Widget HTML #1

Peluang Usaha Cuci Helm dan Cara Memulainya

Usaha Cuci Helm
Usaha Cuci Helm

Usaha Cuci Helm

Peluang usaha cuci helm dan cara memulainya. Bisnis cuci helm merupakan salah satu usaha yang saat ini sudah mulai banyak dikenal. Bahkan dalam bisnis ini sudah banyak diprediksi akan terus lanjut berkembang.

Perkembangannya yang mengikuti industri motor yang kian terus melonjak tinggi setiap tahunnya. Helm ini sendiri merupakan salah satu perlengkapan wajib bagi setiap pengguna pengendara motor.

Yang artinya untuk usaha cuci helm merupakan salah satu bisnis yang sangat amat prospektif.

Bisnis plan usaha cuci helm

Bagi yang mempunyai niatan berencana untuk dapat terjun ke dalam bisnis ini, tentunya juragan memerlukan persiapan ataupun planning yang matang. Adapun perencanaan untuk memulai bisnis ini yakni sebagai berikut:

  • Memiliki atau memilih lokasi yang selalu ramai dilalui oleh para pengguna pengendara motor.
  • Jika tidak memiliki tempat atau lokasi usaha yang cocok, maka bisa dijalankan di rumah. Untuk memulai pemasaran dan promosi silahkan mencoba untuk melakukannya secara online.
  • Mempunyai persiapan modal untuk memulai usaha.
  • Catat berbagai macam kebutuhan peralatan untuk memulai bisnis cuci helm.

Baca juga: Cara Memulai Usaha Sosis Bakar

Kelebihan dan kekurangan usaha cuci helm

Meskipun berbisnis cuci helm termasuk ke dalam usaha yang hanya mengeluarkan modal yang kecil, namun bisnis ini tidak lepas dari kelebihan serta kekurangannya. Berikut penjabaran nya mengenai apa saja kelebihan dan juga kekurangannya, simak di bawah ini:

Kelebihan bisnis cuci helm

  • Bisa dimulai dengan modal yang amat kecil
  • Bisa dijalankan sebagai usaha rumahan
  • Prospek keuntungan yang cukup tinggi
  • Target pasar yang cukup kian meluas

Kekurangan bisnis cuci helm

  • Belum terlalu populer
  • Peralatan bisnis yang sulit ditemukan untuk daerah tertentu
  • Memerlukan keterampilan untuk bisa mencuci helm secara optimal

Kendala dan solusi usaha cuci helm

Setiap bisnis tentu saja memiliki beberapa kendala nya di setiap masing-masing. Akan tetapi di balik itu semua pastinya selalu terdapat solusi untuk bisa dengan mudah mengatasinya. Begitu juga dalam usaha pencucian helm ini, baik itu usaha cuci sepatu atau yang lainnya.

Berikut ini merupakan ulasan seputar kendala serta solusi bisnis cuci helm:

Kendala Bisnis cuci helm

Masyarakat saat ini masih kurang memperhatikan tentang kesehatan serta kebersihan helm nya. Bahkan banyak dari para pemilik helm yang belum pernah mencuci nya sama sekali. Pada umumnya mereka hanya bisa membersihkan helm pada bagian luarnya saja, dan hanya membiarkan bagian dalamnya begitu saja dan tidak dibersihkan.

Kendala ini menjadi salah satu faktor untuk bisnis helm kurang dilirik oleh sebagian masyarakat. Selain itu peralatan yang di gunakan untuk pencuciannya pun sulit didapatkan di daerah tertentu.

Solusi bisnis cuci helm

Solusi dari kendala di atas yaitu dengan juragan membangun brand awareness. Maka buatlah media sosial ataupun website. Kemudian kenalkan usaha juragan lalu informasikan betapa pentingnya mencuci helm secara berkala.

Di lain sisi sebagian masyarakat juga kurang begitu paham bagaimana caranya mencuci helm yang dapat dilakukan secara optimal. Di sinilah juragan akan bisa berperan penting untuk mulai menyediakan layanan bagi para customer yang sangat membutuhkan.

Terkait peralatan untuk bisa memulai usaha juragan bisa memesannya secara online. Hal ini biasanya, yang menjual peralatan cuci helm banyak menawarkan alat per paket. Masing-masing paket yang ditawarkannya dengan harga yang berbeda-beda.

Baca juga: Brownies Tape Singkong Mewah dan Empuk, Cocok jadi Ide Jualan Menguntungkan

Cara mengelola keuangan usaha cuci helm

Usaha Cuci Helm dan Cara Memulainya
Usaha Cuci Helm dan Cara Memulainya

Apapun bisnis yang akan lakukan, baik itu usaha berjualan berbagai macam jenis makanan cuci helm, ataupun cuci mobil, untuk bisa mempelajari bagaimana cara mengelola keuangan wajib hukumnya.

Adapun cara untuk pengelolaan uang dengan bisnis ini yakni sebagai berikut:

  • Pisahkan uang tabungan pribadi dan bisnis. Hal ini bertujuan agar tidak tercampur dan tidak akan mudah untuk terpakai.
  • Rencanakan penggunaan uang ayang ada sebaik mungkin. Pengeluaran uang harus benar-benar terencana se rinci mungkin, semata-mata semua itu untuk tujuan usaha.
  • Buatlah buku pencatatan soal keuangan. Hal ini berfungsinya agar juragan dapat mengontrol keuangan secara optimal. Maka catatlah semua pemasukan serta pengeluaran. Dan jangan lupa juga untuk mencatat untung ruginya di dalam buku tersebut.
  • Hitunglah setiap keuntungan secara rinci.
  • Sisihkan uang dari keuntungan untuk guna ditabungkan. Tabungan ini tentunya bertujuan untuk mengembangkan usaha juragan.

