Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Cuci Mobil, Analisa Usaha dan Cara Membuka Usahanya

Analisa Usaha Cuci Mobil
Analisa Usaha Cuci Mobil

Analisa Usaha Cuci Mobil

Peluang usaha cuci mobil, analisa usaha dan cara membuka usahanya. Kemunculan mobil yang saat ini sangat terjangkau dan murah, menyebabkan kepemilikan terhadap kendaraan roda empat in kian menjadi semakin melonjak.

Maka sudah jangan heran jika untuk usaha cuci mobil saat ini semakin prospektif saja. Meski banyak para pesaing nya, jenis usaha ini masih tergolong sangat menguntungkan.

Baca juga: Ide Jualan Depan Rumah

Bisnis plan usaha cuci mobil

Apakah juragan tertarik untuk menjalankan bisnis cuci mobil ini ?

Berikut ini akan dipaparkan beberapa ulasan dari persiapan apa saja yang harus juragan lakukan:

tentukanlah lokasi yang sangat cocok untuk dapat memulai usaha. Karena, bisnis ini sangat wajib dijalankan di lokasi yang terlihat ramai. Selain itu juga, pilihlah juga lokasi yang sangat luas dan memiliki saluran air yang baik.

Tentukan konsep dari bisnis cuci mobil ini yang akan dijalankan. Apakah juragan memilih jenis bisnis cuci mobil car wash secara manual, otomatis, atau bisa juga secara robotic.

Persiapkan modal secara benar-benar matang. Karena, bisnis ini tidak termasuk dalam usaha dengan modal kecil. juragan juga harus mempersiapkan modal dengan cara mencatat segala kebutuhannya.

Membuat catatan dari semua kebutuhan peralatan untuk bisa membuka bisnis cuci mobil ini.

Kelebihan dan kekurangan usaha cuci mobil

Sama halnya juga dengan kita membuka bisnis usaha cuci helm, bisnis ini juga tentunya memiliki banyak kelebihan serta kekurangannya. Adapun kelebihan dan kekurangannya yaitu sebagai berikut:

Kelebihan bisnis cuci mobil

  • Banyak dicari konsumen
  • Mudah dijalankan
  • Bisa dijalankan di daerah perkotaan maupun di pedesaan
  • Untung besar

Kekurangan bisnis cuci mobil

  • Memerlukan modal yang besar
  • Banyak saingan
  • Memerlukan lokasi yang strategis

Kendala dan solusi usaha cuci mobil

Persaingan yang semakin ketat dan lokasinya yang menjadi salah satu kendala dalam bisnis ini.

Akan tetapi dalam hal tersebut dapat diatasi dengan beberapa solusi sebagai berikut:

  • Untuk juragan yang tidak memiliki tempat yang strategis, maka survei lokasi terlebih dahulu. juragan juga bisa menyewa nya di tempat yang sudah terlihat ramai. Lokasinya pun harus banyak yang dilalui oleh kendaraan, atau bisa juga di tepi jalan. Pastikan juga bahwa ketersediaan air mudah untuk didapat, dan ukuran tempatnya juga sangat luas.
  • Untuk bisa mengatasi persaingan, maka tawarkan lah promo yang lebih menarik. juragan juga bisa memberikan kartu member bagi para calon customer dengan memberikan potongan harga. Kemudian promosikan usaha juragan ini melalui media sosial internet. Berikan penawaran yang menarik bagi para customer baru maupun customer lama.

Baca juga: Peluang Usaha Bidang Jasa yang Sangat Menghasilkan

Cara mengelola keuangan usaha cuci mobil

Dalam menjalankan suatu usaha, maka pengelolaan keuangan sangat penting untuk diperhatikan.

Adapun cara dalam mengelola keuangan pada bisnis cuci mobil yaitu sebagai berikut:

  • Memisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha. Tujuannya supaya uang bisnis dan pribadi tidak ikut tercampur atau terpakai.
  • Rencanakan penggunaan uang dengan lebih baik lagi. Ini semua bertujuan agar juragan tidak menghambur-hamburkan uang yang ada meskipun ketersediaan uang dari kas masih banyak. Buat juga analisa dari cost and benefit Nya (untuk rugi). Hal tersebut bertujuan supaya penggunaan uang juragan tidak akan sia-sia.
  • Buatlah buku catatan keuangan. Pastikan juga juragan mencatat setiap keluar masuknya pengeluaran keuangan usaha juragan.
  • Melakukan penghitungan keuntungan secara lebih benar.
  • Sisihkan keuntungan untuk bisa mengembangkan usaha lagi.

