bahan pelengkap untuk campuran dalam membuat suatu produk. Tetapi berbeda dengan pembuatan produk hand sanitizer, dalam pembuatan hand sanitizer cuka putih merupakan bahan pokok atau bahan utama yang digunakan.

Untuk pembuatan hand sanitizer menggunakan cuka putih sangatlah mudah. Hanya mencampur cuka putih dengan sedikit air bersih kemudian tuangkan ke dalam botol seprai. Mudah bukan? Untuk mendapat kualitas yang lebih bagus sebaiknya disimpan terlebih dahulu di lemari es atau pendingin lainnya.

4. Membuat hand sanitizer dari bahan jeruk lemon

Cara Membuat Hand Sanitizer
Membuat hand sanitizer dari bahan jeruk lemon

Siapa yang tidak mengenal benda yang satu ini, buah yang sering kita temui di dapur. Lemon terbukti ampuh untuk dijadikan bahan pembuatan hand sanitizer, karena memiliki kandungan asam yang sangat tinggi.

Kandungan asam yang terdapat pada lemon mampu membasmi kuman dan bakteri yang berada di tangan, selain itu air lemon bisa membuat kulit tangan tetap lembut dan terlihat lebih cerah.

Untuk pembuatannya ternyata sangat mudah. Peras lemon kemudian ambil air perasan ya. Tambahkan air ke dalam air perasan lemon, aduk-aduk hingga tercampur. Setelah tercampur masukan ke dalam botol seprai. Hand sanitizer dari bahan lemon siap digunakan.

Baca juga : Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan yang Jarang diketahui Orang

5. Membuat hand sanitizer dari bahan daun sirih

Cara Membuat Hand Sanitizer
Membuat hand sanitizer dari bahan daun sirih

Dalam pembuatan Antiseptik pastinya sering mendengar menggunakan bahan daun sirih. Daun sirih juga menjadi bahan utama yang bisa digunakan untuk pembuatan hand sanitizer. Dalam pembuatan hand sanitizer daun sirih akan lebih efektif jika dicampur dengan bahan lainnya.

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk campuran daun sirih yaitu kulit rambutan. Cara pembuatan hand sanitizer dari daun sirih sangat mudah. Ekstrak atau Rebus daun sirih terlebih dahulu kemudian ambil airnya.

Kemudian Ekstrak atau rebus juga kulit rambutan, ambil airnya juga. Kemudian campur air rebusan daun sirih dengan air rebusan kulit rambutan tambah air bersih secukupnya. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun supaya kutil tetap lembut dan halus saat di pakai.

6. Membuat hand sanitizer dari bahan minyak esensial lavender

Cara Membuat Hand Sanitizer
Membuat hand sanitizer dari bahan minyak esensial lavender

Sudah banyak yang menjadikan minyak Esensial Lavender sebagai bahan untuk pembuatan hand sanitizer. Banyak peneliti yang menyebutkan minyak Esensial Lavender berperan sebagai anti jamur dan antibakteri. Minyak Esensial Lavender bisa digunakan untuk mengganti hand sanitizer.

7. Membuat hand sanitizer dari bahan tea tree oil

Cara Membuat Hand Sanitizer
Membuat hand sanitizer dari bahan tea tree oil

Kandungan yang terdapat di Tea Tree Oil mempunyai mempunyai fungsi yang sangat baik untuk menangkal sejenis bakteri, kuman, dan virus. Khasiat yang terkandung di dalam Tea Tree Oil diyakini mampu berperan sebagai antivirus dan antibakteri.

Tidak jarang jika Tea Tree Oil dimanfaatkan untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat. Dari beberapa manfaat diatas ternyata Tea Tree Oil juga bisa digunakan untuk hand sanitizer yang ampuh.

8. Membuat hand sanitizer dari bahan minyak esensial kayu manis

Cara Membuat Hand Sanitizer
Membuat hand sanitizer dari bahan minyak esensial kayu manis

Ternyata di dalam kayu manis terkandung zat yang bersifat anti bakteri dan mikroba yang mempunyai fungsi sangat efektif untuk menghalangi segala jenis organisme yang bisa menimbulkan berbagai penyakit. Kayu manias memilki aroma yang wangi.

Minyak Esensial Kayu Manis bisa digunakan untuk hand sanitizer yang praktis. Mengingat kandungannya yang bisa mencegah organisme penyebab penyakit dan memiliki aroma yang wangi Minyak Esensial Kayu Manis sangat cocok untuk dicoba dijadikan dan sanitizer.

9. Membuat hand sanitizer dari bahan minyak esensial jeruk

Cara Membuat Hand Sanitizer
Membuat hand sanitizer dari bahan minyak esensial jeruk

Kandungan Antioksidan yang terdapat di Minyak Esensial Jeruk mempunyai fungsi sebagai pelindung tubuh bagian luar dari bakteri dan Virus. Selain itu Minyak Esensial Jeruk juga memiliki kandungan antioksidan alami yang mampu meregenerasi sel-sel kulit tangan, sehingga kulit tangan akan terasa lebih lembut.

10. Membuat hand sanitizer dari bahan daun sere

Cara Membuat Hand Sanitizer
Membuat hand sanitizer dari bahan daun sere

Yang sering kita dengar daun sereh biasa digunakan untuk bumbu dapur. Dengan aroma spesifik yang khas, daun sereh ternyata juga bisa dijadikan sebagai ramuan pembersih tangan atau hand sanitizer yang ampuh tanpa harus di campur dengan alk0h0l.

Cara pembuatannya sangat sederhana yaitu dengan merendam daun sereh dengan air panas atau bisa dengan mengukus daun sereh, hindari pe rebusan. Jika sudah selesai ambil airnya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal tambahkan 2% trik0l0san dan 10% dari Ekstrak lidah buaya.

Baca juga : 5 Manfaat Air Lemon Hangat untuk Kesahatan

Itulah beberapa uraian yang bisa menjadi referensi untuk pembuatan hand sanitizer dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan diatas juga tidak akan sulit untuk dicari, sebab sudah ada di sekitar. Terkadang kita kurang menyadari jika di sekitar kita ada bahan-bahan yang sangat bermanfaat jika diolah bisa menjadi cairan antivirus yang bisa berfungsi dengan baik.

Cara diatas penting untuk diketahui karena untuk mencari hand sanitizer di toko-toko bukan hal yang muda untuk saat ini. Dengan terjadinya pandemic covid 19 hand sanitizer merupakan barang langka yang banyak dicari orang. Jika pun ditemukan harganya akan sangat mahal mungkin bisa 3 kali lipat harga sebelum terjadinya wabah coronavirus.

Dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau pun hand sanitizer kita sudah turut mengatasi masalah penyebaran covet 19 yang terjadi di negeri ini. Sayangi dan Lindungi diri dan keluarga Anda dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar yang terbukti ampuh. Tetap di rumah saja. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.