Modal yang diperlukan untuk usaha cuci helm

Untuk juragan yang saat ini sudah mulai tertarik untuk menjalankan bisnis ini maka siapkanlah modal untuk memulai bisnis cuci helm ini. Ingin tahu berapa modal untuk bisa memulai bisnis cuci helm. Simak penjelasan lengkapnya:

Modal tetap

  • Mesin pencuci helm: rp4.500.000
  • Dryer: rp300.000
  • Vacuum cleaner: rp500.000
  • Etalase: rp2.000.000
  • 100 lembar not: rp200.000
  • Banner dan baliho: rp600.000

Total: rp6.300.000

Modal operasional

  • Chemicals : rp400.000/bulan
  • Perlengkapan mencuci : rp400.000/bulan
  • Listrik :rp300.000/bulan

Total :rp1.100.000/bulan

Analisa keuntungan bisnis cuci helm

Untuk bisa menghitung jumlah keuntungan yang didapatkan, disini akan kita estimasi kan harga dari bisnis pencucian satu helm senilai rp10.000 dan satu hari mampu untuk dapat mencuci 10 helm, maka dalam satu bulan akan mampu mencuci sampai 300 satu bulan.

Maka, berikut ini penghitungan nya adalah:

Harga dan keuntungan: rp10.000 x 300 = rp3.000.000

Keuntungan kotor dikurangi modal operasional: rp3.000.0000 – 1.100.000 = rp1.900.000

Keuntungan bersih: rp1.900.000/bulan

Target pasar bisnis cuci helm

Untuk pemasaran dari target bisnis cuci helm ini sendiri cukup luas. Adapun target pasar nya seperti dibawah ini:

  1. Anak kuliah
  2. Pengguna sepeda motor aktif
  3. Pelajar SMA/SMK/STM
  4. Ibu rumah tangga

Cara mengelola SDM bisnis cuci helm

Jika bisnis ini sudah berkembang, dan sudah memiliki banyak karyawan maka wajib untuk mengelola SDM secara optimal. Adapun cara untuk pengelolaan SDM dalam bisnis cuci helm ini yaitu sebagai berikut:

  1. Memberi arahan atau bimbingan serta pelatihan pencucian helm kepada karyawan.
  2. Merekrut karyawan yang bisa dipercaya dan berpengalaman dalam bidang terkait.
  3. Membuat peraturan di perusahaan yang tentunya harus ditaati oleh para karyawan.
  4. Memberikan program kesejahteraan seperti pemberian tunjangan hari raya (THR), jaminan kesehatan, dan lain-lain.
  5. Memberi bonus atau komisi bagi karyawan yang telaten dan rajin.
  6. Dapat menciptakan lingkungan kerja yang terasa nyaman. Bertujuan agar para karyawan dapat betah bekerja di tempat juragan.

Baca juga: Peluang Usaha Cuci Sepatu dan Cara Memulainya

Strategi meningkatkan profit bisnis cuci helm

Setiap bisnis tentu memiliki strategi khusus tersendiri guna untuk meningkatkan profit. Agar bisnis cuci helm juragan akan mendapatkan lebih banyak lagi pesanan, maka ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  • Jangan bersaing harga dengan kompetitor. Yakni solusinya yaitu juragan kurangi beberapa biaya operasional yang dirasa tidak perlu, dari pada juragan harus membanting harga.
  • Tawarkan penawaran yang menarik seperti diskon atau harga promo.
  • Jangkau target konsumen baru. Seperti contohnya, lakukan promosi melalui media sosial dan buatlah brosur promosi lalu kemudian disebar.
  • Membuka cabang usaha baru jika dirasa sudah cukup mampu.

Strategi marketing atau pemasaran bisnis cuci helm

Bingung bagaimana caranya untuk bisa melakukan pemasaran. Berikut ini akan dibantu bagaimana caranya agar bisa dilalui, berikut beberapa tips nya:

  1. Memberi pelayanan secara efisien dan cepat sesuai harapan yang customer inginkan.
  2. Tunjuk salah satu karyawan yang sangat berperan penting untuk bisa menangani konsumen dengan baik. Pilihlah karyawan yang kiranya akan cocok untuk posisi tersebut. Di karena kan daya tarik karyawan akan sangat memengaruhi citra perusahaan juragan.
  3. Perhatikan tinggi rendahnya dari harga yang ditawarkan. Lalu pastikan kualitas dan layanan berbanding lurus dengan harga yang sudah ditetapkan.
  4. Berinovasi dengan cara melakukan pemasaran secara online. Buatlah media sosial secara khusus untuk bisnis juragan. Gunakan media sosial tersebut untuk bisa menjangkau para konsumen. Kemudian share informasi terkait beberapa keunggulan apa saja yang akan ditawarkan di tempat usaha juragan.
  5. Tawarkan layanan penjemputan serta pengantaran helm kepada para customer. Tetapi, jangan lupa memasang biaya delivery yang kompetitif.

Apakah juragan sudah tertarik untuk memulai bisnis usaha cuci helm, dengan penjelasan di atas cukup banyak memberikan informasi bagi juragan yang ingin mencoba untuk memulainya.

Memulai bisnis ini sangat cocok juga bagi para pemula. Segeralah untuk persiapkan segala sesuatunya guna memulai berbisnis. Jangan takut untuk gagal, jika juragan yakin dan tekun pasti suatu saat kesuksesan akan mengikuti juragan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.