Peralatan cuci mobil sendiri

Analisa Usaha Cuci Mobil
Analisa Usaha Cuci Mobil

Untuk membuka tempat usaha cuci mobil selain mempersiapkan tempat tentunya juga mempersiapkan alat yang digunakan untuk bekerja. Peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci mobil sangatlah sederhana dan mudah untuk didapat.

Beberapa alat yang digunakan untuk memulai usaha cuci mobil antara lain

1. Kompresor

Dalam hal ini jika ingin membuka usaha cuci mobil kompresor adalah alat yang wajib dimiliki. Kenapa wajib? Karena kompresor memiliki fungsi yang beragam untuk mencuci mobil. Bisa digunakan untuk penggerak hidrolik, pengeringan, atau untuk menyemprotkan busa salju.

2. Mesin steam air / pressure air

Mesin ini berguna untuk menyemburkan air supaya mempunyai tekanan yang lebih kenceng. Sehingga air bisa merontokkan kotoran di bagian bagian yang sempit, tertutup maupun terbuka.

3. Selang

Selang ini berfungsi untuk meringankan atau memudahkan dalam pencucian, sehingga dalam mencuci akan bebas bergerak kemana saja tanpa ada gangguan.

4. Shampo salju

Dengan menggunakan shampoo khusus akan mempermudah dalam pencucian karena sampo ini sudah di desain untuk merontokkan kotoran yang terdapat pada mobil tanpa harus merusak cat mobil.

5. Spons / sponge

Spon memiliki fungsi untuk mempermudah penggosokan pada bodi mobil. Dengan menggunakan spon yang sudah dibasahi dengan air shampoo itu akan mengurangi timbulnya kerusakan pada cat mobil pada saat penggosokan.

6. Semir ban

Ketika pencucian kendaraan sudah selesai semir ban akan dibutuhkan untuk melapisi pada bagian ban mobil supaya terlihat lebih bersih.

7. Lap

Setelah proses pencucian sudah selesai saatnya penggelapan. Dalam hal penggelapan gunakan lah lap khusus. Jangan sembarang menggunakan lap, karena dapat menimbulkan lecet pada bodi mobil.

8. Vacuum cleaner

Sebenarnya fungsi vacuum cleaner adalah pembersih atau penghisap debu. Dalam hal pencucian mobil vacuum cleaner bisa diaplikasikan untuk membersihkan interior mobil seperti dashboard, karpet, jok dan sela-sela bagian lainnya.

9. Mesin hidrolik

Untuk alat yang satu ini tidak terlalu penting jika masih awal dalam menjalankan usaha cuci mobil. Karena untuk mendapatkan alat yang satu ini membutuhkan dana yang besar. Alangkah baiknya dananya bisa dialokasikan untuk membeli peralatan yang lain. Mungkin jika usaha cuci mobil sudah berjalan dan harus menggunakan mesin ini baru bisa dipikir ulang harus memakai atau tidak.

Baca juga: Tips Jualan Online untuk Pemula yang Terbukti Ampuh

Modal usaha cuci mobil

Seperti yang telah kami bahas di atas, untuk bisnis cuci mobil tidak sama seperti usaha cuci sepatu. Untuk bisnis ini membutuhkan modal yang lumayan besar.

Ketika juragan ingin membuka usaha cici mobil tentu di dalam hati memiliki banyak pertanyaan salah satunya sepertiini.

Berapa modal untuk usaha cuci mobil?

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha cuci mobil bervariasi tergantung pada skala usaha cuci mobil yang diinginkan. Beberapa faktor yang mempengaruhi modal usaha cuci mobil yang dibutuhkan meliputi lokasi, jumlah karyawan, dan jenis peralatan yang digunakan.

Secara umum, modal yang diperlukan untuk memulai usaha cuci mobil minimal sekitar Rp 10 juta - Rp 50 juta, yang digunakan untuk membeli peralatan untuk mencuci mobil seperti pompa air, kompresor, mesin cuci, dan lain-lain.

Jika juragan ingin memulai usaha cuci mobil dengan skala yang lebih besar, maka modal usaha yang diperlukan akan lebih besar pula. Tetapi sebaliknya, jika tidak memiliki modal besar juga bisa menjalankan usaha cuci mobil yang sederhana, tetapi hasilnya kurang maksimal.

Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan dana cadangan untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul dalam jangka pendek, seperti perbaikan peralatan atau pembayaran gaji karyawan.

Rincian modal usaha cuci mobil bisa juragan riincikan sebagai berikut.

