Fakta, Pentingnya Kemasan Produk untuk Meningkatkan Penjualan

mastagul.com – Dalam pemasaran selain mengutamakan kualitas yang perlu diertimbangnkan adalah dalam hal kemasan produk itu sendiri. Banya perusahaan besar seperti minuman, makanan, fashion dan elektronik, berlomba-lomba memberikan kesan yang menarik terhadap kemasan prodaknya.

Ilustrasi - Kemasan yang bagus membawa hasil yang bagus (Shutterstock)
Hal itu dilakaukan tidak lain hanya untuk menarik minat konsumen supaya membeli produk yang dimiliki perusahan tersebut, selain itu juga untuk meningkatkan daya saing produk tersebut.

Jika kita lihat di indonesia, untuk dalam hal menentukan kemasan suatu produk merupakan tantangan tersendiri bagi produk lokal seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam hal kualitas banyak, produk lokal yang kualitasnya bisa diterima oleh pasar dan itu menandakan bahwa produk lokal sebenarnya memiliki kualitas yang baik. Yang menjadi masalah dengan kualitas yang baik tidak ditopang dengan kemasan yang mendukung, sehingga produk lokal tidak mampu bersaing dalam jangka panjang dengan adanya produk impor yang selalu berdatangan.

1. Memberikan Daya Tarik

Selain fungsi utamanya adalah menjaga atau melindungi produk agar tetap aman. Kemasan juga merupakan faktor daya tarik tersendiri yang menjadi faktor utama. Terkadang kemasan yang didesain dengan unik dan menarik serta bahan atau material yang digunakan untuk membuat kemasan berkualitas bagus terkadang konsumen enggan untuk membuangnya.

Bisa terjadi dengan produk yang sama, memiliki kualitas yang sama juga, dan mempunyai harga yang sama. Tetapi mempunyai kemasan produk yang beda, maka hasil penjualanya juga akan sangat berbeda. Bisa diastikan yang menggunakan kemasan menarik akan mendapatkan hasil yang maksimal


2. Membangun Kepercayaan

Tanpa disadari ketika produk di kemas dengan kemasan yang benar, unik, dan menarik hal tersebut juga bisa membangun keercayaan kepada konsumen tentang produk di pasarkan. Hal itu karena kemasan yang baik bisanya mencantumkan informasi produk dengan jelas seperti kode produk, tanggal kadaluarsa suatu produk, standar keamanan, sampai setifikasi halal.

Dengan mencantumkan informasi secara lengkap dan jelas hal itu akan menimbulkan daya tarik tersendiri kepada konsumen. Berbeda dengan kemasan yang tidak mencamtumkan informasi dengan jelas bisa-bisa produk tersebut tidak jadi dibeli oleh konsumen.

Yang perlu di ingat dalam meringkas informasi dalam kemasan juga harus jelas dan bijak. Perhatikan juga pada tata lelat supaya bisa elihatan lebih menarik.


3. Membuat Ciri Khas

Dalam mendesain sebuah kemasan harus dipastikan memperoleh hasil semaksimal mungkin, karena kemasan biasanya mejadi ciri khas sebuah produk dan konsumen akan lebih mudah menemukan atau mengenali produk tersebut.

Perusahaan-perusahaan besar biasanya akan mempertahankan identitas suatu produk yang mereka jual. Seperti penggunaan logo, warna, hingga sampai desain kemasan terkadang akan dipertahankan, hal tersebut karena pihak perusahaan tidak mau kehilangan ciri khas dari prodak tersebut yang sudah melekat sejak lama.

Itulah beberapa penjabaran versi mastagul.com bagaimana sebuah kemasan itu sangat penting untuk mendongkrak bisnis yang sedang dijalanka. Produk tanpa dikemas ibarat prodak tanpa identitas.

Trimakasih.

Penulis by : Mas Tagul

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel