Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyimpan Bawang Bombay Agar Tidak Mudah Busuk

 Berbagai jenis tanaman yang bisa di tanam di rumah tanpa harus selalu membeli nya, salah satu jenis tanaman penyedap makanan yakni bawang Bombay.

Tanaman penyedap jenis bawang Bombay ini memang menjadi salah satu tanaman yang harus di jaga ekstra. Karena tanaman bawang Bombay berbeda dengan jenis bawang lainnya.

Perlu perhatian khusus dalam merawat tanaman bawang Bombay, Anda harus memperhatikan kelembapan untuk suhu ruangan nya. Hal ini untuk mendapatkan kualitas bawang Bombay yang subur serta untuk mendapatkan rasa yang tidak tawar.

Tidak hanya memperhatikan proses dalam perawatan ya namun Anda juga harus memperhatikan cara penyimpanan nya agar bawang Bombay bisa tahan lama dan tidak mudah busuk.

Bawang Bombay dengan nama latin Allium cepa ini banyak di gunakan para Ibu-ibu untuk di jadikan sebagai bumbu penyedap untuk masakan di rumah. Namun ada Sebagian orang yang memakan secara langsung tanpa harus di masak terlebih dahulu.

Berikut ada beberapa Langkah yang bisa Anda praktek kan di rumah untuk menjaga kesegaran bawang Bombay di rumah.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa Berapa lama bawang Bombay ini bisa bertahan dan awet kesegarannya?

Menurut penelitian mengatakan bawang Bombay dapat bertahan lama jika penyimpanan nya dilakukan secara utuh tanpa harus mengupas kulit nya. Hal ini akan membuat bawang Bombay juga memiliki aroma yang sangan terasa.

Jenis bawang Bombay dapat bertahan lama sampai berminggu-minggu lamanya dan bisa sampai beberapa bulan ke depan.

Tips Cara menyimpan bawang bombai yang masih utuh

Cara Menyimpan Bawang Bombay Agar Tidak Mudah Busuk

Bagi Anda yang belum mengetahui bahwa bawang Bombay lebih menyukai suhu ruangan yang kering dan gelap, kebanyakan Sebagian orang ada yang menyimpan bawang Bombay di dalam lemari pendingin seperti kulkas.

Kulkas memiliki suhu ruang lembab dan dingin, jika Anda menyimpan bawang Bombay ke dalam kulkas maka bawang Bombay akan mudah busuk serta aroma yang di hasilkan tidak lagi harum. Tidak di sarankan untuk menyimpan di dalam kulkas.

Anda hanya cukup menyimpan bawang Bombay di ruangan terbuka dengan suhu ruangan yang biasa saja, gunakan wadah seperti baskom yang tidak tertutup. Tidak di sarankan untuk menyimpan di dalam plastik.

Walaupun Anda menyimpannya di ruangan terbuka namun jika menyimpan di dalam wadah yang tertutup akan membuat bawang Bombay mudah berjamur dan cepat sekali membusuk.

Cara Menghilangkan Bau Bawang Bombay Yang Menempel Pada Tangan Dan Wadah

Banyak yang menggunakan bawang Bombay untuk penambah rasa pada masakan agar masakan lebih harum dan segar. Tekstur bawang Bombay akan memberikan masakan lebih nikmat.

Terkadang secara tidak langsung bau pada bawang Bombay sangat menyengat, jika Anda sehabis memotong bawang Bombay ini membuat Anda merasa kurang nyaman dengan bau yang menempel pada tangan dan wadah yang sebelumnya sudah Anda gunakan.

Bau dari aroma bawang Bombay tidak bisa hilang begitu saja hanya dengan Anda mencuci tangan dengan sabun. Berikut ini tips untuk menghilangkan bau dari bawang Bombay yang menempel.

  • Menutup pintu dapur ruangan masak Anda agar bau dari bawang Bombay tidak menyebar ke seluruh ruangan rumah Anda. Jika sudah selesai memasak baru Anda bisa membuka pintu karena bau yang di hasilkan bawang Bombay akan hilang dengan adanya aroma masakan yang sudah jadi.
  • Membuka jendela dapur, dengan Anda membuka jendela akan membuat ruangan mendapatkan pergantian udara, ini akan membantu menghilang bau yang akan menempel pada setiap ruangan dapur.
  • Semakin banyak saluran ventilasi udara yang di hasilkan akan semakin bagus untuk membuat ruangan menjadi cepat segar Kembali.
  • Sudah tidak asing lagi dengan kipas extractor, hidupkan kipas jika Anda sedang memasak hal ini akan membuat asap dari masakan akan terbuang ke luar ruangan.
  • Segeralah mencuci seluruh peralatan masak yang sudah di gunakan untuk mencegah bau tak sedap yang menempel. Apalagi Anda memotong dengan menggunakan talenan, telenan dari bahan kayu akan mudah menempel untuk waktu lama maka Anda harus segera mencuci nya kemudian Anda jemur di bawah terik matahari.
  • Tips selanjutnya Anda bisa menggunakan cuka sebagai pe netral dari bau tak sedap dari bawang Bombay. Aroma dari cuka akan mudah menghilangkan bau yang sangat menyengat. Anda hanya perlu meletakkan semangkok cuka di atas kompor.

Demikian sedikit pengetahuan untuk mengatasi cara penyimpanan bawang Bombay yang baik dan benar serta tips bagaimana cara menghilangkan bau tak sedap dari bawang Bombay. jenis penyedap tambahan makanan yang banyak di gunakan di dapur ini banyak di minati karena rasanya yang akan membuat masakan menjadi lebih nikmat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.