Modal tetap:

  • Alat cuci mobil satu paket: Rp 51.000.000
  • Kursi tunggu dan radio: Rp 2.000.000
  • Biaya pembuatan sumur: Rp 5.000.000
  • Spanduk bisnis cuci mobil: Rp 200.000
Total modal tetap usaha cuci mobil: rp58.200.000

Modal operasional bulanan:

  • Sewa lokasi (opsional): Rp 1.500.000
  • Sampo mobil untuk 1 bulan: Rp 200.000
  • Kanebo: Rp 80.000
  • Semir ban mobil: Rp 140.000
  • Air minum: Rp 60.000
  • Gaji karyawan untuk 2 orang: Rp 2.000.000
  • Bahan bakar untuk kompresor: Rp 400.000

Total modal operasional usaha cuci mobil: rp5.380.000

Analisa keuntungan bisnis cuci mobil

Keuntungan bisnis cuci mobil setiap bulannya bisa saja berbeda-beda. Hal tersebut tentu tergantung dari jumlah banyaknya mobil yang dicuci.

Di hari bisa, usaha cuci mobil biasa tidak seramai di hari libur sehingga sangat berpengaruh terhadap keuntungan bisnis cuci mobil itu sendiri.

Ketika dalam satu bulan banyak hari libur biasanya keuntungan bisnis cuci mobil akan meningkat.

Berikut gambaran keuntungan usaha cuci mobil ketika ingin menjalani usaha cuci mobil.

Hari sabtu dan minggu saja biasanya hari baik untuk bisnis ini. Analisa kali ini akan mengasumsikan bahwa untuk pencucian 10 mobil nya saja per hari atau bisa sampai 300 mobil per bulannya.

Penghitungan keuntungan usaha cuci mobil

pendapatan cuci mobil per bulan: Rp 35.000 x 300 = Rp 10.500.000

pendapatan per bulan - dengan modal operasional: Rp 10.500.000 – Rp 5.380.000 = Rp 4.880.000

keuntungan bersih usaha cuci mobil: Rp 4.880.000

Target pasar bisnis cuci mobil

Bisnis cuci mobil ini memiliki target pasar yang tergolong baik. Pasalnya kendaraan mobil merupakan salah satu kendaraan yang saat ini sudah banyak dimiliki oleh sebagian masyarakat. Dengan begitu, dengan hadirnya usaha cuci mobil sangat membantu bagi mereka yang tidak sempat mencuci mobil sendiri.

Adapun target pasar bisnis cuci mobil yakni:

1. Pekerja kantoran

Bisanya pekerja kantoran tidak memiliki waktu untuk mencuci mobil sendiri di rumah, sehingga mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa cuci mobil.

Membuka usaha cuci mobil di kawasan perkantoran menjadi keuntungan tersendiri, karena akan banyak memiliki pelanggan seorang kantoran yang tidak pernah sempat untuk mencuci mobil sendiri.

2. Pemilik rental mobil

Karena saking banyaknya mobil yang di gunakan untuk membuka rental tentu tidak akan sempat untuk mencuci mobil sendiri. Solusi terbaik supaya mobil tetap bersih adalah menggunakan jasa cuci mobil, di situlah juragan hadir dengan bisnis cuci mobilnya.

3. Pengusaha

Seorang pengusaha sudah pasti terkenal dengan kesibukan nya. Dengan begitu, keberadaan bisnis mobil juragan sangat dibutuhkan untuk mencuci mobil seorang pengusaha yang tidak pernah punya waktu untuk mencuci mobil sendiri.

Baca juga: Peluang Membuka Usaha Bubur Ayam yang Sangat Menguntungkan dan Cara memulainya

Cara mengelola SDM bisnis cuci mobil

Bisnis cuci mobil ini melibatkan para karyawan dalam pengelolaannya. Maka dari itu penting untuk juragan untuk bisa mengetahui bagaimana caranya mengelola SDM.

Pada dasarnya, untuk cara pengelolaan sumber daya manusia (SDM) pada bisnis ini tidak jauh berbeda dari bisnis yang lainnya. Berikut ii akan kami paparkan beberapa tips bagaimana cara mengelola SDM untuk bisnis cuci mobil ini:

  • Merekrut karyawan yang kompeten sesuai dengan klasifikasi usaha juragan.
  • Memberi pendidikan atau pelatihan cara pencucian mobil yang benar untuk karyawan baru.
  • Program kesejahteraan untuk para karyawan. Misalnya seperti tunjangan hari raya atau hari-hari lainnya.
  • Memberikan komisi bagi para karyawan. Artinya para karyawan akan mendapatkan gaji pokok serta komisi ketika usaha sedang ramai.

