Peluang Usaha Warung Kopi dan Cara Memulainya

mastagul.com - Peluang Usaha Warung Kopi dan Cara Memulainya. Seperti hal nya minuman kopi juga sudah mulai bisa dipandang sebagai sebuah karya seni. Untuk Para penikmatnya banyak yang mulai tertarik kepada biji kopi, dan dari mana asalnya hingga bagaimana kopi itu dapat diolah.

Peluang Usaha Warung Kopi dan Cara Memulainya

Setelah mengetahui bagaimana tren dari kopi gelombang ketiga ini, maka Anda akan dengan mudah nya untuk bisa memahami jenis kopi yang seperti apa yang dibutuhkan dipasaran. Dengan begitu, akan dengan mudah jika ingin merancang konsep akan jadi jauh lebih mudah.

Di seluruh belahan dunia usaha bisnis kopi sudah menjamur,
Yanng menjadi pertanyaannya bagaimana caranya agar bisnis ini bisa panjang umur?

Tips Memulai Bisnis Warung Kopi

Mempertahankan Eksistensi Dari Bisnis Kopi, Modal untuk Usaha Warung Kopi

Pada tahun 2017 sampai 2018, negara kita Indonesia sudah berada di posisi keempat setelah negara Kolombia ada di dalam daftar 10 negara dengan memproduksi kopi terbesar didunia.

Hal tersebut Dengan potensi sebesar itu selain bisa mengimpor, jenis usaha warung kopi ini juga merupakan jawaban untuk bisa memaksimalkan produksi biji kopi kita. Dan Bagaimana caranya untuk bisa memulai bisnis yang sangat menguntungkan? Simak berikut ini ada beberapa tips yaitu:

Memuat Rencana Bisnis yang Solid

Langkah awal yang pertama sebelum memulai bisnis ini yaitu dengan membuat anggaran rencana bisnis. Rencana ini yakni meliputi beberapa hal sangat penting seperti:

  • Apa saja konsep yang ingin Anda tawarkan?
  • Bagaimana cara Anda lebih mendapatkan keuntungan?
  • Siapa yang akan menjadi target pasar Anda?
  • Sudahkah Anda memeriksa siapa sajakah yang menjadi pesaing Anda?
  • Bagaimana cara strategi promosi yang akan Anda lakukan?

Poin pertama yang menjadi pertimbangan paling penting yaitu sebagai fondasi bisnis Anda. karena Saat ini sudah banyak sekali orang-orang yang membuka warung kopi dengan berbagai konsep di luaran. Jika Anda saja tidak bisa menyajikan sesuatu yang mungkin berbeda, maka Anda mungkin akan lebih sulit untuk bisa bertahan di tengah gempuran pasar yang kini semakin kompetitif.
Penyebab Kegagalan dalam Menjalankan Usaha Kedai Kopi
Anda Bingung untuk menentukan bagaimana memiliki konsep yang sangat cocok untuk bisnis Anda? berikut ini Ada beberapa model usaha untuk warung kopi yang dapat jadikan sebagai referensinya yaitu:

1. Kios Kopi

Hanya Menggunakan satu mesin kopi dan booth kecil saja Anda sudah bisa menjual kopi kepada orang-orang yang lewat atau para commuter dengan sistem seperti takeaway

2. Coffeehouse

Coffeehouse merupakan contoh model usaha kopi yang saat ini muncul dan semakin meluas untuk keberadaannya semenjak Starbucks berdiri. Maka Konsep inilah yang saat ini sudah banyak digunakan oleh para pengusaha bisnis kopi. Anda juga harus lebih kreatif lagi dengan menyajikan sesuatu yang berbeda.

3. Cafe Bistro

Untuk Model bisnis satu ini juga tentunya tidak hanya mengandalkan kopi saja yang saja, melainkan juga makanan yang memiliki kualitas tinggi dan harganya yang sangat terjangkau. Café bistro juga biasanya sudah menyediakan hiburan seperti halnya live music dan lain-lain.

4. Coffee Roaster

Macehat merupakan salah satu dari beberapa usaha coffee roaster yang kini sukses dari Medan. Konsep dari bisnisnya yaitu hanya menyediakan biji kopi roasting yang berkualitas. Targetnya yakni bukan hanya individu pencinta kopi saja tetapi melainkan juga kafe-kafe yang memang memerlukan biji kopi hingga sampai ke restoran dan super market.

Buat Pembagian dalam Bangunan dengan Baik

Anda mungkin saja hanya sekedar ingin membuka usaha bisnis warung kopi kecil-kecilan. Akan teTapi sekecil apa pun bisnis anda yang dijalani itu, maka Anda juga harus bisa mengatur pembagian ruang agar semua aktivitas gerak bisnis bisa berjalan dengan baik.

Selain itu untuk posisi di mana Anda bisa meletakkan segala keperluan barang-barang juga sangatlah penting. Bayangkan jika skenarionya yakni anda ingin membuat kopi, lalu benda apa saja yang sebaiknya sudah ada di dekat Anda?

Jika Anda adalah pelanggan, fasilitas tambahan apa sajakah yang sekiranya Anda inginkan yang ada didekat dengan meja? Visualisasikan semua itu dengan rinci dan tulis idenya di atas kertas.

Gunakan Tenaga Profesional

Anda mungkin sudah denagn matang untuk memikirkannya bagaimana bisnis Anda akan tetap berjalan. Tetapi untuk mengeksekusinya, butuh beberapa sentuhan tenaga profesional yang ada di dalamnya. Jika Anda ingin menampilkan beberapa konsep sebagai bahan kekuatan daya jual untuk usaha warung kopi Anda, maka mulailah untuk investasikan dana lebih dengan cara menyewa seorang desainer interior.
Kenali Untung dan Rugi, 6 Jenis Pinjaman Modal Usaha Yang Bisa Digunakan
Satu hal lagi yang kerap diabaikan oleh pengusaha pemula yaitu salah dalam memperhitungkan pengeluaran sehingga bujet yang sudah disiapkan tidak begitu cukup. Salah satu saran yang akan diberikan oleh Wilson yaitu menggunakan jasa akuntan profesional.

Lakukan Riset dengan Baik

Tidak hanya untuk bisa berbelanja kursi ataupun mesin kopi saja, tetapi sebelum memulai bisnis Anda hendaknya anda juga harus tahu bahwa supplier mana yang banyak menyediakan coffee bean dengan harga yang lebih murah dan dengan kualitas baik. Untuk furnitur dan juga perlengkapan yang lainnya, maka Anda juga bisa melakukannya dengan cara mengecek harga secara online. Cara lainnya Bisa juga dengan berjalan dari satu toko ke tempat lainnya untuk bisa membandingkan harga.

Sebagai bagian paling utama sekali dari usaha warung kopi Anda yaitu menemukan supplier untuk bahan baku yang benar-benar berkualitas bukan hanya perkara mudah. Apalagi jika Anda sama sekali baru memulainya dalam bidang ini. Anda juga bisa mencari saran dari beberapa orang terdekat ataupun dari kenalan yang sudah mungkin memiliki pengalaman terlebih dahulu untuk terjun ke bisnis ini.

Bangun Jaringan Seluas Mungkin

Jika ingin membuka warung kopi, maka Anda tentunya harus punya beberapa pengalaman yang mengunjungi tempat ngopi yang berada di sekitar Anda. Setidaknya ke sebuah kafe yang sudah memiliki konsep kurang lebihnya mirip dengan yang sedang Anda rencanakan.

Selain untuk keperluan riset anda, Anda juga bisa sekalian bisa membangun hubungan erat dengan owner. Kalaupun Anda pintar dalam beramah-tamah, bukan berarti tidak mungkin jika mereka akan mulai membagikan pengalamannya. Lebih bagus lagi jika sebagian dari mereka Anda dapat menemukan jaringan yang mugkin lebih luas lagi.

Jaringan ini juga bukan hanya berhubungan dengan orang-orang yang akan Anda anggap posisinya yang hanya berada di atas saja. Melainkan Membangun jaringan dengan lingkungan yang ada disekitar, termasuk juga dengan beberapa calon pelanggan yang akan membantu dalam perkembangan bisnis Anda.

Mulai Pemasaran Sebelum Warung Anda Buka

Sebelum anda membuka bisnis warung koi yang akan anda jalankan maka lakukanlah pemasara terlebih dahulu, anda juga akan berpikir beberapa strategi marketing baru yang bisa dijalankan ketika nantinya kafe anda sudah bukan, maka Anda kemungkinan sudah tidak akan merasa ketinggalan jauh di belakang lagi.

Jika Anda ingin semua masyarakat penikmat kopi merasa sangat tertarik untuk bisa datang di hari pertama anda opening maka cobalah untuk melakukan promosi jauh hari sebelumnya. Beberapa opsi pemasaran yang murah yang dapat Anda coba lakukan diantara nya yaitu:

  1. Membagikan kopi gratis melalui beberapa toko di sekitar Anda dengan selembar flyer untuk berpromosi
  2. Membuat akun media sosial. Ini merupakan opsi promosi yang mudah, murah dan efektif
  3. Hadiri event lokal, bagikan sampel kopi sebelum hari pembukaan tiba
  4. Bagikan kupon ke masyarakat di sekitar dengan promo khusus di hari pembukaan.
  5. Jangan lupa memanfaatkan keberadaan media setempat untuk memperkenalkan usaha baru yang Anda jalankan.