Strategi meningkatkan profit bisnis cuci mobil

Ingin memulai bisnis cuci mobil juragan bisa meraup untung besar, simak berikut ini langkah-langkahnya:

  • Memilih lokasi yang sangat ramai dilalui oleh banyak kendaraan maupun orang-orang. Pilihlah tempat yang berdekatan dengan swalayan, mall, spbu, atau pun perumahan.
  • Memilih karyawan yang jujur serta berpengalaman dalam bidang usaha tersebut.
  • Menerapkan sistem kupon bonus cuci gratis bagi para pelanggan yang sudah datang mencuci mobil berkali-kali di tempat juragan.
  • Jangan melakukan perang harga dengan para pesaing. Juga tidak boleh memberikan tarif lebih mahal dengan kualitasnya yang sama dengan kompetitor.
  • Tawarkan harga yang kompetitif kepada para pelanggan. Tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal.
  • Utamakan pelayanan yang nyaman dan kualitas.
  • Jangan pernah mengecewakan para pelanggan. Karena pelanggan yang akan merasa puas maupun kecewa nantinya mereka akan memberitahukan kepada orang lain.
  • Memberi bonus kepada karyawan yang berhasil memberikan kepuasan bagi para pelanggan.

1. Nama unik tempat cuci mobil

Dalam menjalankan usaha janganlah terburu-buru semuanya harus dipikirkan secara matang. Tanpa terkecuali dalam pemilihan nama untuk usaha yang didirikan. Mau apapun usahanya nama merupakan hal yang tidak bisa di anggap sepele. Untuk itu buatlah bran nama yang unik dan mudah diingat oleh semua orang. Semakin unik dan semakin mudah diingat hal itu bisa menjadi alat promosi yang ampuh, karena namanya akan mudah tersebar dari mulut-ke mulut.

2. Harga cuci mobil

Sesuaikan harga yang diberikan dengan daerah sekitar, jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah. Lihat pesaing di sekitar jika mematok harga terlalu rendah maka akan kena komplain oleh pesaing karena bisa mematikan pasaran mereka.

Jika mematok harga terlalu tinggi juga tidak baik karena pelanggan juga akan kabur mencari harga yang terendah. Solusi dalam hal ini sobat bisa mematok harga sedikit lebih tinggi tetapi mengunggulkan servis yang memuaskan pelanggan.

Dengan begitu tidak akan ada yang merasa dirugikan.

3. Desain tempat cuci mobil sederhana

Desain lah tempat usaha pencucian mobil simpel, unik, rapi dan bersih supaya terlihat istimewa tapi terlihat sederhana. Hindari dengan desain sok moderen tetapi tidak tertata dengan rapi.

Untuk hal desain berikan suasana se nyaman mungkin kepada konsumen sehingga konsumen akan betah tinggal berlama-lama sambil mobilnya selesai dalam pencuciannya.

4. Sistem gaji karyawan cuci mobil

Bagi pelaku usaha cuci mobil yang sudah berjalan merekrut karyawan perlu diperhitungkan. Jika konsumen sudah banyak pastinya membutuhkan karyawan. Pastinya tidak mau dong melihat konsumen menunggu terlalu lama karena kekurangan karyawan.

Sesuaikan perekrutan karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika merekrut karyawan terlalu banyak dan konsumen masih sedikit tentunya akan mengeluarkan biaya yang besar.

Untuk gaji karyawan juga harus diperhitungkan sesuaikan dengan daerah masing-masing. Jika tidak mau menggaji karyawan secara bulanan bisa gunakan sistem pembayarannya per unit mobil yang di cuci. Misal satu hari bisa mencuci 5 mobil dan 1 mobil diberi bayaran rp25.000 makan dalam satu hari mendapat upah 5x 25.000 yaitu rp125.000.

Strategi marketing atau pemasaran bisnis cuci mobil

Juragan tentu ingin juga bukan jika bisnis juragan dikenal oleh khalayak ramai? Hal tersebut dapat terwujud jika juragan bisa menerapkan beberapa strategi marketing yang lebih tepat.

Adapun strateginya adalah sebagai berikut:

  • Promosikan dan pasarkan layanan melalui media sosial ataupun website bisnis.
  • Tawarkan harga yang kompetitif.
  • Sebarkan informasi produk melalui berbagai media sosial internet kepada target pasar potensial.
  • Tawarkan harga promo untuk bisa mendapatkan konsumen baru serta menjaga loyalitas konsumen yang sudah berlangganan lama.
  • Mendekati calon customer via telepon maupun media sosial lainnya.
  • Merancang brosur yang lebih menarik yang berisikan terkait informasi benefit tentang produk layanan juragan.
  • Kembangkan cara pemesanan layanan melalui media sistem online. Terkait hal ini, juragan juga bisa menggunakan aplikasi email, chatting, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa ulasan seputar informasi lengkap tentang usaha dari bisnis cuci mobil. Perlu diingat bahwa kunci sukses di dalam menjalankan usaha apapun adalah kepercayaan dan tekun.

Semoga dengan adanya penjelasan di atas maka dapat dengan mudahnya membantu juragan dalam memulai usaha tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.