Rincian Modal Bisnis Usaha Warung Kopi

Modal merupakan sesuatu yang palig utama bagi usaha apapun. Menurut dari beberapa sumber yang ada usaha warung kopi sendiri sangat membutuhkan modal yang bervariasi.
Peluang Usaha di Desa: Bisnis Sembako Modal 7 Jutaan
Jika Anda sudah mempunyai tempat, maka dengan modal Rp1 juta hingga Rp20 jutaan. Itu saja sudah termasuk biaya dari pembelian mesin kopi. Untuk bisa mendapatkan beberapa gambaran berapa besar modal yang akan Anda butuhkan, simak simulasinya berikut ini:

Peralatan Membuat Kopi

Mesin kopi : Rp3.500.000
Kertas filter penyeduh kopi : Rp130.000
Alat penyeduh kopi : Rp260.000
Saringan ampas kopi : Rp335.000
Penyeduh Bersaring : Rp1.110.000
Ketel : Rp140.000
Alat Manual Brewing : Rp110.000
Nampan Penyaji Kopi : Rp210.000
Coffee Grinder : Rp310.000
Alat Pembuat Whipped Cream : Rp140.000
Gelas Pengaduk : Rp60.000
Kompor : Rp370.000
Total : Rp6.675.000

Perlengkapan

Kopi, susu, teh dan bahan lain : Rp1.500.000
Gaji pegawai (1 orang) : Rp2.000.000
Meja dan kursi : Rp1.000.000
Cangkir dan peralatan lain : Rp1.000.000
Aksesoris pendukung : Rp500.000
WiFi (per bulan) : Rp300.000
Total : Rp6.300.000

Untuk memulai operasional, Anda juga harus membayar listrik juga, retribusi serta biaya yang lain-lain yang tidak terduga yang kemungkinan jumlahnya berkisar antara Rp1.650.000.

Perlu diingat lagi jika simulasi untuk modal di atas yang berlaku maka Anda memang sudah memiliki lokasi usahanya tersendiri. Jika anda belum memilikinya maka Anda juga perlu untuk menambahkan beberapa perkiraan tentang biaya sewa gedung dan lain-lain. Angka di atas tentu saja bisa dengan mudah berubah-berubah tergantung dari jenis konsep yang seperti apa yang ingin Anda tawarkan.

Cara Mendapatkan Modal untuk Bisnis Warung Kopi

Modal merupakan pondasi penting dalam berbisnis. Jangan sampai Anda melupakannya. Selain menggunakan dana tabungan pribadi yang anda miliki, maka ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk bisa mendapatkan modal untuk warung kopi. Simak ada beberapa di antaranya sebagai berikut ini!

1. Funding dari Orang-orang Terdekat

Ini merupakan cara yang pertama untuk bisa mendapatkan modal untuk usaha warung kopi. Keluarga beserta rekan-rekan dekat Anda bisa dijadikan investor yang cukup potensial. Sebelum anda mengajukan permohonan ke tempat-tempat yang lainnya, cobalah untuk berbicara dengan keluarga dan kenalan dekat Anda.

2. Gunakan Aset yang Anda Miliki

Punya deposito atau mungkin simpanan lebih lainnya yang berupa aset? Anda juga bisa untuk menggunakannya sebagai modal awal. walaupun tidak bersedia untuk menjual karena merasa sayang, Anda juga bisa menggunakan beberapa sistem gadai untuk bisa mendapatkan dana. Jika nanti usaha Anda sudah mulai berjalan dengan baik, Anda bisa menebusnya lagi dengan mudah.

3. Memanfaatkan Pinjaman Bank

Saat ini untuk pinjaman lewat bank memang masih menjadi opsi pertama bagi calon para pengusaha. Jika Anda sudah memiliki catatan kredit yang cukup baik serta mampu untuk bisa memenuhi persyaratan yang diminta oleh pihak bank, maka pengajuan pinjaman tidak akan do persulit.

4. Menggunakan Jasa P2P Lending

belakangan ini perusahaan peminjaman yang berbasis peer-to-peer lending semakin banyak populer. Opsi dari ini sudah dianggap sebagai jawaban bagi banyaknya masalah yang mungkin sering dihadapi oleh para peminjam, termasuk juga untuk bisa mendapatkan modal untuk usaha warung kopi.
Peluang Usaha Nasi Goreng Dan Tips Cara Memulai Usahanya
Tidak sama seperti bank yang selalu meminta banyak syarat dengan prosesnya yang panjang, untuk bisa meminjam lewat peer-to-peer lending saja sudah menawarkan banyak kemudahan.

5.  Menghadiri Seminar dan Workshop Bisnis

Selain untuk bisa memperkaya pengetahuan tentang usaha bisnis, Sebagai penyokong dana, untuk bisa mendapatkan modal melalui beberapa investor dengan cara ini tentulah nantinya bukan hal perkara yang mudah.

Anda juga tentunya harus meyakinkan kepada calon investor tentang beberapa prospek bisnis yang akan Anda jalankan kedepannya. Maka Buat konsep semenarik mungkin, lakukan presentasi dengan lebih baik dan buatlah jika para penyokong dana itu lebih terkesan dengan rencana bisnis yang Anda jalankan. Anda juga tentu saja bisa mencari tau caranya untuk mendapatkan modal dengan cara yang mudah di artikel ini.

Dapatkan Artikel Tips AdSense, Blogging, SEO setiap harinya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Peluang Usaha Warung Kopi dan Cara Memulainya"

Posting Komentar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar bersifat iklan, spam, titip link Semua akan dihapus oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel